URNOUT AKADEMIK MAHASISWA TINGKAT AKHIR
Keywords:
burnout akademikAbstract
Burnout akademik mengacu pada stres, beban atau faktor psikologis lainnya karena proses pembelajaran yang
diikuti mahasiswa sehingga menunjukkan keadaan kelelahan emosional, kecenderungan untuk depersonalisasi,
dan perasaan prestasi pribadi yang rendah. Ada 11 gejala yang terlihat pada penderita burnout, yaitu: (1)
kelelahan, (2) lari dari kenyataan, (3) kebosanan dan sinisme, (4) emosional, (5) merasa tidak dihargai, (6) curiga
tanpa alasan yang jelas, (7) depresi, (8) penyangkalan kenyataan akan dirinya sendiri. Akademik burnout juga
memiliki 3 dimensi yaitu exhaustion, cynicism dan academic inefficacy.Jenis penelitian yang digunakan adalah
jenis penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research). penelitian ini menggunakan teknik
analisis data berupa analisis isi (content analysis).
References
Burnout, A. (n.d.). By : Yohanes Agus Adi Saputra
Faculty of
Psychology University Mercu Buana of Yogyakarta. 1–17.
(
)
, Sowanya Ardi Prahara
(
)
Christiana, E. (2020). Burnout akademik selama pandemi covid 19. Prosiding Seminar Nasional
Bimbingan Dan Konseling Mengukuhkan Eksistensi Peran BK Pasca Pandemi Covid-19 Di
Berbagai Setting Pendidikan, 8–15.
Hanum, S. A. (2017). Hubungan antara emotional labor dengan burnout pada pegawai badan pusat
statistik (bps) kota Semarang. Empati: Jurnal Karya Ilmiah S1 Undip, 6(2), 21–30.
Hardiyanti, R. (2013). Burnout ditinjau dari bid five factors personality pada karyawan kantor pos
pusat malang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Ida, Bagoes Mantra. (2008). Demografi Umum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Khairani, Y., & Ifdil, I. (2015). Konsep Burnoutpada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Konselor,
(4), 208. https://doi.org/10.24036/02015446474-0-00
Kolaborasi, I., Daerah, P., Pihak, D., Produksi, T., & Kelapa, P. (2019). Jurnal Sosio Sains. 5(April),
–114.
Orpina, S., & Prahara, S. A. (2019). Self-Efficacy dan Burnout Akademik pada Mahasiswa yang Bekerja.
Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(2), 119–130.
https://doi.org/10.30653/001.201932.93
Redityani, N. L. P. A., & Susilawati, L. K. P. A. (2021). Program Studi Sarjana Psikologi, Fakultas
Kedokteran.
Jurnal
Psikologi Udayana
,
(1),
–94.
https://doi.org/10.24843/JPU.2021.v08.i01.p09
Simbolon, P., & Simbolon, N. (2021). Jurnal Pendidikan HUBUNGAN ACADEMIC BURNOUT
DENGAN PROKRASTINASI. 12(2), 96–108.
Yang, H. J. (2004). Factors affecting student burnout and academic achievement in multiple
enrollment programs in Taiwan‘s technical-vocational colleges. International Journal of
Educational Development, 24(3), 283–301. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2003.12.001
Zed, Mestika. 2004. Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.