PROFIL KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DI MASA PANDEMI COV-19

Fury Styo Siskawati, Fitriana Eka Chandra, Tri Novita Irawati

Abstract


Berawal dari meledaknya masalah terkait pandemic COV-19 yang membawa nuansa baru dalam dunia pendidikan kini menjadi masalah besar. Pendidikan tidak lagi dilaksanakan secara tatap muka bertemu dan berhadapan langsung tetapi melalui media baik HP, komputer atau perangkat teknologi lainnya. Model pembelajaran yang semacam ini selanjutnya dinamai pembelajaran daring. Dalam prakteknya pembelajaran daring yang seharusnya memberikan dampai terhadap peningkatan kemampuan literasi numerasi menjadi tidak tercapai. Ketidak tercapaian ini terjadi karena bayak kekurang salah satu yang dirasa penting yaitu belum dipahaminya dengan jelas terkait kemampuan literasi numerasi dan kegunaannya serta penerapannya. Berawal dari kondisi tersebut dilakukan penelitian studi literature dengan subjeknya berupa beberapa artikel terkait kemampuan literasi numerasi, dan pandemi COV-19. Dengan metode pengumpulan datanya yaitu dokumentasi dan nstrumennya berupa artikel sedangkan analisis datanya menggunakan teori Milles dan Hulberman yang meliputi reduksi data, penyajian dan penarikan simpulan. Setelah dilakukan penelitian selanjutnya hasil yang diperleh yaitu berupa definisi tentang kemampuan literasi numerasi serta indikator yang dapat digunakan untuk mngukur kemampuan literasi numerasi di msa pandemi COV-19.


Keywords


Literasi, Numerasi, Pandemi, COV-19

Full Text:

PDF

References


Anggrieni, Novika. Putri, Ratu Ilma Indra. 2018. Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelompok Kecil Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe PISA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahamad Dahlan. 472 – 481

Antoro, Billy. 2018. 21st Century Educator: Menyongsong Transformasi Pendidikan 4.0. KEMENDIKBUD: Jakarta

Faizah, Dewi Utami. Dkk. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta

Fiad, Uluf. Suharto. Kurniati, Dian. 2017. Identifikasi Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri 12 Jember Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space And Shape. Jurnal Kadikma. 08 (01): 72 – 78

Haerudin. 2018. Pengaruh Literasinumerasi Terhadap Perubahan Karakter Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. 401 – 409

Kemendikbud. 2017. Materi Pendukung Literas Numerasi. KEMENDIKBUD: Jakarta

Kemendikbud. 2020. Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran. KEMENDIKBUD: Jakarta

Mahmud, Muhammad Rifki. Pratiwi,Inne Marthyane. 2019. Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. Jurnal Kalamatika. 04 (01): 69 – 88

Pangesti, Fitranig Tyas Puji. 2018. Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal HOTS. Jurnal Ideal Mathedu. 05 (09): 565 – 575

Purwasih, Ratni. Sari, Novi Rahma. Agustina, Sopia 2018. Analisis Kemampuan Literasi Matematik Dan Mathematical Habits Of Mind Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Numeracy. 05 (01): 67 – 76

Ramadhan, Muhammad Syahrul. 2020. Pembelajaran Daring Meningkatkan Literasi dan Numerasi. Berita online dikutip dari https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/VNnX5MAk-pengamat-pembelajaran-daring-meningkatkan-literasi-dan-numerasi, diakses [21 Desember 2020]

Salim. Prajono, Rahmad. 2018. Profil Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas Viii1 SMP Negeri 9 Kendari. Jurnal Ideal Mathedu. 05 (09): 594 – 602

Saomah, Aas. 2005. Implikasi Teori Belajar Terhadap Pendidikan Literasi. Naskah elektronik dikutip dari file.upi.edu/PEND_DANTEORI_BELAJAR_DALAM_PENDIDIKAN_ LITERASI.pdf diakses [22 Desember 2020]

Sari, Rosalia Hera Novita. 2015. Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? Prosiding Seminar Nasional Matematika dana Pendidikan Matematika. 713 – 720


Refbacks

  • There are currently no refbacks.