EVALUASI KEBUTUHAN PENGEMBANGAN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM (KMS) SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN SKILL BAGI PROGRAM STUDI

Authors

  • Ramadhan Rakhmat Sani Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dian Nuswantoro, Jalan Imam Bonjol 207, Semarang
  • Titien S. Sukamto Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dian Nuswantoro, Jalan Imam Bonjol 207, Semarang
  • Richard Emmerig Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dian Nuswantoro, Jalan Imam Bonjol 207, Semarang

Keywords:

Pengetahuan, Knowledge mangement, User Experience, sharing knowledge

Abstract

Pengetahuan merupakan aset terpenting dalam sebuah organisasi dimana hal tersebut merupakan dasar dari
pengambilan keputusan guna menunjang proses bisnis yang efektif. Untuk dapat mengelola pengetahuan yang
ada pada Program Studi, diperlukan sebuah sistem pengelolaan pengetahuan. Hal ini sangat bermanfaat sekali
untuk proses penciptaan, peralihan, dan penerapan pengetahuan dalam keahlian yang dimiliki oleh mahasiswa
maupun dosen di dalam lingkup program studi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan pengguna
dalam perancangan knowledge management system di lingkungan perguruan tinggi, dengan studi kasus pada
Program Studi Sistem Informasi di Perguruan Tinggi Swasta. KMS dikembangkan dengan metode user
experience research, dimana proses perancangan berpusat pada pengguna dan berbasis pada pengalaman dalam
menggunakan suatu teknologi, yang mampu menjawab kebutuhan, kesan dan harapan mereka dalam proses
pengembangannya. Hasil penelitian ini adalah fitur yang wajib ada pada knowledge management system, yaitu
forum diskusi, bisa melakukan posting artikel, memberikan tanggapan dalam bentuk komentar, dan juga
kostumisasi profil pengguna. Dengan adanya fitur-fitur tersebut diharapkan dapat diimplementasikan dalam
sebuah sistem yang mampu berdampak pada peningkatan keahlian yang dimiliki oleh civitas prodi sistem
informasi.

References

Faradillah. (2017). BCOR Analysis Affect The Adoption of Knowledge Management System (KMS).

Jatisi, 4(1), 57–56.

Fernandez, Becerra, I., & Sabherwal, R. (2014). Knowledge Management: Systems and Processes, 2nd

Ed (Second). https://doi.org/10.4324/9781315715117

Isadora, F. R., Hanggara, B. T., Mursityo, Y. T., Malang, U. B., Korespondensi, P., Thinking, D.,

Questionnaire, U. E., & Mobile, A. (2021). Perancangan User Experience Pada Aplikasi Mobile

Homecare Rumah Sakit Semen Gresik Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal

Teknologi

Informasi dan

Ilmu Komputer

(JTIIK), 8(5), 1057–1066.

https://doi.org/10.25126/jtiik.202184550

Kaniawulan, I., Muttaqin, M. R., & Ulhaq, D. (2020). Sistem Manajemen Pengetahuan Forum Diskusi

Dosen Sebagai Sumber Pustaka Kolaborasi. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

(JTIIK), 7(1), 51–58. https://doi.org/10.25126/jtiik.202071258

Sari, Y. S. (2018). Prototype of Knowledge Management System (KMS) E-Procurement Web Based:

Case Study at PT. SIGMA PRO 77. 5(06), 331–341.

Setiawansyah, S., Adrian, Q. J., & Devija, R. N. (2021). Penerapan Sistem Informasi Administrasi

Perpustakaan Menggunakan Model Desain User Experience. Jurnal Manajemen Informatika

(JAMIKA), 11(1), 24–36. https://doi.org/10.34010/jamika.v11i1.3710

Downloads

Published

2021-12-09