MULTIMEDIA LEARNING MODEL DICK & CARREY

Authors

  • Meilani Safitri Universitas Sjakhyakirti Palembang
  • M.Ridwan Aziz niversitas Sebelas Maret Surakarta

Keywords:

Multimedia, learning, dick&carrey

Abstract

Respon dunia pendidikan terhadap kehadiran Revolusi Industri 4.0 adalah munculnya gagasan Education 4.0 di
mana visi pendidikan adalah memotivasi peserta didik untuk belajar tidak hanya pengetahuan dan keterampilan
melainkan mengidentifikasi sumber belajar pengetahuan dan keterampilan tersebut. Penelitian ini merupakan
studi literature yang bertujuan untuk mencari informasi yang relevan dengan masalah yang diteliti, mengkaji dan
menguraikan teori-teori yang relevan dengan masalah yang akan diteliti, memperdalam pengetahuan tentang
masalah dan bidang yang akan diteliti, mengkaji hasil-hasil penelitian terdahulu yang ada kaitannya dengan
penelitian yang akan dilakukan, mendapat informasi tentang aspek-aspek mana dari suatu masalah yang sudah
pernah diteliti untuk menghindari agar tidak meneliti hal yang sama. Hasil penelitian ini diharapkan mampu
memberikan pilihan-pilihan model disain multimedia learning sehingga mampu menyajikan pembelajaran secara
efektif dan berkualitas. Diharapkan multimedia learning model Dick & Carrey dapat memberi dampak positif
dan efektif dalam pembelajaran di era revolusi 4.0 khususnya lagi di masa pandemi covid-19.

References

ARL. (2007). Definition of Instructional Design, Applied Resesarch Laboratory, Penn State

University, diakses pada alamat http://www.umich.edu/~ed626/defin e.html, diakses pada

tanggal 15 Januari 2007.

Baron, Ann E and Orwig, Gary W. (1995). Multimedia Technologies for Training : an Introduction,

Englewood, Colorado : Libraries Unlimited, Inc. Heinich.

Briggs, Leslie. (1978). Principle of Instruction Design. Florida: Holt Rinehart and Winston.

Brown, J. D. (1995). The Elements of Language Curriculum Development. Boston: An International

Thomson Publishing Company

Darmadi, H. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Degeng, I N.S. (2013). Ilmu pembelajaran: Klasifikasi variabel untuk pengembangan teori dan

penelitian. Bandung: Kalam Hidup dan Aras Media.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J.O. (2009). The systematic design of instruction 7th Ed. United State

of America: Pearson Education.

Dwiyogo, W.D. (2013). Media pembelajaran. Malang: UM Malang.

Ellington, Henry dan Fred Percival. (1998). Teknologi Pendidikan, Jakarta: Erlangga,

Fry, H., Ketteridge, S., & Marshall, S. (2014). A handbook for teaching and learning in higher

education: Enhancing academic practice, 4th edition. London: Roudledge

Joliffe, Alan, et.al. (2001). The Online Learning Handbook, London : Sage Publication.

Lee, William W. and Owens Diana L. (2004). Multimedia-Based Instructinal Design, San Francisco,

USA: Pfeiffer, an imprint of Wiley.

Lestari, R., Agus, T. (2014) Pembuatan Media Pembelajaran Huruf Dan Angka Pada Taman Kanak –

Kanak Siwi Peni 1 Sragen, Jurnal IJNS Volume 3 No 1. ISSN: 2302-5700 (Print) 2354-6654

(Online),ijns.apmmi.org

Mc Loughlin, C. and Luca, J. (2000). (http://otl.- curtin.edu.au/tlf/tlf2000/mcloghlin.html, diakses

tanggal 19 April 2011).

Molenda, Russel, Smaldino. (1996). Instructional Media And Technologies For Learning 5 Th. Merril

an Imprint Of Prentice Hall Englewood Cliff, New Jersey, Columbus, Ohio

Newby, Timothyet. J, et. al. (2000). Instructional Technology for Teaching and Learning, New Jersey,

USA : Merrill an Imprint of Prentice-Hall.

Newman, FM and Wehlage, GG. (1993) (http://-mathdepartment.wiki.farmington. k12.-mi.us) diakses

tanggal 19 April 2011).

Nunan, D. (1995). Language Teching Methodology. New York: Prentice Hall

Patahuddin, S. M. (2012). Joyful and Meaningful Learning In Mathema-tics Classroom Through

Internet Activities.International Symposium on Math Education Innovation, pp. 1-13.

Patahuddin, S. M., & Rokhim, A. F. (2009). Website Permainan Matematika Online untuk Belajar

Matematika Secara Menyenangkan. Jurnal Pendidikan Matematika, pp.103-111.

Phillips, Rob. (1997). Tha Developers Handbook to Inteactive Multimedia, London : Kogan Page.

Prata and Lopes. (2005). Online Multimedia Education Apllication for Teaching Multimedia, Contents

: An experiment with student in Highre Education Instructional.

Reigeluth, C.M. & Carr-Cheliman, A.A. 2009. Theories for different outcomes of instruction. Dalam

C.M. Reigeluth, & A.A. Carr-Cheliman (Eds.), Instructional-design theories and models:

building a common knowledge base, Vol. 3 (pp. 195-197), New York: Routledge

Suriadhi, Gede. 2014. Pengembangan E-learning Berbasis Edmodo pada Mata Pelajaran IPA Kelas

VIII di SMPN 2 Singaraja. Journal Edutech. Vol 2, No.1.

Suyanto. 2004. Analisis dan Desain Aplikasi Multimedia untuk Pemasaran. Andi Offset: Yogyakarta.

Tamimuddin, M., & Ekawati, E. 2011. Ekspektasi Pemanfaatan Online Social Network dalam

Pembelajaran. Jurnal Edumat, Vol. 2, pp. 270-277.

Thomas, A. dan Thorne, G. S.a. (http://www.-cdl.org/resource-library/articles/hot.php diakses tanggal

April 2011).

Troupin, Peggy, (2000). The Role of Instructional Design in Multimedia Development, diakses pada

alamat : http://www.learningcircuits.org/2000 /feb2000/Troupin.htm, pada tanggal 15 Janruari

Turino, Purwanto, Y. dan Soeleman, A. 2009. E-Learning Bahasa Inggris Berbasis web. Jurnal

Teknologi Informasi. Vol. 5(2): 726-739.

Uno,Hamzah.(2009). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan

Efektif.Jakarta: PT Bumi Aksara

Widiari, Made., Agung, Gd., & Jampel, I.Nym.,. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Mind

Mapping dan Ekspositori terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal Edutech, Vol. 2, No.1.

Zed, M. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2021-12-09