PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX
Abstract
Adanya pandemic covid-19 memberikan pengaruh besar dalam bidang pendidikan, sehingga proses
pembelajaran yang biasanya dilakukan luring sekarang berubah menjadi daring. Salah satu media yang dapat
digunakan guru dalam proses pembelajaran daring adalah Quizizz. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
ada tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizizz terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian
yang digunakan adalah kuantitatif, dengan desain penelitian pre-eksperimental design. Subjek yang digunakan
15 siswa kelas IX E.Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Pada nilai pre-test memperoleh hasil rata-rata
sebesar 42.67 sedangkan pada nilai post-test memperoleh hasil rata-rata sebesar 62.67. Berdasarkan hasil
analisis data penelitian dengan menggunakan bantuan SPSS versi 25 dapat disimpulkan dari uji paired sample
t-test nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil penelitian
menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizizz terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran matematika Melalui Daring di SMP Al Fath
References
Andi Trisnowali. 2015. Profil Disposisi Matematis Siswa Pemenang Olimpiade Pada Tingkat Provinsi
Sulawesi Selatan . Makassar.
Ashimatul Wardah Al Mawaddah. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz
terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah
Dasar. Surabaya
Lisda Yanti, Sri Sunardi. 2016. Dasar, Fungsi, Tujuan Pendidikan Nasional, Tugas, Hak Serta
Kewajiban Tenaga Kependidikan. Palopo
Noviyanti. (2019) meneliti tentang Analisis Faktor Pendukung Keberhasilan Siswa Berprestasi di
Sekolah Dasar
Sri Hariani, Asrar Aspia. 2015. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keefektifan Belajar Matematika
Siswa Mts Negeri Rantau Prapat Pelajaran 2013/2014. Vol 1, No 01 Manurung.