IDENTIFIKASI KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS VIII MTs SUNAN PANDANARAN TA 2020/ 2021

Authors

  • Eka Aryani Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Yogyakarta
  • Palasara Brahmani Laras Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Yogyakarta

Keywords:

keterampilan sosial, Sunan Pandanaran

Abstract

enelitian ini mengungkap tingkat keterampilan sosial pada siswa. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas
VIII MTs Sunan Pandanaran. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling.
Jumlah sampel yang diambil sebanyak 72 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey.
Analisis data dilakukan dengan dua cara yaitu analisis kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis statistik
dan analisis kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah skala keterampilan sosial, observasi, dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejumlah 66 siswa dari 72 siswa atau 91,7% siswa memiliki keterampilan
sosial tinggi. Data tersebut didukung oleh hasil wawancara dan observasi yang dilakukan oleh peneliti di MTs
Sunan Pandanaran.

References

Ardiyanti, M. G. (1999). Skala Keterampilan Sosial. Laporan Penelitian (Tidak Diterbitkan).

Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (2003). Educational Research, an Introductional. (4

ed.). New York:

Pearson Education Inc.

th

Cartledge, M., & Milburn, J. F. (1995). Teaching Social Skills to Children and Youth: Innovative

Approaches. Boston: Allyn And Bacon.

Elksnin & Elksnin. (2007). Keterampilan Sosial Pada Anak Menengah Akhir. Diakses dari

http://f4jar.multiply.com/journal/item/191 pada tanggal 15 Agustus 2015.

Gimpel, G. A., & Merrell, K. W. (1998). Social Skills of Children and Adolescent: Conceptualization,

Assessment, Treatment. New Jersey: Lawrence Erlbaurn Associates Publisher.

Hersen & Bellack. (2007). Keterampilan Sosial Pada Anak Menengah Akhir. Diakses dari

http://f4jar.multiply.com/journal/item/191 pada tanggal 15 Agustus 2015.

Hertinjung, W. S., Partini., & Prastiti, W. D. (2008). Keterampilan Sosial Anak Pra Sekolah Ditinjau

dari Interaksi Guru-Siswa Model Mediated Learning Experience. Jurnal Penelitian Humaniora,

(2), 179-191.

Hurlock, E. B. (1979). Personality Development. New York. Mc Graw-Hill Kogakusha Ltd.

Indah Verawati. (2011). Popularitas pada Remaja Ditinjau dari Konsep Diri dan Keterampilan Sosial.

Tesis. Universitas Gadjah Mada.

Lujianto. (2009). Hubungan Antara Komunikasi Orang Tua dan Anak Dengan Keterampilan Sosial

Anak Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Khoiriyah Melikan Wonolelo Pleret Bantul. Skripsi. Fip Uny.

Matson, J. L. (2009). Social Behavior and Skill in Children. New York: Baton Rouge.

Michelson., Sugai dkk. (1985). Social Skill Assessment and Training With Children. New York :

Plenum Press.

Mu‘tadin, Z. (2002). Mengembangkan Keterampilan Sosial Pada Remaja. Internet: www.epsikologi.com

Diakses

pada

tanggal

Agustus

Mulyatiningsih,

E.

(2014).

Metode

Penelitian

Terapan

Bidang

Pendidikan.

Bandung:

Alfabeta

Srimah.

(2012).

Pengembangan

Inventori

Keterampilan

Sosial

pada

Siswa

SMA.

Skripsi. Universitas

Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D .

Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-12-09