WHATSAPP GROUP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DARING DI MASA PANDEMI: SEBUAH KAJIAN TEORI
Keywords:
WhatsApp Group, Pembelajaran Daring Bahasa Inggris, Media PembelajaranAbstract
Pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 ini menjadi tantangan bagi seluruh guru dan siswa agar tetap bisa mencapai tujuan pembelajaran secara optimal, termasuk dalam mencapai kompetensi komunikasi bahasa Inggris. Salah satu alternatif teknologi pembelajaran yang bisa dimanfaatkan adalah penggunaan aplikasi WhatsApp Group dalam pembelajaran bahasa Inggris secara daring. Aplikasi ini dinilai memiliki banyak keunggulan yang bisa dioptimalkan untuk merancang berbagai kegiatan pembelajaran bahasa Inggris dengan lebih menarik dan menyenangkan untuk siswa. Berbagai strategi atau teknik pembelajaran bisa dilakukan oleh guru dan siswa dengan pemanfaatan fitur-fitur pada WhatsApp Group seperti sharing document, photo, audio/video file, emoji yang beragam, voice note, dan audio/video call conference, serta dukungan kuota internet yang tidak terlalu membebani dari segi biaya. Dalam artikel ini menulis memaparkan berbagai hasil riset dalam penggunaan aplikasi WhatsApp Group, strategi pembelajaran yang dapat dilaksanakan, serta keunggulan dan kelemahan yang dimiliki aplikasi ini dalam proses kegiatan belajar guru dan siswa
References
Afnibar, & Fajriani, Dila. (2020). Pemanfaatan Whatsapp sebagai Media Komunikasi antara Dosen dan Mahasiswa dalam Menunjang Kegiatan Belajar. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam. Vol 11(1), diakses pada 21 Desember 2020 dari https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/almunir
Ahmed, Sabri TS. 2019. WhatsApp and Learn English: a Study of the Effectiveness of WhatsApp in Developing Reading and Writing Skills in English. ELS Journal on Interdisciplinary Studies on Humanities. Vol 2 Issue 2, diakses pada tanggal 22 Desember 2020, dari https://journal.unhas.ac.id/index.php/jish/article/view/6419
Alqahtani, M. S., Bhaskar, C. V., Vadakalur Elumalai, K., & Abumelha, M. (2018). WhatsApp: An Online Platform for University-Level English Language Education. Arab World English Journal, Vol 9(4) diakses pada tanggal 21 Desember 2020 dari https://doi.org/10.24093/awej/vol9no4.7
Dewi, Septi Riana. 2019. Utilizing WhatsApp Application for Teaching Integrated English (a Case Study at University of Technology Yogyakarta). Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol 9(2), diakses pada tanggal 22 Desember 2020, dari http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE
Downes, Colm. 2020. Emergency Remote Teaching Using WhatsApp and Emojis. iTELL Webinar Series Season 1. Diakses pada tanggal 25 April 2020 dari https://itell.or.id/british-council-itell-webinar-series/
Grover, S., Garg, B., & Sood, N. (2020). Introduction of Case-based Learning aided by WhatsApp Messenger in Pathology Teaching for Medical Students. Journal of Postgraduate Medicine. Diakses pada tanggal 20 Desember 2020 dari https://doi.org/10.4103/jpgm.JPGM_2_19
Haines, Philip. 2016. 25 Ideas for Using WhatsApp with English Language Students. Oxford University Press ELT, diakses pada tanggal 21 Desember 2020 dari https://oupeltglobalblog.com/2016/05/17/25-ideas-for-using-whatsapp-with-english-language-students/
He, W., Xu, G., & Kruck, S. (2014). Online IS Education for the 21st Century . Journal of Information Systems Education
Jasrial, Dedi. 2019. Utilizing WhatsApp Application for Teaching English Language: Why and How? International Seminar and Annual Meeting BKS-PTN Wilayah Barat. Vol 1. (1). Diakses pada tanggal 22 Oktober 2020 dari http://conference.unsri.ac.id/ index.php/semirata/article/view/1098
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110. 10.24235/ileal.v3i1.1820
Linda & Ri’aeni, Ida. 2018. WhatssApp Messenger as a Mobile Media to Learn Writing for EFL Students. Jurnal Ilmu Komunikasi Efek. Vol 1(2), diakses pada tanggal 22 Oktober 2020 dari https://e-journal.umc.ac.id/index.php/jike/article/view/156
Mandasari, Yuyun P, & Wulandari, Eka. 2020. Online-English Learning for Nursing Students in the Times of COVID 19 Pandemic (Perceptions and Challenges in ERT Context). Prosiding Seminar Nasional Industri Bahasa 2020. Jakarta: PNJ Press
Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/jiheduc.2010.10.001.
