PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID
Keywords:
roject Based Learning, Sisim Koloid, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran project based learning (PjBL) yang disertai
dengan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem koloid. Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimen, dengan desain Posttest-Only Control Group. Sampel berjumlah 46 siswa SMK Negeri 2 Gorontalo
yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 23 siswa.
Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL) yang disertai dengan peta
konsep sementara kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data menggunakan tes
sebagai instrumen, dengan materi sistem koloid. Analisis data dilakukan menggunakan uji t untuk menguji
hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil statistika diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen dan kelas
kontrol masing-masing adalah 81,32 dan 64,43. Hasil analisis data untuk hasil belajar menunjukkan bahwa
dalam taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai thitung > ttabel atau (16,96 > 1,681) maka H0 ditolak atau dengan
kata lain menerima H1. Maka dengan demikian penggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL)
yang disertai dengan peta konsep berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
References
Djamarah, dan Zain. 2002. Stategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Asdi Mahasatya.
Laraga, Nur Rafika. 2016. Penerapan Project Based Learning Pada Materi Larutan Penyangga Untuk
Meningkatkan kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Mia Sma Negeri 1 Kabila. Skripsi.
Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.
Nikmah, Nur Hidayatun. 2016. Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan
Chemoentrepreunirship (Cep) Pada Materi Pokok Sistem Koloid Di Ma Nurul Huda Semarang
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Peserta Didik. Skripsi. Universitas Islam
Negeri Walisongo Semarang. Semarang.
Rezeki, Rina Dwi., Nanik Dwi Nurhayati., dan Sri Mulyani. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran
Project Based Learning (Pjbl) Disertai Dengan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Prestasi Dan
Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Redoks Kelas X-3 Sma Negeri Kebakkramat Tahun
Pelajaran 2013 / 2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(1),74-81.
Septiyani, Putri Yunita. 2015. Penerapan Model Project Based Learning Pada Materi Hidrokarbon
Dan Minyak Bumi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Sma N 14
Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tersito.
Wasis, Pribadi. 2008. Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kualitas
Pembelajaran Praktik Industri Pada Prodi S-1 PTB. Jurnal Penelitian Kependidikan. Malang:
Universitas Negeri Malang