PEMBIASAAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MATKUL PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN PADA MAHASISWA ANGKATAN 2020 DI PBING UNSOED

Novita Pri Andini

Abstract


Pandemi Covid-19 sudah hampir satu tahun mewabah di semua belahan dunia, termasuk di Indonesia. Hal ini memberikan banyak implikasi di berbagai bidang, baik politik, ekonomi, kesehatan, sosial masyarakat, dan juga pendidikan. Dari level pendidikan dasar, menengah sampai ke level perguruan tinggi semuanya mengalami perombakan secara menyeluruh dalam metode pembelajarannya, sebab situasi dan kondisi tidak memungkinkan untuk diadakan pembelajaran secara tatap muka langsung. Oleh karena itu, semuanya beralih dengan menggunakan media online. Untuk media yang digunakan, ada yang memilih Whatssap Group, Google Classroom, Google Meet, Zoom, Microsoft Teams, dan lain-lain. Sebenarnya peran guru/dosen dalam hal ini tidak dapat tergantikan oleh alat secanggih apapun, termasuk teknologi yang sekarang ini sudah semakin canggih. Oleh sebab itu pembiasaan pendidikan karakter harus senantiasa dilakukan sebagai upaya pembentukan karakter yang baik bagi para mahasiswa. Artikel ini merupakan hasil penelitian kualitatif, dengan metode analisis-deskriptif dan memiliki tujuan mengkaji tentang pembiasaan pendidikan karakter yang diterapkan oleh peneliti dalam mata kuliah Pengantar Ilmu Pendidikan. Hasil yang ditemukan nampak bahwa ada pendidikan karakter bisa terbentuk dengan baik melalui berbagai macam habituasi positif yang secara reguler dilakukan, yang tentunya dengan pemberian contoh sikap dan perilaku serta pemberian moivasi yang kuat kepada para mahasiswa.


Keywords


Pembiasaan, Pendidikan Karakter, Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Felix Y. Siauw (2014). How to Master Your Habits. Jakarta: AlFath Pres

Hidayatullah, M. F. (2018). Pendidikan Karakter Ibnu Maskawaih. Sukoharjo: Penerbit Diomedia

Huba, “Pendidikan Karakter Dalam New Normal,” (https://www.pasundanekspres.co/ opini/pendidikan-karakter-dalam-new-normal/, diakses pada tanggal 19 Desember 2020)

Indah Pertiwi, “Implementasi Pendidikan Karakter Saat Wabah Covid-19”, (http://lppm. unpam.ac.id/2020/05/28/implementasi-pendidikan-karakter-saat-wabah-covid-19/, diakses pada tanggal 19 Desember 2020)

Koesoema, A. Doni. (2011). Pendidik Karakter di Zaman Keblinger. Jakarta: PT Gramedia Widiarsarana Indonesia

Marzuki. (2019). Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah

Nafisah, Tsamrotun Fiina & Az Zhafi, Ashif. Model Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Perspektif Islam di Tengah Pandemi Covid-19. TA’ALLUM Jurnal Pendidikan Islam. Volume 08. Nomor 01. Juni 2020.

Suryansyah, Titi. ZEA, Jurnal Pendidikan. (2020) Edisi 01 Vol.01 Nomor 01 (Januari-Juni 2020)

Takhroji Aji, “Pendidikan Karakter di Masa Pandemi, Tanggung Jawab Siapa?,” (https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/pendidikan-karakter-di-masa-pandemi-menjadi-tanggung-jawab-siapa, diakses pada tanggal 19 Desember 2020)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.