EVALUASI MODEL PEMBELAJARAN SAVI DALAM RIAS WAJAH KARAKTER DUA DIMENSI DI SMK LABORATORIUM JAKARTA
Keywords:
Model pembelajaran, SAVI, rias wajah karakter dua dimensiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi model pembelajaran SAVI (somatis, auditorial, visual, intelektual) dalam materi rias wajah karakter dua dimensi di SMK. Model pembelajaran SAVI merupakan suatu prosedur pembelajaran yang didasarkan atas aktivitas yang dilakukan oleh peserta didik dengan melibatkan seluruh indra sehingga seluruh tubuh dan pikiran terlibat dalam proses belajar. Subjek dalam penelitian adalah guru dan siswa. Objek penelitian adalah model pembelajaran SAVI. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara dan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, pelaksanaan pembelajaran rias wajah karakter dua dimensi dengan model pembelajaran SAVI pada SMK Laboratorium Jakarta sudah sesuai dengan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan menggunakan kurikulum 2013. Beberapa siswa pasif dalam pembelajaran di kelas. Guru berperan sebagai sumber belajar, fasilitator, demonstrator, pembimbing, motivator, dan evaluator dalam pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan adalah SAVI dengan metode demo, tanya jawab, dan latihan. Kedua, hambatan pembelajaran kecantikan yaitu, motivasi belajar siswa yang berbeda-beda, waktu pembelajaran yang terbatas, dan sumber belajar yang terbatas. Ketiga, guru berusaha menangani berbagai hambatan pembelajaran kecantikan dengan berbagai cara salah satunya dengan memotivasi kepada siswa, mempersingkat materi pembelajaran, dan mencari sumber belajar dari berbagai sumber.
Â
Â
References
Anhar. 2017. SMK Laboratorium Jakarta. http://smk.laboratorium-jakarta.com/ (15 April 2019)
Budiarti, Linda Tri. 2014. Kontribusi Pengetahuan Make Up Karakter Terhadap Hasil Rias Cosplayer Anime. Jurnal Penelitian Pendidikan, hal 40 Universitas Negeri Jakarta
Hartini, Sri. 2015. Pengaruh Penerapan Pendekatan SAVI Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI SMAN 1 Tanjung Raja. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia Volume 2 Nomor 1, hal 70 Universitas Sriwijaya
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Maulaholo, Latuiha Viegas Dendit & Haryudo, Isnur Subuh. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TIPTL SMKN 3 Surabaya. e-Journal Volume 0 Nomor 03, Universitas Negeri Surabaya
Meier, Dave. 2002. The Accelerated Learning Handbook Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan Dave Meier. Bandung: Kaifa
Muchyidin, Arif & Kusniya. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Terhadap Kemampuan Berpikir Geometri Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, hal 3-4 IAIN Syekh Nurjati Cirebon
Paningkiran, Halim. 2013. Make-Up Karakter untuk Televisi & Film. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Syafaruddin. dkk. 2012. Inovasi Pendidikan (Suatu Analisis Terhadap Kebijakan Baru Pendidikan). Medan: Perdana Publishing
Tayeb, Thamrin. 2017. Analisis dan Manfaat Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Islam Volume 4 Nomor 2, hal 49 Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar