INVESTIGASI METODE MENGAJAR GURU DI SMA N 2 BATANGHARI PADA PEMBELAJARAN FISIKA
Keywords:
Demonstrasi, Eksperimen, Inquiry, DiscoveryAbstract
Metode mengajar merupakan salah satu dari seperangkat strategi belajar mengajar yang dapat digunakan untuk
mencapai tujuan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode mengajar apa yang digunakan guru
fisika di SMA N 2 Batanghari dan menganalisis kelebihan dan kekurangan metode yang digunakan guru. Jenis
Penelitian yang digunakan yaitu studi kasus dengan metode kualitatif. Instrument pengumpulan data berupa
wawancara dengan 6 pertanyaan yang digunakan untuk memperoleh informasi. Teknik pengambilan sampel
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik purposive sampling. Adapun kriterianya yaitu guru fisika yang
mengajar di SMA N 2 Batanghari. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Miles and Huberman dari
menganalisis literatur, mencari instrument, mengumpulkan data, menganalisis data, dan menyimpulkan hasil dari
data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru fisika di SMA N 2 Batanghari menerapkan semua
metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang diterapkan yaitu metode demonstrasi, eksperimen, inquiry,
dan discovery. Tetapi, penggunaan metode yang paling dominan yaitu metode demonstrasi, dimana metode ini
dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Anwar, M. (2015). Filsafat Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Jati, B.M.E. (2018). Pengantar Fisika 1. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Kusumah, R.G.T, dkk. (2020). Penerapan Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi
Penggolongan Hewan Di Kelas IV SD SELUMA. Jurnal pendidikan matematika dan IPA. 11
(1), 144.
Munawaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian
Pendidikan Islam. 7 (2), 142.
Nahdi,D.S. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode
Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas. 4 (2), 11-12.
Neldawati. (2020). Deskripsi Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika di SMA
Ferdy Ferry Putra Kota Jambi. Journal Evaluation In Education (JEE). 1 (1), 2.
Sitorus,E.R. (20170. Penerapan Metode Inquiry Dalam Materi Ajar Pewarisan Sifat Mata Pelajaran
IPA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter. 6 (1), 88-89.
Subekti, Y., & Ariswan, A. (2016). Pembelajaran Fisika Dengan Metode Eksperimen Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal inovasi pendidikan
IPA. 2 (2), 256.
Winoto,Y.C., & Prasetyo,T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Discovery
Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 4 (2),