TANTANGAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS, NASIONALIS, DAN MANDIRI PADA MASA NEW NORMAL

Akhid Ilyas Alfatah, Mulyani Rahayu, Ahmad Fikri Sabiq

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tantangan dari pendidikan karakter religius, nasionalis, dan mandiri pada masa new normal yang ada di SD Plus Tahfizhul Quran (PTQ) Annida. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah di SD Plus Tahfizhul Quran (PTQ) Annida Salatiga. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif, dengan model analisa taksonomi yang didasarkan fokus pada domain, dan hanya satu karakteristik yang sama. Untuk menjaga keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi dan melakukan verifikasi kepada pihak-pihak terkait. Implementasi pendidikan karakter religius, nasionalis, dan mandiri dilaksanakan melalui berbagai kegiatan di kelas, di satuan pendidikan formal dan nonformal, serta di luar satuan pendidikan. Selain itu juga dengan pengintegrasian ke dalam pembelajaran di kelas. Dalam pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19 ini, terdapat banyak kendala dalam pelaksanaan pendidikan karakter karena siswa tidak berada di sekolah dan guru tidak bisa mendampingi dan memantau kegiatan siswa. Guru dan sekolah berupaya memberikan alternatif solusi dengan komunikasi intens dengan orang tua, memberikan motivasi, memanfaatkan buku penghubung atau buku komunikasi, serta dengan home visit atau kunjungan oleh guru ke rumah siswa.


Keywords


Pendidikan Karakter, Religius, Nasionalis, Mandiri

Full Text:

PDF

References


Alfatah, A. I. (2020). Implementasi Kebijakan Program Sekolah Sahabat Keluarga Bidang Budi Pekerti Aspek Tanggung Jawab pada Siswa Islam di SMP Negeri 7 Salatiga. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. IAIN Salatiga.

Anshori, I. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Halaqa: Islamic Education Journal, 1 (2).

Atsani, Lalu Gede Muhammad Zainuddin. (2019). KONTRUKSI NASIONALISME RELIGIUS: “Narasi Cinta Kebangsaan Religius dalam Karya Sastra Maulana al-Syaikh Tuan Guru Kiai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid”. Jurnal Al-Amin: Kajian Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 4 (2).

Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2005). Character Education: Parents as Partners. Educational Leadership, 63 (1), 64-69.

Budhiman, A. (2017). Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Daryanto, S. D. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, W. A. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Educatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 2 (1) , 55-61.

Fabre-Bernal, C., Gordillo-Montaño, M. J., Remesal-Cobreros, R., & Sánchez-Robles, C. (2019). “Great responders and recovery”. Clozapine Associated to Granulocyte Colony Stimulating Factor. Actas Esp Psiquiatr, 47 (2), 70-8.

Hamalik, O. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran Edisi 1. Bumi Aksara, Jakarta.

Kemdikbud. (2017). Kemdikbud. Dipetik Agustus 4, 2020, dari Kemdikbud: http://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional.

Kurniawan, S. (2017). Pendidikan Karakter dalam Islam Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan Karakter Anak Berbasis Akhlaq al-Karimah. Tadrib, 3 (2), 197-216.

Larasati, E. D. (2017). Pendidikan Karakter Mandiri Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 5 Tahun ke-6.

Listyarti, R. (2012). Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif, dan Kreatif. Jakarta: Erlangga, 4, 1.

Maryono, et.al. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3 (1).

Mulyahati, R. F. (2018). Desain Inkuiri Moral Dalam Pembentukan Karakter Nasionalis Siswa SD Bunga. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 2 (2).

Sabiq, A. F. (2020). Persepsi Orang Tua Siswa tentang Kegiatan Belajar di Rumah sebagai Dampak Penyebaran Covid 19. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya 4 (1), 01-07.

----------------. (2020). Persepsi Orang Tua Siswa tentang Pembelajaran Tatap Muka pada Era New Normal Pandemi Covid-19. Journal of Islamic Education Research 1 (3).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekaan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sulistyowati, E. (2012). Implementasi Kurikulum Pendidikan karakter. Yogyakarta: Citra Aji Parama.

Sumiana, S., Shanty, I. L., & Pujiastuti, I. (2020). Kemahiran Membaca Pemahaman Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2020. Student Online Journal (SOJ) UMRAH-Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1 (1), 193-198.

Sunadi, L. (2013). Pengaruh motivasi belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1 (3).

Suwandi, I. K. & Sari, I. P. (2017). Analisis Karakter Nasionalisme Pada Buku Teks Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 Kelas I SD. Elementary School, 4 (2).

Utami, A. T. (2014). Pelaksanaan Nilai Religius dalam Pendidikan Karakter di SD Negeri 1 Kuntowinangun Kebumen. Skripsi. Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, PGMI, UNY, Yogyakarta.

Wulandari, D. A, et.al. (2018). Implementasi Pendekatan Metode Montessori Dalam Membentuk Karakter Mandiri Pada Anak Usia Dini. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 4 (2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.