SISTEM PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS RESEARCH: STUDI PROYEKSI IAIN PAREPARE
Keywords:
pembelajaran, literasi, digital, riset, perguruan tinggiAbstract
Pandemic Covid-19 dan revolus industry 4.0 telah berimplikasi kepada system pembelajaran pada dunia
Pendidikan, tidak terkecuali di perguruan tinggi, terutama di IAIN Parepare. System pembelajaran mengalami
transformasi dari konvensional menuju digital, berimplikasi pada shock cultural oleh sebagian civitas
akademika. Pembelajaran digital merupakan suatu keharusan dan keniscayaan di era revolusi industry 4.0,
apalagi di tengah pandemic Covid-19. Digitalisasi pembelajaran dapat menjadi solusi atas kompleksitas
problematika kontemporer, dan dapat memudankan interaksi pembelajaran secara efektif, efisien, dan eligible.
Pendekatan riset dalam pembelajaran menjadi wahana dalam kontekstualisasi ilmu pengetahuan dan menjadi
problem solving atas permasalahan kehidupan social. Elaborasi pembelajaran digital berbasis riset saling
mendukung, memperkuat, dan mempercepat akselerasi ilmu pengetahuan serta meningkatkan mutu
pembelajaran. Metode penelitian ini adalah Research and Development dilaksanakan di IAIN Parepare. Tahapan
penelitian dimulai dari FGD, desain produk, validasi ahli, uji coba produk, verifikasi, publikasi dan
implementasi. Hasil penelitian menunjukkan IAIN Parepare relevan dalam implementasi pembelajaran digital
berbasis Iptek. Pembelajaran digital berbasis riset urgen direspon oleh IAIN Parepare agar dapat mengaktualisasi
doktrin Islam dan fungsional di tengah masyarakat. Model pembelajaran riset berbasis riset dimulai dari visi misi
tujuan dan sasaran, kurikulum program studi, profil dan CPL Program Studi, CPMK dan sub-CPMK mata
kuliah, bahan ajar berbasis digital, konten atau bahan ajar dilakukan secara riset, pendekatan berbasis SCL,
strategi pembelajaran mandiri, kontekstual, kolaboratif, tuntas, dan hasil riset melahirkan karya ilmiah,
selanjutnya dipublikasi pada jurnal bereputasi. IAIN Parepare sebagai kampus Islam, menekankan aspek ICT
dan kearifan lokal, dapat melahirkan gagasan autentik dan solutif di tengah disrupsi revolusi industry 4.0, dengan
mengimplementasikan pembelajaran digital berbasis riset.
References
Aditya, Maulana Yusuf (2018). ―Penerapan Google Classroom pada Pembelajaran Bahasa Inggris di
Lembaga Kursus Bahasa Inggris (e-Home dan Fun Learning) Kecamatan Bangkalan Kabupaten
Bangkalan‖, Jurnal “ELPEDUAEMâ€, Volume 4 Nomor 4, Desember.
Aji, Wisnu Nugroho. ―Model Pembelajaran Dick and Carrey dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Indonesia‖, Kajian Linguistik dan Sastra, Vol. 1 No. 2, Desember 2016, 119-126.
Aldoobie,. Nada. ADDIE model. American International Journal of Contemporary Research, 5 (6),
, p. 68-72.
Anis, Muhammad (2018). ―Perkuliahan Jarak Jauh di UI: Tak Hanya Soal Proses Transfer Materi‖,
Laporan Majalah Ristekdikti, Vol. 8, No. I.
Asnawi, Noordin (2018). ―Pengukuran Usability Aplikasi Google Classroom Sebagai E-learning
Menggunakan USE Questionnaire (Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi UNIPMA)‖. Journal of
Computer, information system, & technology management , Vol. 1, No. 2. April, Pages 17-21.
Fandianta, Guardian Yoki Sanjaya, dan Widyandana (2013). ―Meningkatkan Pengetahuan Mahasiswa
Dengan Memberikan Fleksibilitas Belajar Mengajar Melalui Metode Blended Learning‖ Jurnal
Pendidikan Kedokteran Indonesia, Vol. 2, No. 2, Juni.
Gall, Meredith D., Joyce P. Gall, & Walter R. Borg (2003). Educational Research an Introduction.
Seventh Edition. Boston: Pearson Education, Inc.
Green, Alison Good Practice Guide on Research Based Learning, Grifith Institute For Higher
Education (GIHE), visit: www.giffith.au.edu/gihe
Griffith Institute for Higher Education (2008). Research-based learning: strategies for successfully
linking teaching and research. University of Griffith.
Hardika, dkk., Transformasi Belajar Generasi Milenial. Malang: Universitas Negeri Malang, 2018
Harto, Kasinyo. (2018). ―Tantangan Dosen PTKI di Era Industri 4.0‖. Jurnal Tatsqif. Volume 16. No.
