INVESTIGASI KETERAMPILAN MENGAJAR DALAM MENGELOLA KELAS DI SMAN 7 TEBO PADA ERA MERDEKA BELAJAR

Authors

  • Nadilla Febriana Pendidikan Fisika, Universitas Jambi, Jl. Jambi – Muara Bulian No.KM. 15, Mendalo Darat, Kec. Jambi Luar Kota , Kabupaten Muara Jambi, Jambi
  • Reni Marlina Pendidikan Fisika, Universitas Jambi, Jl. Jambi – Muara Bulian No.KM. 15, Mendalo Darat, Kec. Jambi Luar Kota , Kabupaten Muara Jambi, Jambi
  • M. Hidayat Pendidikan Fisika, Universitas Jambi, Jl. Jambi – Muara Bulian No.KM. 15, Mendalo Darat, Kec. Jambi Luar Kota , Kabupaten Muara Jambi, Jambi

Keywords:

Keterampilan mengajar_keterampilan bertanya_keterampilan mengadakan variasi_keterampilan memimpin diskusi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis pelaksanaan prinsip dan prosedur pembelajaran, mengetahui
keterampilan bertanya, mengetahui keterampilan mengadakan variasi, dan keterampilan memimpin diskusi.
Kegunaan dari penelitian ini sendiri yaitu peneliti dan pembaca dapat mengetahui bagaimana prinsip dan
prosedur pembelajaran dan mengetahui beberapa ketermpilan mengajar yang digunakan didalam suatu
pembelajaran. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif, jenis penelitian yang dipakai yaitu study kasus
yang diperoleh melalui observasi dan wawancara. Subjek dari penelitian ini adalah Guru Fisika SMAN 7 Tebo.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada beberapa bentuk keterampilan mengajar yaitu keterampilan bertanya,
keterampilan mengadakan variasi, dan keterampilan memimpin diskusi. salah satu prinsip pelaksanaan
keterampilan dasar mengajar adalah harus membangkitkan perhatian dan motivasi. Mengingat pentingnya
perhatian dan motivasi maka penerapan unsur-unsur atau aspek pembelajaran harus membangkitkan perhatian
dan motivasi. Sehingga selama pembelajaran berlangsung perhatian dan motivasi siswa selalu terjaga dan
tercurah pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Pada halnya yang sering terjadi kekurangan dalam
penerapan keterampilan mengajar ini yaitu masih banyak siswa yang pasif atau diam saat pembelajaran
berlangsung.

References

Achdiani, Y., & Rusliyani, D. A. (2017). Pengetahuan Keterampilan Dasar Mengajar dalam

Menyiapkan Guru Sekolah Menengah Kejuruan. TEKNOBUGA: Jurnal Teknologi Busana dan

Boga, 5(2), hal. 34-43.

Aminah, N., Dewi, I. L.K., & Santi, D. P. D. (2017). Keterampilan Bertanya dan Self Confidence

Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Pembelajaran Mikro. JNPM (Jurnal

Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), hal. 109-117.

Erviani, F. R., Sutarto, S., & Indrawati, I. (2017). Model Pembelajaran Instruction, Doing, Dan

Evaluating (Mpide) Disertai Resume Dan Video Fenomena Alam Dalam Pembelajaran Fisika

Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 53-59.

Firdaus, Erwin., dkk. (2021). Keterampilan Dasar Guru. Medan : Yayasan Kita Menulis.

Johan, Rina Selva. (2016). Dampak Keterampilan Dasar Mengajar Guru Ekonomi Akuntansi terhadap

Motivasi Belajar Siswa Smk di Kota Pekanbaru. PEKBIS : Jurnal Pendidikan Ekonomi

dan Bisnis, 8(1), hal. 24-33.

Lestari, D. A. (2017). Peningkatan Keterampilan Bertanya Melalui Pendekatan Ilmiah (Scientific

Aproach) Pada Sub Tema Peristiwa-Peristiwa Penting Siswa Kelas VB SDN TunjungSekar 3

Kota Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 1(1), 11-21.

Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal kependidikan, 1(1), 2444.

Padmadewi,

N.

N.,

Artini,

L.

P.,

Agustini,

D.A.E.

(2017).

Pengantar

Micro

Teaching.

Jakarta

:

PT.

RajaGrafindo Persada.

Purnomo, B. H. (2011). Metodedan Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Tindakan Kelas

(Classroomaction Research). Jurnal Pengembangan Pendidikan, 8(1), 210-251.

Rizki, J. W. S. (2012). Memahami wacana media dengan pendekatan analisis wacana kritis. HIKMAH:

Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam, 6(2), 63-79.

Safitri, M., Gunatama, G., & Darmayanti, I. A. M. (2014). Keterampilan Membimbing Diskusi

Kelompok Kecil Oleh Guru Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Laboratorium Undiksha.

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 2(1), hal. 1-12.

Sentriani, L. (2017). Persepsi Mahasiswa tentang Keterampilan Variasi Mengajar Dosen. Sosial

Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), hal. 238-246.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sunarto, I., & Rohita, R. (2021). Penguasaan Keterampilan Bertanya Dasar di Tk Baiturrahman.

Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(1), hal. 1-11.

Syafi‘i, Muhammad. (2014). Implikasi Pembelajaran Mikro Dalam Pengembangan Keterampilan

Mengajar Di Madrasah. Religi : Jurnal Studi Islam, 5(2), hal. 228-250.

Telaumbanua, Arozatulo. (2020). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen Meningkatkan Prestasi

Siswa. SIKIP : Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), hal. 115-129.

Downloads

Published

2021-12-09