TINDAK TUTUR GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI TEKS CERPEN KELAS IX SMP AL FALAH SURABAYA: TINJAUAN PRAGMATIK

Feri Indra Mustofa

Abstract


Bahasa merupakan kebutuhan paling mendasar dalam kehidupan manusia untuk berinteraksi secara tulis maupun lisan. Pada kegiatan belajar mengajar, tentu sangat dibutuhkan bahasa yang mudah dipahami baik guru maupun siswa. Hal ini merupakan sarana guru terhadap siswa dan juga sebaliknya guna menyambung komunikasi ketika pembelajaran. Saat ini kegiatan belajar mengajar sudah beralih dari tatap muka ke daring, tentu adanya pergeseran jenis bahasa dan implikasi tujuan dari tindak tutur itu senidiri. Penelitian ini penting dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan: a) Tindak tutur yang digunakan guru dan siswa dalam pembelajaran daring pada materi teks cerpen kelas IX SMP Al Falah Surabaya, (2) Implikasi tujuan yang terkandung dalam tindak tutur guru dan siswa dalam pembelajaran daring pada materi teks cerpen kelas IX SMP Al Falah Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik observasi partisipasi aktif (active participation) dan metode simak. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan metode interaktif. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan hal-hal sebagai berikut: Jenis tindak tutur yang ditemukan dalam penelitian ini meliputi: (a) Lokusi (b) Ilokusi (c) Perlokusi (d) Representatif (e) Direktif. Temuan dilihat dari implikasi tujuan terdapat unsur: (a) Pertanyaan (b) Pertanyaan dan keterangan (c) Keinginan,
(d) Menunjukkan (e) Menyuruh.


Keywords


bahasa, tindak tutur, guru dan siswa, pembelajaran daring.

Full Text:

PDF

References


Chaer, A. & Agustina L. 2004. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rinaka Cipta.

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/jjheduc.2013.06.002

Heavenlin, N. R. 2019. Pembelajaran Menulis Teks Tanggapan Kritis Pada Siswa Kelas IX SMPN 8 Pontianak [Artikel Penelitian]. Pontianak: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura.

Kuntarto, E. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1): 99-110.

Leech, Geoffrey. 2011. Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia.

Mahsun, M.S. 2007. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan strategi, metode dan tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Makarim, N.A. (2020). Dalam KEMENDIKBUD RI (2020). Keterangan Pers: Penyelenggaraan Pembelajaran Tahun Ajaran & Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19 [Video Youtube]. Diakses melalui https://www.youtube.com/watch?v=-P9twRgPtSY, 1 Agustus 2020

Moleong, Lexy. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ramadhanti Dina. & Basri, Irfan. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Cerpen Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Siswa Kelas IX SMP Negeri Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelaran, 2 (3): 46-57.

Reykhani, S. P. 2019. Teks Diskusi Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di SMP Negeri 3 Majalengka. Jurnal Meta Bahasa, 2(2): 16.

Rohmadi, M. & Sudhono, K. 2019. Kajian Pragmatik (Peran Konteks Sosial, dan Budaya dalam Tindak tutur di Pacitan). Surakarta: Yuma Pustaka.

Rohmadi, M. 2017. Pragmatik (Teori & Analisis). Surakarta: Yuma Pustaka.

Sadikin, A., & Hamidah, A. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi, 6(2): 214-224.

Setiawati, Desi. 2014. Pembelajaran Keterampilan Tata Rias Wajah dan Salon Dalam Program Kesetaraan Paket B di PKBM Jayagiri Palembang [Skripsi]. Bandung: Fakultas Ilmu Pedidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Tehnik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana. Kebudayaan secara Linguistik. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yule, George. 2014. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Yuniarto, A. Dwi. 2017. Bentuk Tindak Tutur Ilokusi Dalam Program Sentilan Sentilun [Skripsi]. Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata.

Wijana, I. D. Putu. 1996. Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.