INVESTIGASI METODE MENGAJAR GURU DI SMA N 2 BATANGHARI PADA PEMBELAJARAN FISIKA

Authors

  • Nikma Nur Qoidah Pendidikan Fisika, Universitas Jambi, Jambi
  • Sri Surya Pendidikan Fisika, Universitas Jambi, Jambi
  • M. Hidayat Pendidikan Fisika, Universitas Jambi, Jambi

Keywords:

Demonstrasi, Eksperimen, Inquiry, Discovery

Abstract

Metode mengajar merupakan salah satu dari seperangkat strategi belajar mengajar yang dapat digunakan untuk
mencapai tujuan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode mengajar apa yang digunakan guru
fisika di SMA N 2 Batanghari dan menganalisis kelebihan dan kekurangan metode yang digunakan guru. Jenis
Penelitian yang digunakan yaitu studi kasus dengan metode kualitatif. Instrument pengumpulan data berupa
wawancara dengan 6 pertanyaan yang digunakan untuk memperoleh informasi. Teknik pengambilan sampel
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik purposive sampling. Adapun kriterianya yaitu guru fisika yang
mengajar di SMA N 2 Batanghari. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Miles and Huberman dari
menganalisis literatur, mencari instrument, mengumpulkan data, menganalisis data, dan menyimpulkan hasil dari
data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru fisika di SMA N 2 Batanghari menerapkan semua
metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang diterapkan yaitu metode demonstrasi, eksperimen, inquiry,
dan discovery. Tetapi, penggunaan metode yang paling dominan yaitu metode demonstrasi, dimana metode ini
dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Anwar, M. (2015). Filsafat Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Jati, B.M.E. (2018). Pengantar Fisika 1. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Kusumah, R.G.T, dkk. (2020). Penerapan Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi

Penggolongan Hewan Di Kelas IV SD SELUMA. Jurnal pendidikan matematika dan IPA. 11

(1), 144.

Munawaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian

Pendidikan Islam. 7 (2), 142.

Nahdi,D.S. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode

Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas. 4 (2), 11-12.

Neldawati. (2020). Deskripsi Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika di SMA

Ferdy Ferry Putra Kota Jambi. Journal Evaluation In Education (JEE). 1 (1), 2.

Sitorus,E.R. (20170. Penerapan Metode Inquiry Dalam Materi Ajar Pewarisan Sifat Mata Pelajaran

IPA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter. 6 (1), 88-89.

Subekti, Y., & Ariswan, A. (2016). Pembelajaran Fisika Dengan Metode Eksperimen Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal inovasi pendidikan

IPA. 2 (2), 256.

Winoto,Y.C., & Prasetyo,T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Discovery

Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 4 (2),

Downloads

Published

2021-12-09