IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA ERA PAMDEMIK COVID 19 DI SD INSAN MANDIRI BANDAR LAMPUNG

Tri Mulyanto, Aida Hayani, Agung Ilham Prastowo

Abstract


Penelitian ini difokuskan di SD Insan Mandiri Bandar Lampung. Tujuan penlitian ini adalah untuk mengetahui implementasi penguatan pendidikan karakter pada era pendemik covid 19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, yaitu pendekatan yang digunakan untuk menggambarkan suatu keadaan dengan cara mencari informasi melalui kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini, Kepala Sekolah, Wakakurikulum dan guru yang terkait dengan implementasi pendidikan karakter. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penerikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pendidikan karakter pada era pandemik covid 19 masih tetap eksis berbasis daring dengan kerjasama orang tua dan semua civitas akademika SD Insan Mandiri untuk menciptakan budaya religius, kemandirian, nasionalis, gotong royong,dan integritas yang diramu sesuai kapasitas kebutuhan siswa dalam pembelajaran. Seperti kegiatan shalat duha, tahfidz, 3s (senyum, salam, sapa), 3 m (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan), pengayaan literasi, yang dikawal oleh orang tua.


Keywords


Pendidikan, Karakter, Covid 19

Full Text:

PDF

References


Alfan Hilmi. 2018. Hari Pendidikan, KPAI: 84 Persen Siswa Alami Kekerasan Di Sekolah. https://nasional.tempo.co/read/1084922/hari-pendidikan-kpai-84-persen-siswa-alami-kekerasan-di-sekolah,.

Al-Mumayyaz. (2013). Al-Qur’an Tajwid Warna, Translitasi Perkata Terjemah Perkata. Jakarta: Cipta Bagus Segara.

Kalam, (2020). Al-Qur’an Surat Al- Ma’idah Ayat ke- 6. https://kalam.sindonews.com/ayat/ 6/5/al-maidah-ayat-6

Kemendikbud. (2017). Tiga Kegiatan dalam Sekolah Lima Hari: Intrakurikuler, Kokurikuler, dan Ekstrakurikuler. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/06/tiga-kegiatan-dalam-sekolah-lima-hari-intrakurikuler-kokurikuler-dan-ekstrakurikuler.

Lexy J. Moleong. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyanto, T. (2020). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PROFETIK DALAM PENDIDIKAN ISMUBA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK YOGYAKARTA. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 1-15.

Nyoman Kutha Ratna. (2010). Metodologi Penelitian; Kajian Budaya dan Ilmu Soial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Permendikbut. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud_ Tahun2018_Nomor20.pdf

S. Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2013) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wikipedia, (2019). Ekstrakurikuler - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Ekstrakurikuler.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.