“EL – HAFIZ “ APLIKASI MONITORING PEMBELAJARAN MENGAJI DAN HAFALAN AL-QURAN UNTUK MENINGKATKAN EKSISTENSI AL-QURAN PADA REMAJA

Authors

  • Satriyo Yoga Pradana Teknik Informatika, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Jl. Raya ITS Sukolilo Kampus PENS
  • Rifqi Danny Pratama Teknik Informatika, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Jl. Raya ITS Sukolilo Kampus PENS
  • Imamul Arifin Teknik Informatika, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Jl. Raya ITS Sukolilo Kampus PENS

Keywords:

Al-Qur‘an, Aplikasi Android, Monitoring

Abstract

Imu tajwid merupakan ilmu yang sangat penting bagi umat Islam yang akan belajar membaca Al-Qur‟an
dengan baik dan benar. Sebagian besar umat muslim mengalami kesulitan dalam menghafal berbagai macam
jenis ilmu tajwid dan menerapkannya saat dihadapkan dengan bacaan Al-Qur‟an, atau sebagian besar hanya
mengetahui sedikit ilmu tajwid dan jarang menerapkannya saat membaca Al-Qur‟an. Dengan perkembangan
teknologi yang semakin pesat, masyarakat muslim terutama pada remaja semakin jarang untuk membaca Al-
Qur‟an dan tuntunan agama dengan media cetak. Masyarakat muslim lebih memilih menggunakan perangkat
mobile dan desktop untuk mencari informasi secara cepat dan meninggalkan media cetak yang sebelumnya
mereka gunakan. El-Hafiz adalah aplikasi pembelajaran dan monitoring hafalan Al- qur‟an yang menyediakan
layanan untuk membaca Al-Qur‟an secara digital dan berbagai fitur untuk membantu remaja islam untuk
menghafal Al-qur‟an. Rancang bangun prototype aplikasi El-Hafiz ini dibangun dengan menggunakan metode
pengembangan sistem Waterfall dimulai dari tahap analisa kebutuhan, desain sistem, perancangan aplikasi,
pengujian aplikasi, dan penerapan aplikasi. Dari hasil data kuisioner kepada 30 responden dengan 12 butir
pernyataan dengan nilai skala likert 1-5 nilai persentase kepuasan responden terhadap aplikasi El-Hafiz sudah
di atas 80% dan masuk kategori sangat baik.

References

Arif, DS. 2013, Perancangan Aplikasi Edukasi ―Smart Brand Kids‖ Berbasis Android Sebagai Media

Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini.

[Internet].

Tersedia

dalam:<http://diglib.amikom.ac.id/mvc.php/cari> [diakses pada tanggal 27 September 2018].

Belajarprogram.2009. ‖Eclipse IDE‖. Tersedia Dalam <http://java.lyracc.com/belajar/java-untukpemula/eclipse-ide>

[diakses

pada

tanggal

September

.

Darcey

Lauren,

Conder

Shane.

―Sams

Teach

Yourself

Android

Aplication

Development

In 24

Hours [pdf]‖. Sams Publisher.

Davidson, Susannah. 2010. ―Hello, Android Introducing Google‘s Mobile Development Platform

Third Edition [pdf]‖. Pragmatic Programmers.

Dyah Nitta J. 2013. ―Perancangan Aplikasi Mobile Pengenalan Angka, Huruf dan Warna Untuk Usia

-5 Tahun Dalam Bahasa Inggris‖ Berbasis Android‖. Tugas Akhir. Yogyakarta: Sekolah

Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer.

Fatia,DF. 2012, Penerapan Metode Muller Dengan Menggunakan Media Gambar Untuk

Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Huruf. Tugas Akhir. Universitas Pendidikan Ganesha

Singaraja Indonesia Denpasar Barat.

Ghea, PFD. 2012, Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris

Sebagai Media Pembelajaran Siswa SD Berbasis Macromedia Flash. Tugas Akhir. Universitas

Negri Yogyakarta. Yogyakarta.

Imam, A. 2012, Aplikasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Untuk Anak Usia Dini Berbasis J2ME Di TK Al-Muhajirin Bandung. Tugas Akhir. Universitas Komputer Indonesia. Bandung.

Irwanto, Gavin Fauzi, dkk. 2010. ―Generator Angka Acak Dalam Game Sudoku Dengan Metode

Backtracking Pada Android Os Mobile‖. Tugas Akhir. Surabaya: Institut Sepuluh November.

Murphy, Mark L. 2009. ― Beginning Android 2 [pdf]‖. Appress.

Pratama, Irianto Bunga, dkk. 2011. ―Aplikasi Mobile Belajar Melafalkan Bahasa Inggris‖.

Tugas Akhir. Surabaya: Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer.

Ravika, NF & Tengku, AR. 2012, Aplikasi Pembelajaran Mengenal Tumbuhan, Buah-buahan Dan

Binatang Berbasis Multimedia Interaktif (Untuk Anak Usia 2-4Tahun).

https://openjurnal.politekniktelkom.ac.id> [diakses pada tanggal 20 September 2018].

Downloads

Published

2021-12-09