PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA ANGKATAN 2018 TERHADAP PENGGUNAAN E-LEARNING DALAM MATA KULIAH ADMINISTRASI DAN SUPERVISI PENDIDIKAN

Authors

  • Anselmus Mediari Gestawan, Pendidikan Matematika, Universitas Mercu Buana Yogyakarta,
  • Melania Eva Wulanningtyas Pendidikan Matematika, Universitas Mercu Buana Yogyakarta,

Keywords:

e-learning, persepsi, Mata Kuliah Administrasi dan Supervisi Pendidikan.

Abstract

E-learning adalah suatu sarana yang tersedia di website resmi milik Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu persepsi mahasiswa terhadap penggunaan e-learning pada Mata
Kuliah Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode survei dalam bentuk
kuesioner. Partisipan penelitian ini sebanyak 23 mahasiswa yang sudah mengalami perkuliahan Administrasi dan
Supervisi Pendidikan menggunakan e-learning. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi
mahasiswa terhadap penggunaan e-learning pada Mata Kuliah Administrasi dan Supervisi Pendidikan adalah
positif. Mahasiswa menilai bahwa penggunaan e-learning dalam Mata Kuliah Administrasi dan Supervisi
Pendidikan sudah cukup baik.

References

Afriansyah, M.F & Haridito, I. (2016). Tingkat kepuasan members fitness terhadap pelayanan di

tempat kebugaran Balai Kesehatan Olahraga dan Pusat Informasi Pencegahan Penyakit

Metabolik (BKOR-PIPPM) Kabupaten Lumajang. Jurnal Kesehatan Olahraga, 06 (2), 370-377.

Akbar, M. (2018). Panduan e-learning bagi mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Yogyakarta: Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Balaji, R. D., Al-Mahri, F. A., & Balaji, M. (2016). A perspective study on content management in elearning

and

m-learning.

Computer

Science,

–7.

Cresswell,

J.,

W.

(2012).

Educational

research:

Planning,

conducting

and

evaluating

quantitative

and

qualitative

research.

Boston:

Pearson.

Darmawan,

D.

(2013).

Metode

penelitian

kuantitatif.

Bandung:

Remaja

Rosdakarya.

Darmawan,

D.

(2014).

Pengembangan

e-learning

teori

dan

desain.

Bandung:

Remaja

Rosdakarya.

Elyas

A. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas

pembelajaran. Jurnal Warta, (56), 1-11, DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v0i56.4

Hartanto, A., A. & Purbo O., W. (2002). E-Learning berbasis PHP dan MySql. Jakarta: Elex Media

Komputindo.

Kamarga, H. (2002). Belajar sejarah melalui e-learning; Alternatif mengakses sumber informasi

kesejarahan. Jakarta: Inti Media.

Noor, J. (2012). Metodologi penelitian: skripsi, tesis, disertasi, dan karya ilmiah. Jakarta: Kencana.

Noor, U., M. (2020). Persepsi penerapan wajib militer guna meningkatkan pendidikan bela negara.

Widya Yuridika: Jurnal Hukum, (3) 61-70.

Purbo O., W. (2002). E-Learning berbasis PHP dan MySql. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Rahmat, J. (2003). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rosenberg, M. J. (2001). E-learning: Strategies for delivering knowledge in the digital age. New

York: McGraw-Hill.

Safdar, M., Mahmood, K. & Qutab, S. (2010). Internet use behavior and attitude of college students: A

survey of leadership colleges' network. Library Philosophy and Practice (e-journal), 366, 1-8.

Retrieved from http://digitalcommons.unl.edu/libphilprac/366.

Shank, P. (2008). Thinking critically to move e-learning forward. in s. carliner & p. shank (eds.), the

e-learning handbook: past promises, present challenges. San Francisco: Pfeiffer.

Soekartawi, A., H & Libero. F. (2002). Greater Learning Opportunities Through Distance Education:

Experiences in Indonesia and the Philippines. Southeast Asian Journal of Education.

Sunaryo. (2004). Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta:EGC.

Thoha, M. (2003). Kepemimpinan dalam manajemen. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Utama, P. K. L. (2017). E-Learning sebagai evolusi proses pembelajaran di era masyarakat informasi.

Jurnal Penjaminan Mutu, 1-11.

Waller, V. and Wilson, J. (2001). A definition for e-learning. TheODL QC Newsletter, pp. 1-2

Wulanningtyas, M. E. & Ate, H. M (2020). Pengaruh Efikasi Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar

Matematika. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional. 166-169

Downloads

Published

2021-12-09