MULTIMEDIA LEARNING MODEL DICK & CARREY
Keywords:
Multimedia, learning, dick&carreyAbstract
Respon dunia pendidikan terhadap kehadiran Revolusi Industri 4.0 adalah munculnya gagasan Education 4.0 di
mana visi pendidikan adalah memotivasi peserta didik untuk belajar tidak hanya pengetahuan dan keterampilan
melainkan mengidentifikasi sumber belajar pengetahuan dan keterampilan tersebut. Penelitian ini merupakan
studi literature yang bertujuan untuk mencari informasi yang relevan dengan masalah yang diteliti, mengkaji dan
menguraikan teori-teori yang relevan dengan masalah yang akan diteliti, memperdalam pengetahuan tentang
masalah dan bidang yang akan diteliti, mengkaji hasil-hasil penelitian terdahulu yang ada kaitannya dengan
penelitian yang akan dilakukan, mendapat informasi tentang aspek-aspek mana dari suatu masalah yang sudah
pernah diteliti untuk menghindari agar tidak meneliti hal yang sama. Hasil penelitian ini diharapkan mampu
memberikan pilihan-pilihan model disain multimedia learning sehingga mampu menyajikan pembelajaran secara
efektif dan berkualitas. Diharapkan multimedia learning model Dick & Carrey dapat memberi dampak positif
dan efektif dalam pembelajaran di era revolusi 4.0 khususnya lagi di masa pandemi covid-19.
References
ARL. (2007). Definition of Instructional Design, Applied Resesarch Laboratory, Penn State
University, diakses pada alamat http://www.umich.edu/~ed626/defin e.html, diakses pada
tanggal 15 Januari 2007.
Baron, Ann E and Orwig, Gary W. (1995). Multimedia Technologies for Training : an Introduction,
Englewood, Colorado : Libraries Unlimited, Inc. Heinich.
Briggs, Leslie. (1978). Principle of Instruction Design. Florida: Holt Rinehart and Winston.
Brown, J. D. (1995). The Elements of Language Curriculum Development. Boston: An International
Thomson Publishing Company
Darmadi, H. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Degeng, I N.S. (2013). Ilmu pembelajaran: Klasifikasi variabel untuk pengembangan teori dan
penelitian. Bandung: Kalam Hidup dan Aras Media.
Dick, W., Carey, L., & Carey, J.O. (2009). The systematic design of instruction 7th Ed. United State
of America: Pearson Education.
Dwiyogo, W.D. (2013). Media pembelajaran. Malang: UM Malang.
Ellington, Henry dan Fred Percival. (1998). Teknologi Pendidikan, Jakarta: Erlangga,
Fry, H., Ketteridge, S., & Marshall, S. (2014). A handbook for teaching and learning in higher
education: Enhancing academic practice, 4th edition. London: Roudledge
Joliffe, Alan, et.al. (2001). The Online Learning Handbook, London : Sage Publication.
Lee, William W. and Owens Diana L. (2004). Multimedia-Based Instructinal Design, San Francisco,
USA: Pfeiffer, an imprint of Wiley.
Lestari, R., Agus, T. (2014) Pembuatan Media Pembelajaran Huruf Dan Angka Pada Taman Kanak –
Kanak Siwi Peni 1 Sragen, Jurnal IJNS Volume 3 No 1. ISSN: 2302-5700 (Print) 2354-6654
(Online),ijns.apmmi.org
Mc Loughlin, C. and Luca, J. (2000). (http://otl.- curtin.edu.au/tlf/tlf2000/mcloghlin.html, diakses
tanggal 19 April 2011).
Molenda, Russel, Smaldino. (1996). Instructional Media And Technologies For Learning 5 Th. Merril
an Imprint Of Prentice Hall Englewood Cliff, New Jersey, Columbus, Ohio
Newby, Timothyet. J, et. al. (2000). Instructional Technology for Teaching and Learning, New Jersey,
USA : Merrill an Imprint of Prentice-Hall.
Newman, FM and Wehlage, GG. (1993) (http://-mathdepartment.wiki.farmington. k12.-mi.us) diakses
tanggal 19 April 2011).
Nunan, D. (1995). Language Teching Methodology. New York: Prentice Hall
Patahuddin, S. M. (2012). Joyful and Meaningful Learning In Mathema-tics Classroom Through
Internet Activities.International Symposium on Math Education Innovation, pp. 1-13.
Patahuddin, S. M., & Rokhim, A. F. (2009). Website Permainan Matematika Online untuk Belajar
Matematika Secara Menyenangkan. Jurnal Pendidikan Matematika, pp.103-111.
Phillips, Rob. (1997). Tha Developers Handbook to Inteactive Multimedia, London : Kogan Page.
Prata and Lopes. (2005). Online Multimedia Education Apllication for Teaching Multimedia, Contents
: An experiment with student in Highre Education Instructional.
Reigeluth, C.M. & Carr-Cheliman, A.A. 2009. Theories for different outcomes of instruction. Dalam
C.M. Reigeluth, & A.A. Carr-Cheliman (Eds.), Instructional-design theories and models:
building a common knowledge base, Vol. 3 (pp. 195-197), New York: Routledge
Suriadhi, Gede. 2014. Pengembangan E-learning Berbasis Edmodo pada Mata Pelajaran IPA Kelas
VIII di SMPN 2 Singaraja. Journal Edutech. Vol 2, No.1.
Suyanto. 2004. Analisis dan Desain Aplikasi Multimedia untuk Pemasaran. Andi Offset: Yogyakarta.
Tamimuddin, M., & Ekawati, E. 2011. Ekspektasi Pemanfaatan Online Social Network dalam
Pembelajaran. Jurnal Edumat, Vol. 2, pp. 270-277.
Thomas, A. dan Thorne, G. S.a. (http://www.-cdl.org/resource-library/articles/hot.php diakses tanggal
April 2011).
Troupin, Peggy, (2000). The Role of Instructional Design in Multimedia Development, diakses pada
alamat : http://www.learningcircuits.org/2000 /feb2000/Troupin.htm, pada tanggal 15 Janruari
Turino, Purwanto, Y. dan Soeleman, A. 2009. E-Learning Bahasa Inggris Berbasis web. Jurnal
Teknologi Informasi. Vol. 5(2): 726-739.
Uno,Hamzah.(2009). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan
Efektif.Jakarta: PT Bumi Aksara
Widiari, Made., Agung, Gd., & Jampel, I.Nym.,. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Mind
Mapping dan Ekspositori terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal Edutech, Vol. 2, No.1.
Zed, M. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.