KESADARAN STRES AKADEMIK SELAMA PEMBELAJARAN DARI RUMAH
Keywords:
Stres Akademik, Faktor Stres Akademik, Mahasiswa, Covid-19Abstract
Stres akademik sering dialami mahasiswa karena banyaknya tuntutan akademik yang terkadang melebihi kemampuan pada diri individu tersebut. Banyak faktor yang dapat menyebabkan stres akademik pada mahasiswa. penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik pada mahasiswa. Penelusuran literatur menggunakan media publish or perish melalui google scholar, google
scholar profile, crossref, pubmed, microsoft academic, scopus, web science dengan menggunakan kata kunci stres akademik, academic stress, faktor stres akademik, covid-19. Strategi penelusuran penelitian ini termasuk
jenis literature review atau tinjauan pustaka. Studi literatur (literature review) merupakan penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti dengan cara mengumpulkan beberapa sumber seperti: buku, jurnal, atau website yang
bersangkutan dengan masalah dan tujuan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif analisis deskriptif. Hasil studi menunjukkan bahwa selama pandemi covid-19 (pembelajaran dari rumah) terjadinya stres
akademik tidak hanya dipengaruhi oleh faktor dalam diri individu (internal), tetapi juga dapat dipengaruhi oleh faktor dari luar (eksternal). Faktor internal terdiri dari: regulasi diri, mindfulness, self-efficacy, serta religiusitas
individu, sedangkan faktor eksternal terdiri dari: dukungan sosial teman sebaya.
Â
References
Ade Chita Putri Harahap, Dinda P. Harahap & Damsul R. Harahap. (2020). Analisis Tingkat Stres
Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19. Biblio Couns :
Jurnal
Kajian
Konseling Dan
Pendidikan,
(1),
–14.
https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i1.4804
Busari, A. O. (2011). Validation of student academic stress scale (SASS). European Journal of Social
Sciences, 94–105.
De la Fuente, J., Peralta-Sánchez, F. J., MartÃnez-Vicente, J. M., Sander, P., Garzón- Umerenkova, A.,
& Zapata, L. (2020). Effects of Self-Regulation vs. External Regulation on the Factors and
Symptoms of Academic Stress in Undergraduate Students. Frontiers
in Psychology,
(August), 1–14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.01773
Dwi Annisa (2021, 16 September) Situasi Terkini Perkembangan Coronavirus Disease (Cvid-19).
https://covid19.kemkes.go.id. Diakses pada 20 September 2021.
Ervina Panca Prasasti. (2021). Strategi Coping Stress Mahasiswa yang Menyusun Skripsi pada Masa
Pandemi Covid-19. Ums.
Fachry Ahsany. Ahmad Faiz Alamsyah. Sholahuddin Al-Fatih. (2020) Legal Protection Of Labor
Rights During The Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Pandemic. Jurnal Pembaharuan
Hukum. 7(2). 100-115.
Febri Endra Setyawan &Retno Lestari. (2020). Challenges of Stay-At-Home Policy Implementation
During the Coronavirus (Covid-19) Pandemic in Indonesia. Jurnal Administrasi Kesehatan
Indonesia, 8(2), 15.
Hamrat, N., Hidayat, D. R., & Sumantri, M. S. (2019). Dampak stres akademik dan cyberloafing
terhadap kecanduan smartphone. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 13.
https://doi.org/10.29210/120192324
http://dx.doi.org/10.1016/j.neuropsychologia.2015.07.010%0Ahttp://dx.doi.org/10.1
/j.visres.2014.07.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.humov.2018.08.006%0Ahttp:
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24582474%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.gaitpost.2
12.007%0Ahttps:
https://doi.org/10.20473/jaki.v8i2.2020.15-20
https://doi.org/10.24014/jel.v11i1.8961 Musabiq, S., & Karimah, I. (2018). Gambaran Stress dan
Dampaknya Pada Mahasiswa.
Ilham Khairi Siregar & Sefni Rama Putri. (2019). Hubungan Self-Efficacy dan Stres Akademik
Mahasiswa. Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 6(2), 91.
https://doi.org/10.37064/consilium.v6i2.6386
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 20(2), 74. https://doi.org/10.26486/psikologi.v20i2.240
Livana PH, M. Fatkhul Mubin, & Yazid Basthomi. (2020). Penyebab Stres Mahasiswa Selama
Pandemi Covid-19. Jurnsl Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203–208.
Mirna Purwati & Amalia Rahmandani. (2018). Hubungan Antara Kelekatan Pada Teman Sebaya
Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Teknik Perencanaan Wilayah Dan Kota Universitas
Diponegoro Semarang. Jurnal Empati. 7(2), 28-39.
Moawad, R. A. (2020). Online Learning during the COVID- 19 Pandemic and Academic Stress in
University Students. Revista Romaneasca Pentru Educatie Multidimensionala, 12(1Sup2), 100–
https://doi.org/10.18662/rrem/12.1sup2/252
Mulia Sosiady & Ermansyah. (2020). Analisis Dampak Stres Akademik Mahasiswa Dalam
Penyelesaian Tugas Akhir ( Skripsi ) ( Studi Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Uin
Sultan Syarif Kasim Riau Dan Univeristas Internasional Batam Kepulauan Riau ). Jurnal ELRIYASAH,
(1),
Nur
Mawakhira
Yusuf
dan
Jannatul
Ma‘wa
Yusuf. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Stres
Akademik. Psyche 165 Journal, 13(02), 235–239. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v13i2.84
Puspitha, F. C., Sari, M. I., & Oktaria, D. (2018). Hubungan Stres Terhadap Motivasi Belajar
Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung The Relation Between
Stress and Learning Motivation of First Year Medical Student in Medical Faculty Of Lampung
University. Majority, 7(3), 24–33.
Ramli. Nur Hamizah, Masoumeh Alavi, Seyed Abolghasem Mehrinezhad dan Atefeh Ahmadi. (2018).
Academic stress and self-regulation among university students in Malaysia: Mediator role of
mindfulness. Behavioral Sciences, 8(1). https://doi.org/10.3390/bs8010012
Subramani & Kadhiravan. (2017). Psychology: Academic Stress and Metal Health Among High
School Students.
Indian Journal Of Applied Research, 7(5), 404–406.
https://www.academia.edu/download/53462700/file.pdf
Taylor. (2003). Health Psychology (5
th
ed.). Mc Graw-Hill.
Tian Belawati. (2019). Pembelajaran Online. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka. Vicky Rizki
Amalia & Fuad Nashori. (2021). Hubungan Antara Religiusitas Dan Efikasi Diri Dengan Stres
Akademik Mahasiswa Farmasi. Psychosophia: Journal of Psychology, Religion,
and
Humanity, 3(1), 36–55. https://doi.org/10.32923/psc.v3i1.1702