PENERAPAN ZD SOFT SCREEN RECORDER TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PAP & PAN DI ERA NEW NORMAL

Aan Widiyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar materi PAP & PAN antara pembelajaran menggunakan aplikasi ZD Soft Screen Recorder dengan aplikasi lain. Jenis penelitian bersifat quasi eksperimen. Teknik penentuan sampel menggunakan sampel jenuh yang mana semua anggota populasi digunakan menjadi sampel, yaitu 73 mahasiswa di kelas 5PGSDA1 dan 5PGSDA2 pada semester ganjil tahun ajaran 2020/ 2021. Teknik analisis data menggunakan uji ANCOVA dengan taraf signifikansi 0,05 yang didahului uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kenaikan hasil pretest dan posttest pada kelas eksperiman sejumlah 19,9% dan kelas kontrol 14,8%. Untuk data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis ditemukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar materi PAP & PAN antara pembelajaran menggunakan aplikasi ZD Soft Screen Recorder dengan aplikasi lain dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penggunan aplikasi ZD Soft Screen Recorder dapat digunakan ebegai sarana media pembelajaran yaang memudahkan bagi mahasiswa dalam memahami materi perkuliahan.


Keywords


ZD Soft Screen Recorder, Materi PAP & PAN, Era New Normal

Full Text:

PDF

References


Alfath, K., & Raharjo, F. F. (2019). Teknik Pengolahan Hasil Asesmen: Teknik Pengolahan Dengan Menggunakan Pendekatan Acuan Norma (PAN) dan Pendekatan Acuan Patokan (PAP). Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, Vol. 8(No. 1), 1–28. file:///C:/Users/ACER/Downloads/105-190-1-SM.pdf

Arifin, Z. (2015). Evaluasi Pembelajaran Penulis. In Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Asrul, Ananda, R., & Rosinta. (2014). Evaluasi Pembajalaran. In Ciptapustaka Media.

Dinata, F. R. (2020). Al-Hikmah Way Kanan : Teknik Pengolahan Hasil Asesmen Pendidikan Agama Islam ( Penentuan Standar Asesmen , Teknik Pengolahan dengan Menggunakan Pendekatan Penilaian Acuan Patokan ( PAP ), dan Acuan Norma ( PAN ) di SMK Muhammadiyah Mlati Yogyakarta ) Proc. 8–24.

Nurbayani, E. (2012). Penilaian Acuan Patokan (PAP) Di Perguruan Tinggi (Prinsip dan Operasionalnya). Penilaian Acuan Patokan (PAP) Di Perguruan Tinggi (Prinsip Dan Operasionalnya).https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/dinamika_ilmu/article/ view/33/32

Ratna Pangastuti & Kusnul Munfa`Ati. (2018). PENILAIAN ACUAN NORMA, PENILAIAN ACUAN PATOKAN, KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL DI MADRASAH IBTIDAIAH AN-NUR PLUS JUNWANGI KRIAN SIDORAJO JAWA TIMUR. Jurnal Pendidikan Islam Tingkat Dasar (Al-Awlad), Vol 8(No 2), 202–217.

Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177. https://doi.org /10.36232/pendidikan.v8i2.458


Refbacks

  • There are currently no refbacks.