Nabila, Reny & Kartika, Tina. 2020. Whatsapp Grup sebagai Media Kuliah Online. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol 4(2). Diakses pada tanggal 20 Desember 2020 dari http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/interaksi/article/view/4595
Napratilora, Martina, et.al. 2020. Using WhatsApp as a Learning Media in Teaching Reading. Jurnal Kependidikan MI, Vol 6(2), diakses pada tanggal 21 Desember 2020 dari https://ejournal.stai-tbh.ac.id/index.php/mitra-pgmi/article/view/129
Nurazizah, Hega. 2019. WhatsApp Voice Note in Speaking Class. Journal of English Education and Teaching. Vol 3(3), diakses pada tanggal 22 Desember 2020 dari DOI: https://doi.org/10.33369/jeet.3.3.343-360
Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Disajikan dalam Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).
Perdamean, AS. 2019. WhatsApp as a German Language Learning Media. International Seminar and Annual Meeting BKS-PTN Wilayah Barat. Vol 1. (1). Diakses pada tanggal 22 Oktober 2020 dari http://conference.unsri.ac.id/index.php/semirata/article/view/1098
Prajana, Andika. 2017. Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp dalam Media Pembelajaran di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi: Cyberspace. Vol 1 No 2. Diakses pada tanggal 20 Desember 2020 dari https://jurnal.ar-raniry.ac.id /index.php/cyberspace/article/view/1980/pdf
Shodiq, Imam J. & Zainiyati, Salamah H. 2020. Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Whatsapp Sebagai Solusi di Tengah Penyebaran COVID 19 di MI Nurulhuda Jelu. Al-Insyiroh: Jurnal Keislaman. Vol 6 No 2, September 2020, diakses pada tanggal 21 Desember 2020 dari http://ejournal.kopertais4.or.id/madura /index.php/alinsyiroh/article/download/3946/2877
Susilawati, Samsul & Supriyatno, Triyo. 2020. Online Learning through WhatsApp Group in Improving Learning MOtivation in the Era and Post Pandemic COVID-19. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol 5(6), diakses pada tanggal 22 Oktober 2020 dari http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Susilowati, Eka. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid 19 melalui Grup Whatsapp?. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. Vol 5(3). Diakses pada tanggal 20 Desember 2020 dari https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/12896
Utomo dan Ubaidillah. 2018. Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp pada pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mata Kuliah Akuntansi Internasional di Universitas PGRI Madiun. Jurnal Teknologi Pendidikan 6, no. 2. Diakses pada tanggal 20 Desember 2020 dari https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/issue/view/13
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta
Wijaya, Armeria. 2018. Students’ Responses Toward the Use of WhatsApp in Learning. Journal of Teaching & Learning English in Multicultural Contexts. Vol 2(1), diakses pada tanggal 22 Oktober 2020 dari http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/tlemc/article/view/489
Wijayanti, Anita & Gunawan, YB. 2018. Students’ Perceptions towards The Utilization of WhatsApp for Vocabulary Teaching and Learning. ADJES (Ahmad Dahlan Journal of English Studies) Vol 5 (2). ISSN: 2477-2879. Diakses pada tanggal 22 Oktober 2020 dari http://dx.org/10.26555/adjes.v5i2.10462