IMPLEMENTASI PERMAINAN TERJUN LENTING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI POKOK PERSAMAAN GARIS LURUS

Maryati Maryati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning terintegrasi STEM (PjBL-STEM) dengan simulasi permainan Terjun Lenting pada siswa kelas VIIIB SMP Muhammadiyah 1 Tepus. Tahapan model pembelajaran PjBL-STEM ada 5 tahapan, yaitu reflection, research, discovery, application, dan communication. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VIIIB SMP Muhammadiyah 1 Tepus. Tahapan dalam penelitian ini meliputi perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflektion). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini meliputi lembar observasi, tes kemampuan pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami peningkatan dari Siklus I ke Siklus II. Pada Siklus I rata-rata persentase kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mencapai 48,15% dengan kriteria rendah. Selanjutnya dilakukan tindakan siklus II, sehingga rata-rata persentase kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami peningkatan dan melebihi indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu 65,05% dengan kriteria cukup.


Keywords


Project based learning, STEM, Pemecahan masalah matematis, Permainan terjun lenting

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

BSNP. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Untuk Satuan Pendidikan Dasar. Jakarta: Cipta Jaya.

Ismayani, A. (2016). Pengaruh Penerapan Stem Project- Based Learning Terhadap Kreativitas Matematis Siswa SMK. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 3(4), 264–272.

Muslich, M. (2008). KTSP Pembelajaran Berbasisi Kompetensi Dan Kontekstual (Panduan bagi guru, Kepala sekolah, dan Pengawas Sekolah). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nasution, S. (2000). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurazizah, S. (2019). Pengaruh STEM pada model Project Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Lumajang pada pokok materi fluida statis (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Rosyidah, F. U. N. (2020). Pengaruh PjBL (Project Based Learning) berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah elektromagnetika siswa SMA Negeri 02 Kota Pasuruan (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Wardhani, S., dkk. (2010). Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SMP. Yogyakarta: PPPPTK


Refbacks

  • There are currently no refbacks.