KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM MEMBENTUK DISIPLIN IBADAH SHOLAT ANAK USIA DINI DI ERA NEW NORMAL

Rosyida Nurul Anwar

Abstract


Abstrak

Karakter disiplin melaksanakan sholat akan mendorong anak mampu mengembangkan kemampuan diri secara bertahap. Menanamkan karakter melalui kedisiplinan sholat lima waktu bukanlah hal yang mudah jika tidak dimulai dari usia dini. Keterlibatan orangtua dalam membentuk disiplin ibadah sholat diperlukan agar anak terbiasa melakukan ibadah dan perintah wajib lainnya ketika memasuki usia baligh. Tujuan penelitian untuk mengetahui keterlibatan orangtua dalam membentuk disiplin ibadah sholat pada anak usia dini di lingkungan Desa Sidomulyo, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan subyektif. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat dua jenis subjek dalam keterlibatan orangtua dalam membentuk disiplin ibadah sholat pada anak usia dini. Keterlibatan orang tua pada subjek pertama dalam penerapan disiplin ibadah sholat pada anak usia dini menjelaskan secara lantang mengenai disiplin sholat dengan memberi aturan-aturan. Keterlibatan orang tua pada subjek kedua dalam membentuk disiplin ibadah sholat pada anak sejak usia dini yakni dengan melakukan rangsangan, sesuai waktu dan ketentuan, serta adanya kesiapan subyek kedua untuk terlibat dengan guru.

Keywords


keterlibatan orangtua, disiplin sholat, anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Agustinawati. (2019). Peranan Orangtua Dalam Menanamkan Sikap Kedisiplinan Pada Anak Usia Remaja Di Dusun VI Alur Dagang Desa Harapan Baru Kecamatan Sei Lepan. Jurnal Serunai Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 94–106.

Anwar, R. N. (2020). Pengasuhan Anak Usia Dini di Era New Normal Perspektif Islam. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia, 2(2), 1–9.

Anwar, R. N., Priyanti, I., Sukowati, U., Mubarokah, L., & Yuniya, V. (2020). Penguatan Orangtua Di Tengah Pandemi Guna Menjaga Fitrah Anak. Prosiding Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (HAPEMAS 2), 1(1), 386–392. Malang: Universitas Negeri Malang.

Anwar, R. N., & Zaenullah. (2020). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Care, 8(1), 56–66.

Clark, H., Coll-Seck, A. M., Banerjee, A., Peterson, S., Dalglish, S. L., Ameratunga, S., … Costello, A. (2020). A Future for the World’s Children? A WHO–UNICEF–Lancet Commission. The Lancet, 395(10224), 605–658. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(19)32540-1

Guntur, N. A., Kasmawati, A., & Sudirman, M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Sikap Disiplin Anak Di Desa Kalimporo Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Hurlock, E. (1978). Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Khusni, M. F. (2018). Fase Perkembangan Anak Dan Pola Pembinaannya Dalam Perspektif Islam. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(2), 361–382. https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.2.361-382

Patmonodewo, S. (2008). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Prameswari, C. (2016). Mengasuh Anak dengan Hati. Pedoman Pola Asuh Dengan Emosi Dan Energi Positif. Jakarta: Saufa.

Shochib, M. (2014). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin diri. Jakarta: Rineka Cipta.

Tirto.id. (2020). Arti New Normal Indonesia: Tatanan Baru Beradaptasi dengan COVID-19. https://tirto.id/fDB3.

Wiyani, A. N. (2013). Bina Karakter Anak Usia Dini. Panduan Orangtua dan Guru dalam Membentuk Kemandirian dan Kedisiplian Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Yasyakur, M. (2016). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu (Studi di SD EMIISc, Pasar Rebo, Jakarta Timur). Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 5(Januari), 1175–1183.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.