EFEKTIVITAS E-LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI POLITEKNIK MARITIM AMI MAKASSAR
Keywords:
Efektivitas, E-Learning, Pandemi Covid-19Abstract
Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak besar terhadap keberlangsungan hidup di segala sektor. Salah satu
yang sangat mengalami perubahan yaitu di bidang pendidikan, pola dari sistem pendidikan sangat berubah
dimana sistem pembelajaran bertatap muka secara langsung di ubah menjadi sistem pembelajaran daring. Hal ini
menunjukkan pentingnya sistem baru berbasis online dalam mendukung proses pembelajaran berlangsung.
Dalam penelitian ini akan membahas tentang efektivitas e-learning dalam proses pembelajaran pada era pandemi
di Polimarim AMI Makassar.. Metode yang di gunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil
penelitian menunjukan bahwa tingkat efektivitas e-learning Taruna/i dalam mengikuti pembelajaran online di
Polimarim AMI Makassar.masih kurang efektif dengan presentase sebesar 63% merasa tidak efektif dalam
proses pembelajaran online. Di samping itu, taruna/i kurang puas akan penyampaian bahan ajar yang di lakukan
secara online. Salah satu faktor yang menjadi penghambat dalam proses pembelajaran yaitu koneksi internet
yang kurang stabil saat mengikuti pembelajaran.
References
Ahmad, I. F. (2020). Alternative Assessment in Distance Learning in Emergencies Spread of
Coronavirus Disease ( Covid-19 ) in Indonesia. Jurnal Pedagogik, 07(01), 195–222.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (
SFH ) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3),
–503.
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Panjiah, E. 2020. Pembelajaran Daring Masa Pandemik
Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi, dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah, Lembaga
Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Dja
M Ardi Sulata & Abdul Aziz Hakim. (2020). Gambaran Perkuliahan Daring Mahasiswa Ilmu
Keolahragaan UNESA Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Olahraga, 8(3), 147–
Sadikin, A., Hamidah, A., Pinang, K., Jl, M., Ma, J., Km, B., Indah, M., Jaluko, K., Kode, K. M., &
Indonesia, P. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the
Middle of the Covid-19 Pandemic ). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224.
imatupang, N. I., Rejeki, S., Sitohang, I., Patricia, A., Simatupang, I. M., Pendidikan, P., Universitas,
K., & Indonesia, K. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Pengajaran Online Pada Masa Pandemi
Covid-19 Dengan Metode Survey Sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(2), 1–7.
https://doi.org/10.33541/jdp.v13i2.1754
Sherina, S. Z. & W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Basis Online Di IAIN Tulungagung Dengan
Adanya Kebijakan Physical Distancing Era Pandemi Covid 19. Jurnal Geram (Gerakan Aktif
Menulis), 8(1), 83–89.
Suhada, I., Kurniati, T., Pramadi, A., Listiawati, M., Biologi, P. P., Gunung, S., & Bandung, D.
(2020). Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada
Masa Wabah Covid-19. Digital Library UIN Sunan Gunung Jati, 2019, 1–9.