KESADARAN STRES AKADEMIK SELAMA PEMBELAJARAN DARI RUMAH

Authors

  • Anmil Insani Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Keywords:

Stres Akademik, Faktor Stres Akademik, Mahasiswa, Covid-19

Abstract

Stres akademik sering dialami mahasiswa karena banyaknya tuntutan akademik yang terkadang melebihi kemampuan pada diri individu tersebut. Banyak faktor yang dapat menyebabkan stres akademik pada mahasiswa. penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik pada mahasiswa. Penelusuran literatur menggunakan media publish or perish melalui google scholar, google
scholar profile, crossref, pubmed, microsoft academic, scopus, web science dengan menggunakan kata kunci stres akademik, academic stress, faktor stres akademik, covid-19. Strategi penelusuran penelitian ini termasuk
jenis literature review atau tinjauan pustaka. Studi literatur (literature review) merupakan penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti dengan cara mengumpulkan beberapa sumber seperti: buku, jurnal, atau website yang
bersangkutan dengan masalah dan tujuan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif analisis deskriptif. Hasil studi menunjukkan bahwa selama pandemi covid-19 (pembelajaran dari rumah) terjadinya stres
akademik tidak hanya dipengaruhi oleh faktor dalam diri individu (internal), tetapi juga dapat dipengaruhi oleh faktor dari luar (eksternal). Faktor internal terdiri dari: regulasi diri, mindfulness, self-efficacy, serta religiusitas
individu, sedangkan faktor eksternal terdiri dari: dukungan sosial teman sebaya.

 

References

Ade Chita Putri Harahap, Dinda P. Harahap & Damsul R. Harahap. (2020). Analisis Tingkat Stres

Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19. Biblio Couns :

Jurnal

Kajian

Konseling Dan

Pendidikan,

(1),

–14.

https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i1.4804

Busari, A. O. (2011). Validation of student academic stress scale (SASS). European Journal of Social

Sciences, 94–105.

De la Fuente, J., Peralta-Sánchez, F. J., Martínez-Vicente, J. M., Sander, P., Garzón- Umerenkova, A.,

& Zapata, L. (2020). Effects of Self-Regulation vs. External Regulation on the Factors and

Symptoms of Academic Stress in Undergraduate Students. Frontiers

in Psychology,

(August), 1–14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.01773

Dwi Annisa (2021, 16 September) Situasi Terkini Perkembangan Coronavirus Disease (Cvid-19).

https://covid19.kemkes.go.id. Diakses pada 20 September 2021.

Ervina Panca Prasasti. (2021). Strategi Coping Stress Mahasiswa yang Menyusun Skripsi pada Masa

Pandemi Covid-19. Ums.

Fachry Ahsany. Ahmad Faiz Alamsyah. Sholahuddin Al-Fatih. (2020) Legal Protection Of Labor

Rights During The Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Pandemic. Jurnal Pembaharuan

Hukum. 7(2). 100-115.

Febri Endra Setyawan &Retno Lestari. (2020). Challenges of Stay-At-Home Policy Implementation

During the Coronavirus (Covid-19) Pandemic in Indonesia. Jurnal Administrasi Kesehatan

Indonesia, 8(2), 15.

Hamrat, N., Hidayat, D. R., & Sumantri, M. S. (2019). Dampak stres akademik dan cyberloafing

terhadap kecanduan smartphone. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 13.

https://doi.org/10.29210/120192324

http://dx.doi.org/10.1016/j.neuropsychologia.2015.07.010%0Ahttp://dx.doi.org/10.1

/j.visres.2014.07.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.humov.2018.08.006%0Ahttp:

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24582474%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.gaitpost.2

12.007%0Ahttps:

https://doi.org/10.20473/jaki.v8i2.2020.15-20

https://doi.org/10.24014/jel.v11i1.8961 Musabiq, S., & Karimah, I. (2018). Gambaran Stress dan

Dampaknya Pada Mahasiswa.

Ilham Khairi Siregar & Sefni Rama Putri. (2019). Hubungan Self-Efficacy dan Stres Akademik

Mahasiswa. Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 6(2), 91.

https://doi.org/10.37064/consilium.v6i2.6386

Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 20(2), 74. https://doi.org/10.26486/psikologi.v20i2.240

Livana PH, M. Fatkhul Mubin, & Yazid Basthomi. (2020). Penyebab Stres Mahasiswa Selama

Pandemi Covid-19. Jurnsl Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203–208.

Mirna Purwati & Amalia Rahmandani. (2018). Hubungan Antara Kelekatan Pada Teman Sebaya

Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Teknik Perencanaan Wilayah Dan Kota Universitas

Diponegoro Semarang. Jurnal Empati. 7(2), 28-39.

Moawad, R. A. (2020). Online Learning during the COVID- 19 Pandemic and Academic Stress in

University Students. Revista Romaneasca Pentru Educatie Multidimensionala, 12(1Sup2), 100–

https://doi.org/10.18662/rrem/12.1sup2/252

Mulia Sosiady & Ermansyah. (2020). Analisis Dampak Stres Akademik Mahasiswa Dalam

Penyelesaian Tugas Akhir ( Skripsi ) ( Studi Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Uin

Sultan Syarif Kasim Riau Dan Univeristas Internasional Batam Kepulauan Riau ). Jurnal ELRIYASAH,

(1),

Nur

Mawakhira

Yusuf

dan

Jannatul

Ma‘wa

Yusuf. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Stres

Akademik. Psyche 165 Journal, 13(02), 235–239. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v13i2.84

Puspitha, F. C., Sari, M. I., & Oktaria, D. (2018). Hubungan Stres Terhadap Motivasi Belajar

Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung The Relation Between

Stress and Learning Motivation of First Year Medical Student in Medical Faculty Of Lampung

University. Majority, 7(3), 24–33.

Ramli. Nur Hamizah, Masoumeh Alavi, Seyed Abolghasem Mehrinezhad dan Atefeh Ahmadi. (2018).

Academic stress and self-regulation among university students in Malaysia: Mediator role of

mindfulness. Behavioral Sciences, 8(1). https://doi.org/10.3390/bs8010012

Subramani & Kadhiravan. (2017). Psychology: Academic Stress and Metal Health Among High

School Students.

Indian Journal Of Applied Research, 7(5), 404–406.

https://www.academia.edu/download/53462700/file.pdf

Taylor. (2003). Health Psychology (5

th

ed.). Mc Graw-Hill.

Tian Belawati. (2019). Pembelajaran Online. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka. Vicky Rizki

Amalia & Fuad Nashori. (2021). Hubungan Antara Religiusitas Dan Efikasi Diri Dengan Stres

Akademik Mahasiswa Farmasi. Psychosophia: Journal of Psychology, Religion,

and

Humanity, 3(1), 36–55. https://doi.org/10.32923/psc.v3i1.1702

Downloads

Published

2021-12-09