PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF

Authors

  • Dewi Yuliastuti Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Semarang, Sekaran, Kec. Gunung Pati

Keywords:

Simulasi, Pengaruh, Siswa, Pembelajaran kooperatif

Abstract

Seorang guru diwajibkan untuk memiliki kemampuan dalam mengembangkan model pembelajaran dan
pemanfaatan media pembelajaran sehingga dapat menarik minat siswa dalam mempelajari materi dan tujuan
pembelajaran dapat tercapai. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh
penggunaan media simulasi interaktif terhadap pemahaman siswa dengan model pembelajaran kooperatif. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan pengerjaan
quis. Penelitian dilakukan di SMAN 5 Semarang dengan melibatkan siswa MIPA kelas X dan media simulasi
interaktif yang digunakan yaitu PhET Simulation. Berdasarkan wawancara dan observasi, suasana kelas menjadi
lebih aktif dengan diterapkannya pembelajaran kooperatif dan siswa cepat dalam menyelesaikan masalah akibat
bantuan dari media simulasi interaktif. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media simulasi
interaktif berpengaruh terhadap pemahaman siswa dengan model pembelajaran kooperatif.

References

Aswan. (2016). Strategi Pembelajaran Berbasis PAIKEM (Edisi Revisi). Yogyakarta: Aswaja

Pressindo.

Batlolona, J. R., No, J. M. H., & Malang, K. (2016). ―Hasil Belajar Kognitif Dan Respon Siswa Dalam

Pembelajaran Fisika Pada Konsep Listrik Dinamis Dengan Menerapkan Media

Interaktif‖. Jurnal PendidikanIPA Pascasarjana UM, 1(1), 1-8.

Brody, C. M., & Davidson, N. (1998). Professional Development for Cooperative Learning: Issues

and Approaches. New York: SUNY Press.

Dyson, B., & Casey, A. (2012). Cooperative Learning in Physical Education: A Researchbased

Approach. New york: Routledge.

Erpan, A., Nanda, F. F., Augustini, M. C., & Desnita, D. (2021). ―Meta Analisis Pengaruh Model

Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa‖. Jurnal

Kumparan Fisika, 4(2), 120-128.

Farmer, L. S. (1999). Cooperative Learning Activities in the Library Media Center. Libraries

Unlimited/Teacher Ideas Press.

FERY, S. (2021). ―Perbandingan Pemahaman Konsep Peserta Didik Dengan Menggunakan Media

Pembelajaran Crocodile Physic Dan Media Pembelajaran Phet Simulation†(Doctoral

dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Halim, A. (2012). ―Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika

Siswa SMP N 2 Secanggang Kabupaten Langkat‖. Jurnal Tabularasa, 9(2), 141-158.

Hariyanto, A. (2016). ―Pengaruh discovery learning berbantuan paket program simulasi Phet terhadap

prestasi belajar fisika‖. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(3), 365-378.

Indrajit, D. (2009). Mudah dan Aktif Belajar Fisika. PT Grafindo Media Pratama.

Ismaun, I. (2019). ―Pengaruh Media Phet Simulations Terhadap Pemahaman Konsep Model

Molekulsiswa Sma Negeri 1 Mawasangka‖. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan,

(1), 99-115.

Khaerunnisak, K. (2018). ―Peningkatan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa melalui

simulasi physic education technology (PhET)‖. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(2).

Mirdayanti, R., & Wardani, S. (2019). ―Pelatihan Super Creative Teacher dalam Pemanfaatan

Software Interaktif Berbasis PhET Simulation pada Guru Mafia (Matematika Fisika dan Kimia)

di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banda Aceh‖. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada

Masyarakat, 1(2), 77-87.

Muawanah. (2011). Strategi Pembelajaran Pedoman Untuk Guru Dan Calon Guru. Kediri: STAIN

KEDIRI PRESS.

Nurhayati, A., Angraeni, L., & Sari, I. N. (2017). ―Pelatihan Penggunaan Software PhET Dalam

Pembelajaran IPA Sebagai Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Guru IPA Di Kota

Pontianak‖. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 43-50.

Puspita, I. (2020). ―PhET Aplication Program: Strategi Penguatan Pemahaman Pembelajaran Jarak

Jauh pada Materi Radiasi Benda Hitam melalui Percobaan Berbantu Lab Virtual dan Media

Sosial‖. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(1), 57-68.

Putri, E. M. E., Koto, I., & Putri, D. H. (2018). ―Peningkatan keterampilan proses sains dan

penguasaan

konsep gelombang cahaya dengan penerapan model inkuiri berbantuan

simulasi phet di kelas xi mipa e sman 2 kota bengkulu". Jurnal Kumparan Fisika, 1(2

Agustus), 46-52.

Riyana, C. (2012). Media pembelajaran. KEMENAG RI.

Rofiq, M. N. (2010). ―Pembelajaran kooperatif (cooperative learning) dalam pengajaran pendidikan

agama Islam‖. Jurnal Falasifa, 1(1), 1-14.

Sari, N., Sunarno, W., & Sarwanto, S. (2018). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran

Fisika Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(1), 260934.

Sihotang, E., Mukhtar, & Sibuea, A. M. (2017). ―Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan

Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Fisika‖. JURNAL TABULARASA PPS

UNIMED, 14(2), 166-177.

Sudarsana, I. K. (2018). ―Pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap peningkatan mutu hasil

belajar siswa‖. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1), 20-31.

Syaodih, E. (2007). ―Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan

Keterampilan Sosial‖. Educare.

Downloads

Published

2021-12-09