FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK

Authors

  • Kunti Mu’alima Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan kecendaerugan seseorang menunda – nunda pekerjaan akademiknya. Tujuan
penelitian ini dimaksukan guna mengetahui fator – faktor yang mempengaruhi prokrastinai akademik dikalangan
peserta didik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review.
Penelusuran artikel melalui website penelusuran artikel Goole Scholar, Science Direct, dengan menggunakan
kata kunci ―prokrastinasi akademik‖. Hasil penelusuran menunjukkan bahwa prokrastinasi akademik
dipengaruhi oleh dua faktor, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri atas self regulated
learning, self efficacy, manajemen waktu, dan kontrol diri. Sedangkan faktor eksternal mencakup dukungan
sosial dari orang tua maupun teman sebaya.

References

Burka, J. B., & Yuen, L. M. (n.d.). Procrastination: Why You Do It, What to Do About It Now. In

Da Capo Press.

Chientya Annisa, R. P. (2019). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua, Minat Belajar dan

Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Pada Sma

Negeri Mata Pelajaran Ekonomi Pada Sma Negeri Akreditasi A Di Kota Padang. Jurnal

Pendidikan Ekonomi, 12(1), 18–26.

Dewinta, W., Diny, A., Beby, R., & Devi S, D. (2020). Prokrastinasi Akademik Ditinjau Dari

Kontrol Diri Pada Siswa-Siswi SMA Swasta Ar-Rahman Medan. Jurnal Penelitian

Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K) 2020, 1(2), 82–91.

Ferrari, J. R., & Díaz-Morales, J. F. (2007). Perceptions of self-concept and self- presentation by

procrastinators: Further evidence. Spanish Journal of Psychology, 10(1), 91–96.

Ferrari, Joseph R, Johnson Judith L, M. W. G. (1995). PROCRASTINATION AND TASK

AVOIDANCE THEORY, RESEARCH, AND TREATMENT. Plenum Press.

Indah Sari, L. L. (2018). Hubungan Regulasi Diri dalam Belajar dan Efikasi Diri dengan

Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Diversita, 4(2), 90–98.

Lestari, I. A., Amir, H., & Rohiat, S. (2017). Hubungan Persepsi Siswa Kelas X MIPA di SMA

Negeri Se-Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2016/2017 tentang Variasi Gaya Mengajar Guru

dengan Hasil Belajar Kimia. ALOTROP Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 1(2), 113–116.

M. Nur Ghufron, & Rini Risnawitaq, S. (2010). Teori-teori Psikologi. Ar-Ruzz Media.

Nisa, N. K., Mukhlis, H., Wahyudi, D. A., & Putri, R. H. (2019). Manajemen Waktu dengan

Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Keperawatan. Journal of Psychological Prespective,

(1), 29–34.

Santika, W. S., & Sawitri, D. R. (2016). Self-Regulated Learning Dan Prokrastinasi Akademik Pada

Siswa Kelas Xi Sma Negeri 2 Purwokerto. Empati, 5(1), 44–49.

Villy Mayang, S. (2019). Hubungan Locus Of Control Internal dan Interaksi Teman Sebaya terhadap

Prokrastinasi Akademik Mengerjakan Tugas pada Siswa. Prosiding Seminar Nasional

Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 1, 522–528.

Downloads

Published

2021-12-09