ANALISIS KEBUTUHAN APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Yulianita Artanti Pendidikan Matematika, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Jalan Wates Km. 10 Yogyakarta
  • Nuryadi Nuryadi Pendidikan Matematika, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Jalan Wates Km. 10 Yogyakarta
  • Nafida Hetty Marhaeni Pendidikan Matematika, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Jalan Wates Km. 10 Yogyakarta

Keywords:

aplikasi berbasis android, prestasi belajar

Abstract

Media pembelajaran menjadi salah satu faktor dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Untuk itu media
pembelajaran perlu dikembangkan seiring berkembangnya teknologi sesuai dengan kebutuhan siswa. Tujuan
dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kebutuhan aplikasi pembelajaran berbasis android untuk
meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Subyek penelitian merupakan siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Gamping. Pengambilan sampel dilakukan
dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas VIII B dan VIII D dengan mempertimbangkan rata-rata terendah
dan rata-rata tertinggi dari hasil Penilaian tengah Semester (PTS). Teknik pengumpulan data menggunakan nilai
hasil Penilaian Tengah Semester (PTS), wawancara, angket dan observasi. Hasil PTS digunakan untuk
mendeskripsikan prestasi belajar matematika, sedangkan wawancara dan observasi untuk mendapatkan informasi
mengenai karakteristik siswa dan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan analisis data model Miles
dan Huberman (1992) yang terdiri dari penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam
penelitian ini menunukkan bahwa prestasi belajar matematika siswa cenderung rendah, media pembelajaran yang
digunakan kurang meningkatkan prestasi belajar siswa, dan peserta didik lebih tertarik apabila materi
pembelajaran matematika dikemas dalam bentuk media pembelajaran berbasis android. Dengan demikian,
peneliti menyimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis android yang berupa aplikasi perlu dikembangkan
untuk membantu meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.

References

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rnea Cipta.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Doni, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada

Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah

Mataram).

Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar

siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.

Handayani, D., & Rahayu, D. V. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis

Android Menggunakan Ispring Dan Apk Builder Untuk Pembelajaran Matematika Kelas X

Materi Proyeksi Vektor. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 12-25.

Marhaeni, N.H., & Suparman. (2018). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem

Based Learning Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA IPS

Kelas XI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan 2018, 6, 118123.

Maryani,

D. (2013). Pembuatan media pembelajaran interaktif bangun ruang matematika. SpeedSentra

Penelitian

Engineering

dan

Edukasi,

(2).

Miles,

M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods

Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publication. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press

Muniasih, N. K. (2019). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Penerapan Model

Pembelajaran Saintifik. Journal of Education Action Research, 3(2), 160-166.

Nadzifah, T. I. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran

IPS Terpadu Kelas VIII di MTs Wahid Hasyim 01 Dau Malang (Doctoral dissertation,

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.

Subakti, H., Watulingas, K. H., Haruna, N. H., Ritonga, M. W., Simarmata, J., Fauzi, A., ... & Saputro,

A. N. C. (2021). Inovasi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Sugiarto, E. (2017). Menyusun proposal penelitian kualitatif: Skripsi dan tesis: Suaka media. Diandra

Kreatif.

Ulfa, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada

Pembelajaran Tematik Kelas IV SD/MI. (Doctoral dissertation: UIN Raden Intan Lamping).

Downloads

Published

2021-12-09