Juni.
Iswan dan Herwina (2018). ―Penguatan Pendidikan Karakter Perspektif Islam Dalam Era Millenial IR.
0.‖, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Era Industri, Universitas Muhammadiyah
Yogyakarta, 24 Maret.
Junaidi, Aris, dkk. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Di Era Revolusi
Industri 4.0 Untuk Mendukung Kampus Merdeka-Merdeka Belajar. Edisi IV. Jakarta:
Dirjendikti Kemendikbud RI.
Mayer, Richard E. (2009). Multimedia Learning, terjemahan Teguh Wahyu Utomo, Multimedia
Learning: Prinsip-prinsip dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
McGriff, Steven J., Instructional system design (ISD): Using the ADDIE model. Retrieved June, 10
(2003), 513-553.
Permenristekdikti RI. Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
Prastowo, Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu Implementasi
Kurikulum 2013 untuk SD/MI. Jakarta: Kencana, 2015
Putri S, Dhia Ghina Ramadhani (2017). ―Communication Effectiveness of Online Media Google
Classroom in Supporting the Teaching And Learning Process at Civil Engineering University of
Riau‖. JOM FISIP, Volume 4 No.01 Februari.
Rangkuti, Ahmad Nizar. Pembelajaran Berbasis Riset di Perguruan Tinggi‖, Prosiding Batusangkar
International Conference I, 15-16 October 2016, h. 141-152
Rekomendasi FGD yang dilaksanakan di Parepare pada tanggal 16 September 2021.
Riyana, Cepi (2021). Materi Power Presentation, dalam Workshop oleh Indonesia Approach
Education dengan tema "Bimbingan Online Pembuatan Bahan Ajar Digital" yang
diselanggarakan pada tanggal 4, 5, 6 dan 7 Oktober (via Daring).
Saide, Muh. Duwana dan Nur Thahirah Umajjah, ―Perguruan Tinggi Islam Berbasis Riset
Menyongsong Bonus Demografi Indonesia 2045‖, Al-Hikmah: Jurnal Dakwah, Volume 12,
Nomor 1, Tahun 2018, h. 117-130.
Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana. 2008.
Sihite, Mislan. ―Peran Kompetensi dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Berdaya Saing
Tinggi Di Era Revolusi Industri 4.0: Suatu Tinjauan Konseptual‖, Jurnal Ilmiah Methonomi,
Volume 4 Nomor 2, 2018, h. 145-159.
Slameto, ―Pembelajaran Berbasis Riset Mewujudkan Pembelajaran yang Inspiratif‖, Satya Widya, Vol.
, No.2. Desember 2015, h. 102-113.
Staron. M. (2014). Life-Based Learning Model – A Model For Strengt-Based Approaches to
Capability Development and Implications for Personal Development Planning. Australian
Government Department for Education Science and Training and TAFE NSW Available on-line
at:http://learningtobeprofessional.pbworks.com/w/page/32893040/Life-based-learning Accessed
/12/2014.
Studi Dokumen Kurikulum Program Studi dalam Lingkup Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare, 18-25
September 2021.
Subekti, H., Susilo, H., Ibrohim, & Suwono, H. (2017). ―Patrap Triloka Ethno-Pedagogy With
Research-Based Learning Settings to Develop Capability of Pre-Service Science Teachers:
Literature Review‖. Paper presented at the 1 st International Conference on Mathematics,
Science, and Education (ICoMSE). Malang.
Subekti, Hasan, ―Representasi Penggunaan Media Digital dan Pembelajaran Berbasis Penelitian:
Sebuah Survey untuk Mengukur Prilaku pada Mahasiswa Baru di Program Studi Pendidikan
Sains UNIESA‖, Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, Vol.1 No.1 2016, h. 7-12.
Sugiyono (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Cet. IV; Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Cet. I;
Bandung: Alfabeta.
Supriyatno, Triyo, Sudiyono, Moh. Padil (2006). Pengantar pada Strategi Pembelajaran Partisipatori
di Perguruan Tinggi. Cet. I; Malang: UIN-Malang Press.
Sutisna, Anan (2016). ―Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning pada Pendidikan
Kesetaraan Program Paket C dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar‖, Jurnal Teknologi
Pendidikan, Vol. 18, No. 3 Desember.
Sutrisno (2021). Guru Besar Pendidikan Agama Islam, Wawancara, Daring, 28 September.
Yuliana, F. H., Fatimah, S., Barlian, I, ―Pengembangan Bahan Ajar Digital Interaktif dengan
Pendekatan Kontekstual pada Mata Kuliah Teori Ekonomi Mikro‖, Jurnal PROFIT, 8 (1) 2021,
-46.