PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Keywords:
Simulasi, Pengaruh, Siswa, Pembelajaran kooperatifAbstract
Seorang guru diwajibkan untuk memiliki kemampuan dalam mengembangkan model pembelajaran dan
pemanfaatan media pembelajaran sehingga dapat menarik minat siswa dalam mempelajari materi dan tujuan
pembelajaran dapat tercapai. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh
penggunaan media simulasi interaktif terhadap pemahaman siswa dengan model pembelajaran kooperatif. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan pengerjaan
quis. Penelitian dilakukan di SMAN 5 Semarang dengan melibatkan siswa MIPA kelas X dan media simulasi
interaktif yang digunakan yaitu PhET Simulation. Berdasarkan wawancara dan observasi, suasana kelas menjadi
lebih aktif dengan diterapkannya pembelajaran kooperatif dan siswa cepat dalam menyelesaikan masalah akibat
bantuan dari media simulasi interaktif. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media simulasi
interaktif berpengaruh terhadap pemahaman siswa dengan model pembelajaran kooperatif.
References
Aswan. (2016). Strategi Pembelajaran Berbasis PAIKEM (Edisi Revisi). Yogyakarta: Aswaja
Pressindo.
Batlolona, J. R., No, J. M. H., & Malang, K. (2016). ―Hasil Belajar Kognitif Dan Respon Siswa Dalam
Pembelajaran Fisika Pada Konsep Listrik Dinamis Dengan Menerapkan Media
Interaktif‖. Jurnal PendidikanIPA Pascasarjana UM, 1(1), 1-8.
Brody, C. M., & Davidson, N. (1998). Professional Development for Cooperative Learning: Issues
and Approaches. New York: SUNY Press.
Dyson, B., & Casey, A. (2012). Cooperative Learning in Physical Education: A Researchbased
Approach. New york: Routledge.
Erpan, A., Nanda, F. F., Augustini, M. C., & Desnita, D. (2021). ―Meta Analisis Pengaruh Model
Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa‖. Jurnal
Kumparan Fisika, 4(2), 120-128.
Farmer, L. S. (1999). Cooperative Learning Activities in the Library Media Center. Libraries
Unlimited/Teacher Ideas Press.
FERY, S. (2021). ―Perbandingan Pemahaman Konsep Peserta Didik Dengan Menggunakan Media
Pembelajaran Crocodile Physic Dan Media Pembelajaran Phet Simulation†(Doctoral
dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Halim, A. (2012). ―Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika
Siswa SMP N 2 Secanggang Kabupaten Langkat‖. Jurnal Tabularasa, 9(2), 141-158.
Hariyanto, A. (2016). ―Pengaruh discovery learning berbantuan paket program simulasi Phet terhadap
prestasi belajar fisika‖. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(3), 365-378.
Indrajit, D. (2009). Mudah dan Aktif Belajar Fisika. PT Grafindo Media Pratama.
Ismaun, I. (2019). ―Pengaruh Media Phet Simulations Terhadap Pemahaman Konsep Model
Molekulsiswa Sma Negeri 1 Mawasangka‖. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan,
(1), 99-115.
Khaerunnisak, K. (2018). ―Peningkatan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa melalui
simulasi physic education technology (PhET)‖. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(2).
Mirdayanti, R., & Wardani, S. (2019). ―Pelatihan Super Creative Teacher dalam Pemanfaatan
Software Interaktif Berbasis PhET Simulation pada Guru Mafia (Matematika Fisika dan Kimia)
di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banda Aceh‖. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada
Masyarakat, 1(2), 77-87.
Muawanah. (2011). Strategi Pembelajaran Pedoman Untuk Guru Dan Calon Guru. Kediri: STAIN
KEDIRI PRESS.
Nurhayati, A., Angraeni, L., & Sari, I. N. (2017). ―Pelatihan Penggunaan Software PhET Dalam
Pembelajaran IPA Sebagai Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Guru IPA Di Kota
Pontianak‖. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 43-50.
Puspita, I. (2020). ―PhET Aplication Program: Strategi Penguatan Pemahaman Pembelajaran Jarak
Jauh pada Materi Radiasi Benda Hitam melalui Percobaan Berbantu Lab Virtual dan Media
Sosial‖. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(1), 57-68.
Putri, E. M. E., Koto, I., & Putri, D. H. (2018). ―Peningkatan keterampilan proses sains dan
penguasaan
konsep gelombang cahaya dengan penerapan model inkuiri berbantuan
simulasi phet di kelas xi mipa e sman 2 kota bengkulu". Jurnal Kumparan Fisika, 1(2
Agustus), 46-52.
Riyana, C. (2012). Media pembelajaran. KEMENAG RI.
Rofiq, M. N. (2010). ―Pembelajaran kooperatif (cooperative learning) dalam pengajaran pendidikan
agama Islam‖. Jurnal Falasifa, 1(1), 1-14.
Sari, N., Sunarno, W., & Sarwanto, S. (2018). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran
Fisika Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(1), 260934.
Sihotang, E., Mukhtar, & Sibuea, A. M. (2017). ―Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan
Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Fisika‖. JURNAL TABULARASA PPS
UNIMED, 14(2), 166-177.
Sudarsana, I. K. (2018). ―Pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap peningkatan mutu hasil
belajar siswa‖. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1), 20-31.
Syaodih, E. (2007). ―Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan
Keterampilan Sosial‖. Educare.