ANALISIS NILAI PENDIDIKAN PADA CERITA RAKYAT KABUPATEN BLORA SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN DARING DI SMAN 1 JEPON BLORA

Lesbianto Lesbianto, Henry Trias Puguh Jatmiko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) nilai pendidikan terhadap cerita rakyat di Kabupetan Blora, (2) relevansi nilai pendidikan pada cerita rakyat Kabupaten Blora dengan materi pembelajaran di SMA. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu informan, tempat, dan dokumen. Metode yang digunakan yaitu studi kasus (observasi dan wawancara). Teknik yang digunakan yaitu rekam, catat, dan transkip. Data dalam penelitian ini yaitu hasil transkip. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan teknik model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan sebagai berikut; (1) nilai-nilai pendidikan yang terdapat dari kedua cerita rakyat di Kabupaten Blora meliputi (a) nilai-nilai pendidikan moral, (b) nilai-nilai pendidikan adat/tradisi, (c) nilai-nilai pendidikan agama, (d) nilai-nilai pendidikan sejarah/historis, (e) nilai-nilai pendidikan kepahlawanan; (2) nilai-nilai pendidikan pada cerita rakyat ini sangat relevan menjadi bahan ajar pembelajaran teks cerita rakyat di SMA, karena sesuai dengan kriteria Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.


Keywords


Nilai Pendidikan, Cerita Rakyat, Bahan Ajar

Full Text:

PDF

References


Bunanta, Murti. (1998). Problema Penulisan Cerita Rakyat untuk Anak di Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Firdaus, M. Faizah Hasnah & Manaf, N.A. (2013). Cerita Rakyat Masyarakat Rambah Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran, 1 (2), 38-52.

Nasir. (2016). Nilai-Nilai Pendidikan dalam Nyanyian Kau-Kaudara pada Masyarakat Muna. Jurnal Humanika. 16 (1).

Nurgiyantoro, Burhan. (2002). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Ratriani, Dyan, N. (2012). Cerita Rakyat Kabupaten Blora (Suatu Kajian Strukturalisme dan Nilai Edukatif) Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Rukmini, Dewi. (2009). Cerita Rakyat Kabupaten Sragen, Tesis. Sragen: Universitas Sebelas Maret.

Saiful, Latif, I. (2009). Cerita Rakyat Santri Gudhig dari Purbalingga dalam Perspektif Naratologi. Semarang: Perpustakaan Unnes.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.