FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK
Abstract
Prokrastinasi akademik merupakan kecendaerugan seseorang menunda – nunda pekerjaan akademiknya. Tujuan
penelitian ini dimaksukan guna mengetahui fator – faktor yang mempengaruhi prokrastinai akademik dikalangan
peserta didik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review.
Penelusuran artikel melalui website penelusuran artikel Goole Scholar, Science Direct, dengan menggunakan
kata kunci ―prokrastinasi akademik‖. Hasil penelusuran menunjukkan bahwa prokrastinasi akademik
dipengaruhi oleh dua faktor, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri atas self regulated
learning, self efficacy, manajemen waktu, dan kontrol diri. Sedangkan faktor eksternal mencakup dukungan
sosial dari orang tua maupun teman sebaya.
References
Burka, J. B., & Yuen, L. M. (n.d.). Procrastination: Why You Do It, What to Do About It Now. In
Da Capo Press.
Chientya Annisa, R. P. (2019). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua, Minat Belajar dan
Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Pada Sma
Negeri Mata Pelajaran Ekonomi Pada Sma Negeri Akreditasi A Di Kota Padang. Jurnal
Pendidikan Ekonomi, 12(1), 18–26.
Dewinta, W., Diny, A., Beby, R., & Devi S, D. (2020). Prokrastinasi Akademik Ditinjau Dari
Kontrol Diri Pada Siswa-Siswi SMA Swasta Ar-Rahman Medan. Jurnal Penelitian
Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K) 2020, 1(2), 82–91.
Ferrari, J. R., & DÃaz-Morales, J. F. (2007). Perceptions of self-concept and self- presentation by
procrastinators: Further evidence. Spanish Journal of Psychology, 10(1), 91–96.
Ferrari, Joseph R, Johnson Judith L, M. W. G. (1995). PROCRASTINATION AND TASK
AVOIDANCE THEORY, RESEARCH, AND TREATMENT. Plenum Press.
Indah Sari, L. L. (2018). Hubungan Regulasi Diri dalam Belajar dan Efikasi Diri dengan
Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Diversita, 4(2), 90–98.
Lestari, I. A., Amir, H., & Rohiat, S. (2017). Hubungan Persepsi Siswa Kelas X MIPA di SMA
Negeri Se-Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2016/2017 tentang Variasi Gaya Mengajar Guru
dengan Hasil Belajar Kimia. ALOTROP Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 1(2), 113–116.
M. Nur Ghufron, & Rini Risnawitaq, S. (2010). Teori-teori Psikologi. Ar-Ruzz Media.
Nisa, N. K., Mukhlis, H., Wahyudi, D. A., & Putri, R. H. (2019). Manajemen Waktu dengan
Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Keperawatan. Journal of Psychological Prespective,
(1), 29–34.
Santika, W. S., & Sawitri, D. R. (2016). Self-Regulated Learning Dan Prokrastinasi Akademik Pada
Siswa Kelas Xi Sma Negeri 2 Purwokerto. Empati, 5(1), 44–49.
Villy Mayang, S. (2019). Hubungan Locus Of Control Internal dan Interaksi Teman Sebaya terhadap
Prokrastinasi Akademik Mengerjakan Tugas pada Siswa. Prosiding Seminar Nasional
Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 1, 522–528.