PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA ANGKATAN 2018 TERHADAP PENGGUNAAN E-LEARNING DALAM MATA KULIAH ADMINISTRASI DAN SUPERVISI PENDIDIKAN
Keywords:
e-learning, persepsi, Mata Kuliah Administrasi dan Supervisi Pendidikan.Abstract
E-learning adalah suatu sarana yang tersedia di website resmi milik Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu persepsi mahasiswa terhadap penggunaan e-learning pada Mata
Kuliah Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode survei dalam bentuk
kuesioner. Partisipan penelitian ini sebanyak 23 mahasiswa yang sudah mengalami perkuliahan Administrasi dan
Supervisi Pendidikan menggunakan e-learning. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi
mahasiswa terhadap penggunaan e-learning pada Mata Kuliah Administrasi dan Supervisi Pendidikan adalah
positif. Mahasiswa menilai bahwa penggunaan e-learning dalam Mata Kuliah Administrasi dan Supervisi
Pendidikan sudah cukup baik.
References
Afriansyah, M.F & Haridito, I. (2016). Tingkat kepuasan members fitness terhadap pelayanan di
tempat kebugaran Balai Kesehatan Olahraga dan Pusat Informasi Pencegahan Penyakit
Metabolik (BKOR-PIPPM) Kabupaten Lumajang. Jurnal Kesehatan Olahraga, 06 (2), 370-377.
Akbar, M. (2018). Panduan e-learning bagi mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Yogyakarta: Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Balaji, R. D., Al-Mahri, F. A., & Balaji, M. (2016). A perspective study on content management in elearning
and
m-learning.
Computer
Science,
–7.
Cresswell,
J.,
W.
(2012).
Educational
research:
Planning,
conducting
and
evaluating
quantitative
and
qualitative
research.
Boston:
Pearson.
Darmawan,
D.
(2013).
Metode
penelitian
kuantitatif.
Bandung:
Remaja
Rosdakarya.
Darmawan,
D.
(2014).
Pengembangan
e-learning
teori
dan
desain.
Bandung:
Remaja
Rosdakarya.
Elyas
A. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran. Jurnal Warta, (56), 1-11, DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v0i56.4
Hartanto, A., A. & Purbo O., W. (2002). E-Learning berbasis PHP dan MySql. Jakarta: Elex Media
Komputindo.
Kamarga, H. (2002). Belajar sejarah melalui e-learning; Alternatif mengakses sumber informasi
kesejarahan. Jakarta: Inti Media.
Noor, J. (2012). Metodologi penelitian: skripsi, tesis, disertasi, dan karya ilmiah. Jakarta: Kencana.
Noor, U., M. (2020). Persepsi penerapan wajib militer guna meningkatkan pendidikan bela negara.
Widya Yuridika: Jurnal Hukum, (3) 61-70.
Purbo O., W. (2002). E-Learning berbasis PHP dan MySql. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Rahmat, J. (2003). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Rosenberg, M. J. (2001). E-learning: Strategies for delivering knowledge in the digital age. New
York: McGraw-Hill.
Safdar, M., Mahmood, K. & Qutab, S. (2010). Internet use behavior and attitude of college students: A
survey of leadership colleges' network. Library Philosophy and Practice (e-journal), 366, 1-8.
Retrieved from http://digitalcommons.unl.edu/libphilprac/366.
Shank, P. (2008). Thinking critically to move e-learning forward. in s. carliner & p. shank (eds.), the
e-learning handbook: past promises, present challenges. San Francisco: Pfeiffer.
Soekartawi, A., H & Libero. F. (2002). Greater Learning Opportunities Through Distance Education:
Experiences in Indonesia and the Philippines. Southeast Asian Journal of Education.
Sunaryo. (2004). Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta:EGC.
Thoha, M. (2003). Kepemimpinan dalam manajemen. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Utama, P. K. L. (2017). E-Learning sebagai evolusi proses pembelajaran di era masyarakat informasi.
Jurnal Penjaminan Mutu, 1-11.
Waller, V. and Wilson, J. (2001). A definition for e-learning. TheODL QC Newsletter, pp. 1-2
Wulanningtyas, M. E. & Ate, H. M (2020). Pengaruh Efikasi Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar
Matematika. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional. 166-169