PERAN REGULASI EMOSI MAHASISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING
Keywords:
Regulasi emosi mahasiswa, pembelajaran daring, pandemi covid -19Abstract
Regulasi emosi mengacu pada pembentukan proses emosi yang dimiliki individu, bagaimana individu
mengalaminya dan kapan individu memilikinya serta mengeksresikan emosi tersebut. Regulasi emosi lebih
mengarahkan bagaimana emosi tersebut diatur, bukan bagaimana emosi mengarahkan kesuatu hal yang lain.
Kemampuan regulasi emosi dipengaruhi beberapa faktor antara lain: 1). Faktor lingkungan, 2). Pola asuh orang
tua, 3). Jenis kelamin, 4). Pengalaman traumatis dan tingkat religiustik. Pembelajaran daring menjadi solusi
terbaik di masa pendemi covid -19 agar bisa terlaksana proses belajar mengajar diperguruan tinggi maupu
disekolah, sehingga yang diperlukan mahasiswa ataupun peserta didik dalam situasi seperti ini adalah
keterampilan regulasi emosi. Regulasi emosi sangat diperlukan agar mahasiswa tetap tenang walaupun
dikehidupannya mendapatkan kesulitan.
References
Aryansah, J. E., & Sari, S. P. (2021). Analisis Peran Regulasi Emosi Mahasiswa terhadap Kebijakan
School From Home Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pemerintahan dan Politik, 6(1).
As‘adi Muhammad. (2011) Cara kerja Emosi dan Pikiran Manusia.
Dailami. (2020). Jurnal Pendidikan IPS. Jurnal Pendidikan IPS.
Gross, J. J. (2014). Emotion Regulation: Conceptual and Empirical Foundations. In J. J. Gross (Ed.),
Handbook of Emotion Regulation, Second Edition. New York: The Guilford Press.
Gunawan, I. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Daring Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19
Melalui Pemanfaatan Fitur Aplikasi Zoom di SD Negeri 77 Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah
Dasar, 7, 152–163