URNOUT AKADEMIK MAHASISWA TINGKAT AKHIR

Authors

  • Mariam E. Biremanoe Bimbingan dan Konseling, Mercu Buana Yogyakarta

Keywords:

burnout akademik

Abstract

Burnout akademik mengacu pada stres, beban atau faktor psikologis lainnya karena proses pembelajaran yang
diikuti mahasiswa sehingga menunjukkan keadaan kelelahan emosional, kecenderungan untuk depersonalisasi,
dan perasaan prestasi pribadi yang rendah. Ada 11 gejala yang terlihat pada penderita burnout, yaitu: (1)
kelelahan, (2) lari dari kenyataan, (3) kebosanan dan sinisme, (4) emosional, (5) merasa tidak dihargai, (6) curiga
tanpa alasan yang jelas, (7) depresi, (8) penyangkalan kenyataan akan dirinya sendiri. Akademik burnout juga
memiliki 3 dimensi yaitu exhaustion, cynicism dan academic inefficacy.Jenis penelitian yang digunakan adalah
jenis penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research). penelitian ini menggunakan teknik
analisis data berupa analisis isi (content analysis).

References

Burnout, A. (n.d.). By : Yohanes Agus Adi Saputra

Faculty of

Psychology University Mercu Buana of Yogyakarta. 1–17.

(

)

, Sowanya Ardi Prahara

(

)

Christiana, E. (2020). Burnout akademik selama pandemi covid 19. Prosiding Seminar Nasional

Bimbingan Dan Konseling Mengukuhkan Eksistensi Peran BK Pasca Pandemi Covid-19 Di

Berbagai Setting Pendidikan, 8–15.

Hanum, S. A. (2017). Hubungan antara emotional labor dengan burnout pada pegawai badan pusat

statistik (bps) kota Semarang. Empati: Jurnal Karya Ilmiah S1 Undip, 6(2), 21–30.

Hardiyanti, R. (2013). Burnout ditinjau dari bid five factors personality pada karyawan kantor pos

pusat malang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Ida, Bagoes Mantra. (2008). Demografi Umum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Khairani, Y., & Ifdil, I. (2015). Konsep Burnoutpada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Konselor,

(4), 208. https://doi.org/10.24036/02015446474-0-00

Kolaborasi, I., Daerah, P., Pihak, D., Produksi, T., & Kelapa, P. (2019). Jurnal Sosio Sains. 5(April),

–114.

Orpina, S., & Prahara, S. A. (2019). Self-Efficacy dan Burnout Akademik pada Mahasiswa yang Bekerja.

Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(2), 119–130.

https://doi.org/10.30653/001.201932.93

Redityani, N. L. P. A., & Susilawati, L. K. P. A. (2021). Program Studi Sarjana Psikologi, Fakultas

Kedokteran.

Jurnal

Psikologi Udayana

,

(1),

–94.

https://doi.org/10.24843/JPU.2021.v08.i01.p09

Simbolon, P., & Simbolon, N. (2021). Jurnal Pendidikan HUBUNGAN ACADEMIC BURNOUT

DENGAN PROKRASTINASI. 12(2), 96–108.

Yang, H. J. (2004). Factors affecting student burnout and academic achievement in multiple

enrollment programs in Taiwan‘s technical-vocational colleges. International Journal of

Educational Development, 24(3), 283–301. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2003.12.001

Zed, Mestika. 2004. Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2021-12-09