EFEKTIVITAS E-LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI POLITEKNIK MARITIM AMI MAKASSAR

Authors

  • Deselfia DNM Sahari Polteknik Maritim AMI Makassar, Jl. Nuri Baru No. 1 Makassar
  • Mariani Loise Polteknik Maritim AMI Makassar, Jl. Nuri Baru No. 1 Makassar

Keywords:

Efektivitas, E-Learning, Pandemi Covid-19

Abstract

Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak besar terhadap keberlangsungan hidup di segala sektor. Salah satu
yang sangat mengalami perubahan yaitu di bidang pendidikan, pola dari sistem pendidikan sangat berubah
dimana sistem pembelajaran bertatap muka secara langsung di ubah menjadi sistem pembelajaran daring. Hal ini
menunjukkan pentingnya sistem baru berbasis online dalam mendukung proses pembelajaran berlangsung.
Dalam penelitian ini akan membahas tentang efektivitas e-learning dalam proses pembelajaran pada era pandemi
di Polimarim AMI Makassar.. Metode yang di gunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil
penelitian menunjukan bahwa tingkat efektivitas e-learning Taruna/i dalam mengikuti pembelajaran online di
Polimarim AMI Makassar.masih kurang efektif dengan presentase sebesar 63% merasa tidak efektif dalam
proses pembelajaran online. Di samping itu, taruna/i kurang puas akan penyampaian bahan ajar yang di lakukan
secara online. Salah satu faktor yang menjadi penghambat dalam proses pembelajaran yaitu koneksi internet
yang kurang stabil saat mengikuti pembelajaran.

References

Ahmad, I. F. (2020). Alternative Assessment in Distance Learning in Emergencies Spread of

Coronavirus Disease ( Covid-19 ) in Indonesia. Jurnal Pedagogik, 07(01), 195–222.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (

SFH ) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3),

–503.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Panjiah, E. 2020. Pembelajaran Daring Masa Pandemik

Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi, dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah, Lembaga

Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Dja

M Ardi Sulata & Abdul Aziz Hakim. (2020). Gambaran Perkuliahan Daring Mahasiswa Ilmu

Keolahragaan UNESA Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Olahraga, 8(3), 147–

Sadikin, A., Hamidah, A., Pinang, K., Jl, M., Ma, J., Km, B., Indah, M., Jaluko, K., Kode, K. M., &

Indonesia, P. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the

Middle of the Covid-19 Pandemic ). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224.

imatupang, N. I., Rejeki, S., Sitohang, I., Patricia, A., Simatupang, I. M., Pendidikan, P., Universitas,

K., & Indonesia, K. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Pengajaran Online Pada Masa Pandemi

Covid-19 Dengan Metode Survey Sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(2), 1–7.

https://doi.org/10.33541/jdp.v13i2.1754

Sherina, S. Z. & W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Basis Online Di IAIN Tulungagung Dengan

Adanya Kebijakan Physical Distancing Era Pandemi Covid 19. Jurnal Geram (Gerakan Aktif

Menulis), 8(1), 83–89.

Suhada, I., Kurniati, T., Pramadi, A., Listiawati, M., Biologi, P. P., Gunung, S., & Bandung, D.

(2020). Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada

Masa Wabah Covid-19. Digital Library UIN Sunan Gunung Jati, 2019, 1–9.

http://digilib.uinsgd.ac.id/30584/

Downloads

Published

2021-12-09