DESAIN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS WEBSITE DI ERA NEW NORMAL

HT Gita Prima Agusta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model desain pembelajaran Blended Learning berbasis website . Blended learning adalah model pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dengan online learning. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif degan analisis deskriptif. Data diperoleh melalui studi literature, dokumentasi serta meminta pendapat para ahli terkait dengan model pembelajran yang diterapkan dalam pembelajaran di sekolah. Hasil penelitian berupa desain model pembelajaran degan kombinasi pembelajran tatap muka degan pemanfaatan website sesuai dengan mata pelajaran dan kompetensi pembelajaran di sekolah. Dengan demikian mengatasi delay information karena pembatasan jumlah siswa yang hadir tatap muka, mempermudah pembagian jadwal dan jam pelajaran serta membantu peserta didik memahami materi ajar dengan memanfaatkan fasilitas yang tersedia. Desain ini diharapkan sejalan degan kompetensi pembelajaran yang ingin dicapai oleh guru di sekolah sekaligus meningkatkan penguasaan teknologi oleh guru dan peserta didik


Keywords


Blended Learning, Website Belajar, Era New Normal, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Alyan Fatwa., (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Era New Normal. Jurnal Kuras Institute Vol. 1, No. 2.

Amin, A. K. 2017. Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Edutama Vol. 4, No. 2.

Ernawati., (2020). Adaptasi Pembelajaran Sosiologi secara Blended Learning dalam Menghadapi Masa New Normal. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan Vol. 32, No. 2.

https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-website/ diakses 22 Desember 2020 Pukul 11.25 WIB

Marzano, R. J., dan Heflebower, T. 2011. Teaching & assessing 21st century skills. Solution Tree Press.

Moleong, L. J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Novitayati, R. (2013). Pengaruh Metode Blended Learning dan Self Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPS. Jurnal Penelitian Kependidikan Vol 23, No. 1. Hal :48-57.

Sofiana, N. 2015. Implementasi Blended Learning Pada Mata Kuliah Extensive Listening. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 12, No. 1.

Sulistiyoningsih, T., Kartono, K., & Mulyono, M. 2015. PBL Bernuansa Adiwiyata Dengan Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Karakter Peduli Lingkungan. Unnes Journal of Mathematics Education Research Vol.4, No. 2.

Wardani, D. N., Toenlioe, A. J., dan Wedi, A. (2018). Daya Tarik Pembelajaran di Era 21 dengan Blended Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan Vol. 1, No. 1 , hal 13


Refbacks

  • There are currently no refbacks.