ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK DI SMAN 10 KOTA JAMBI PADA PEMBELAJARAN FISIKA

Authors

  • Abdussalam Aswin Hadist Pendidikan Fisika, Universitas Jambi, Jambi - Muara Bulian No.KM. 15, Mendalo Darat, Kec. Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi
  • Deswalman Deswalman Pendidikan Fisika, Universitas Jambi, Jambi - Muara Bulian No.KM. 15, Mendalo Darat, Kec. Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi
  • M. Hidayat Pendidikan Fisika, Universitas Jambi, Jambi - Muara Bulian No.KM. 15, Mendalo Darat, Kec. Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi

Abstract

Model pembelajaran sinektik merupakan model pembelajaran yang menekankan kreativitas siswa dalam
memecahkan permasalahan. Model pembelajaran ini guru mendorong siswa untuk dapat menggunakan analogi –
analogi dalam proses pembelajarannya.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan
model pembelajaran sinektik di SMAN 10 Kota Jambi pada pembelajaran fisika. Metode penelitian yang
digunakan pada penelitin ini yaitu metode penelitian kualitatif yang dimana peneliti melakukan studi kasus ke
SMAN10 Kota Jambi. Dalam studi kasus yang dilakukan peneliti melakukan pengumpulan data melalui
wawancara dengan salah satu guru fisika di SMAN 10 Kota Jambi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis
dengan menggunakan teknik analisis miles dan Huberman yang dimana data hasil wawancara diredukdi oleh
peneliti untuk menganalisis data hasil wawancara. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pada pembelajaran
fisika di SMAN 10 Kota Jambi, guru tersebut tidak mengetahui model pembelajaran sinektik karena dari hasil
analisis peneliti, guru di SMAN 10 Kota Jambi tidak menjalankan sintaks dari model pembelajaran sinektik.

References

Agustina, S., Pasaribu, M., & Saehana, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Terhadap

Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika

Tadulako Online), 4(2), 42.

Amin, A. (2017). Pemahaman Konsep Abstrak Ajaran Agama Islam pada Anak Melalui Pendekatan

Sinektik dan Isyarat Analogi dalam Alquran. Madania: Jurnal Kajian Keislaman, 21(2), 164–165.

Heldisari, H. P. (2019). Pembelajaran Teknik Rekam Di Sekolah Menengah Kejuruan ( Seni Musik)

Melalui Model Pembelajaran Personal. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(3), 202.

Jagom, Y. O. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Terhadap Prestasi Belajar Matematika

Siswa Smp. Numeracy, 7(1), 181.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2016). Models Of Teaching;Model-model Pengajaran (R. K.

Pancasari (ed.); nineth). Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 265 -267.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan

DasarVolume 4, Nomor 1, 4(1), 5.

Komaria, N., A, S., A, Y., & Mahardika, Ik. (2018). Metacognition Skills Students on the Synectic

Learning Model At School of Jember Coffee Plantation Area, Indonesia. International Journal

of Advanced Research, 6(5), 1233.

Pramusinta, Y., & Rifanah, F. D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Dalam

Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah,

(01), 50–51.

Rambe, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Dan Penguasaan Diksi Terhadap

Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X Sma Dharmawangsa Medan. LINGUISTIK : Jurnal

Bahasa Dan Sastra, 4(1), 21–23.

Suhana, N. (2019). Upaya Peningkatan Berpikir Kritis Dan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi

Aritmetika Sosial Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Sinektik. Jurnal THEOREMS

(The Original Research of Mathematics), 4(1), 44.

Downloads

Published

2021-12-09