PENGARUH MODEL INKUIRI MODIFIKASI TERHADAP SELF-EFFICACY MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model inkuiri modifikasi terhadap Self-Efficacy mahasiswa
biologi calon guru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen yang menggunakan tipe Randomized
Pretest-Posttest Control Group Design dilakukan terhadap mahasiswa yang mengambil matakuliah Anatomi dan
fisiologi manusia di IAIN Kerinci Provinsi Jambi sebagai populasi. Teknik sampling yang digunakan yaitu
teknik purposif sampling. Kelompok eksperimen diberi perlakuan dengan menerapkan model inkuiri modifikasi
dalam pembelajaran, sedangkan untuk kontrol pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran inkuiri
modifikasi. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data non tes dari variabel penelitian. Cara
memperoleh data menggunakan instrumen berbentuk non tes yaitu menggunakan Self Efficacy Survey (SES)
diadopsi dari Bandura‘s instrumen. Instrumen non tes, uji coba dilakukan untuk melakukan pembobotan pada
tiap butir skala self-efficacy. Sebelum analisis data, terlebih dulu dilakukan uji persyaratan statistik yang
diperlukan sebagai dasar dalam pengujian hipotesis, yaitu uji normalitas, homogenitas dan uji-t menggunakan
Software SPSS 17.00. Hasil pengujian konsep model pembelajaran menghasilkan satu pengukuran uji pengaruh
model pembelajaran (X1) terhadap self efficacy (Y). Berdasarkan hasil yang diperoleh maka tahapan modifikasi
model inkuiri memberikan pengaruh yang signifikan terhadap self efficacy mahasiswa calon guru biologi.
Â