HUBUNGAN PERSEPSI MATEMATIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA ERA NEW NORMAL

Juli Juli, I Nyoman Arcana, Muhammad Irfan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi matematika dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMK N 1 Manggar tahun ajaran 2020/2021 pada era new normal. Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex podt facto. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik Cluster Sampling (area sampling) sebanyak 62 orang dari siswa kelas XI SMK N 1 Manggar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pemberian angket dan dokumenter hasil nilai UTS matematika siswa kelas XI SMK N 1 Manggar tahun ajaran 2020/2021. Pengujian instrumen untuk validitas menggunakan korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan alfa cronbach. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi matematika dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMK N 1 Manggar tahun ajaran 2020/2021, hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi ganda (R) sebesar 0,600 dan nilai sig. 0,000 < 0,05.


Keywords


persepsi matematika, kemandirian belajar, prestasi belajar matematika

Full Text:

PDF

References


Adicondro, N., & Purnamasari, A. (2011). Efikasi Diri, Dukungan Sosial Keluarga dan Self Regulated Learning Pada Siswa Kelas VII. Humanitis, 8(1), 17–27.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, Yeni. 2018. “PENGARUH KESIAPAN BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS TERPADU DENGAN MEMPERHATIKAAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI PADA SISWA KELAS VIII SMP XAVERIUS 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018”. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitaslampung, Bandar Lampung.

Budiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta : UNS Pres

Desmita. 2017. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. SIARAN PERS : Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19: Satuan Pendidikan di Zona Kuning, Oranye dan Merah Dilarang Melakukan Pembelajaran Tatap Muka. Jakarta.

Nana Sudjana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugihartono, dkk. 2013. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Syah, Muhibin. 2013. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

-----------. 2011. Metodologi Penelitian Kuantatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tirtonegoro, Sutratianah. 2001. Anak Super Normal dan Program Pendidikannya. Jakarta: Bina aksara

Waidi. 2006. Pemahaman dan Teori Persepsi.Remaja Karya, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.