ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR DI MAN 2 KOTA JAMBI

Authors

  • Muhammad Nur Farrizqi Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Universitas Jambi, Jambi Muaro-Bulian KM. 15, Mendalo Darat, Kec.Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi
  • Mistriza Elvy Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Universitas Jambi, Jambi Muaro-Bulian KM. 15, Mendalo Darat, Kec.Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi
  • M. Hidayat Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Universitas Jambi, Jambi Muaro-Bulian KM. 15, Mendalo Darat, Kec.Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi

Keywords:

Fisika_, Keterampilan Penguatan_, Memberi Penguatan_, Mengelola Kelas_

Abstract

Keterampilan memberi penguatan dan mengelola kelas ini bukanlah hal yang mudah dan juga bukan hal yang
sulit sebenarnya terkadang guru lupa akan pentingnya keterampilan ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui tentang hakekat keterampilan dasar mengajar terutama bagian memberikan penguatan dan
mengelola kelas. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, jenis penelitian yang dipakai yaitu studi
kasus yang diperoleh melalui observasi dan wawancara. Subjek pada penelitian ini adalah Guru Fisika MAN 2
Kota Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan komponen keterampilan memberi penguatan
dalam pembelajaran yang mencangkup penguatan verbal dan penguatan non verbal. Penguatan verbal diterapkan
dengan memberikan pujian dengan kata-kata dan kalimat. Penerapan penguatan non verbal dilakukan gerakan
mimik dan gerakan badan, penguatan dengan sentuhan, penguatan melalui kegiatan yang menyenangkan,
penguatan berupa simbol atau benda, dan penguatan tak penuh. Selain itu, guru juga menerapkan cara
penggunaan penguatan dalam pembelajaran yang mencangkup penguatan kepada pribadi tertentu, penguatan
kepada kelompok, pemberian penguatan dengan segera, dan variasi dalam penggunaan penguatan. Dalam
menerapkan keterampilan memberi penguatan guru memperhatikan pula prinsip-prinsip pemberian penguatan.

 

References

Alma. (2009). Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar . Bandung: Alfabeta.

Astrizal, Amran, & Ananda. (2018). The Development of Integrated Science Intructional Materials to

Improve Students Digital Literacy in Scientific Approach. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.

Astuti, S. P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika.

Jurnal Formatif.

Bastian. (2019). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran di

Sekolah Dasar. Jurnal Pajar.

Desnita. (2017). Procces Skills-Based Integrated Instructional Materials to Improve Student

Competence Physics Education. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan FIsika.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Marmo, & Idris. (2010). Strategi dan Metode Pengajaran. Jogjakarta: Arruz Media.

Nelson, & Prince. (2019). Planning Effective Intruction. Washington: Cangage Learning.

Pasaribu. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar dengan Metode Contectual Teaching Learning pada Mata Pelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial.

Rizki. (2016). Peningkatan Keterampilan Memberi Umpan Balik Guru Pendidikan Jasmani dan

Kesehatan Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pembelajaran.

Sustinawati. (2017). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mehasiswa Calon Guru Sekolah Dasar.

Jurnal MPD.

Usman. (2000). Menjadi Guru Profesional . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Winata. (2004). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yunita. (2019). Tingkat Keterampilan Dasar Mengajar Calon Guru Sekolah Dasar pada Perkuliahan

Mikroteaching. Jurnal Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2021-12-09