RAGAM SALURAN KOMUNIKASI ADOPSI PROGRAM ADIWIYATA PADA ANAK MURID, ORANG TUA, DAN GURU SD ISLAM AMALINA DI TANGERANG SELATAN
Keywords:
Ragam saluran Komunikasi, Adiwiyata, Sekolah DasarAbstract
Hasil penelitian ini merupakan output riset hibah tesis tahun 2019. Dilatarbelakangi masalah tidak mudah membangun karakter anak murid, orang tua, maupun guru agar peduli pada lingkungan. Meski sudah ada program Adiwiyata yang menjadi regulasi pemerintah bagi semua sekolah di Indonesia, sebagaimana dicetuskan dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup nomor 5 tahun 2013, tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata. Padahal karakter peduli lingkungan tersebut sudah menjadi bagian dari 18 karakter bangsa yang difokuskan kepada seluruh sekolah di Indonesia, oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Namun tidak demikian halnya dengan Sekolah Dasar (SD) Islam Amalina (IA) di Tangerang Selatan (Tangsel). SD ini berhasil dan konsisten dalam menerapkan program Adiwiyata, dan terintegrasi dalam kurikulum mereka. Bahkan berhasil mendapatkan penghargaan sampai tingkat nasional. Tentu ada sejumlah cara sebagai ragam saluran komunikasi pada anak murid, orang tua, maupun guru sehingga mereka bersedia mengadopsi program Adiwiyata tersebut, sebagaimana ditegaskan dalam teori Difusi Inovasi milik Everett M. Rogers dan Shoemaker (1971), yang menjelaskan tentang ragam saluran komunikasi difusi inovasi yang efektif. Inilah yang menjadi latarbelakang sekaligus fokus penelitian ini yaitu, bagaimana ragam saluran komunikasi adopsi program adiwiyata pada anak murid, orang tua, dan guru SD IA di Tangsel, melalui perspektif studi kasus ? Tujuan yang ingin dicapai, selain dapat menjawab dan menjelaskan ragam saluran komunikasi inovasi program adiwiyata pada anak murid, orang tua, dan guru SD IA di Tangsel, juga sebagai cara untuk mencari solusi dan model bagi upaya dan sekolah sejenis. Menggunakan metode penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif, dalam paradigma konstruktivis. Menghimpun data primer dengan wawancara tidak terstruktur dan kuesioner terbuka pada 15 informan. Hasil dan solusi yang dapat dipahami yaitu, ragam saluran komunikasi adopsi program Adiwiyata pada anak murid, orang tua, dan guru berbeda, sehingga diperlukan banyak ragam. Mulai dari media saluran antarpribadi sampai media massa, semua dapat dimanfaatkan sebagai ragam saluran komunikasi adopsi program Adiwiyata, baik untuk membangun pengetahuan, keputusan, persuasi, implementasi, konfirmasi, sampai rasa bangga. Jadi ragam saluran komunikasi adopsi program adiwiyata pada anak murid, orang tua, dan guru SD Islam Amalina di Tangerang Selatan bersifat tidak terbatas.
Â
Â
Â
References
Alim, Abdul (2009). Permainan Mini Tenis Untuk Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa di Sekolah Dasar. JPJI. Vol 6. No. 2. Nov 2009. p.82, diakses dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/434
Berlinski, Samuel., Matias Busso, Taryn Dinkelman, dan Claudia Martinez A. (2016). Reducing Parent-School Information Gaps And Improving Education Outcomes: Evidence From High Frequency Text Messaging In
Chile, Massachusset Institute Of Technology, JEL Codes: I25, D8, N36, diakses dari https://www.povertyactionlab.org/sites/default/files/publications/726_%20Reducing-Parent-School-information-gap_BBDM-Dec2016.pdf
Denzin, Norman K. & Lincoln, Yvonna S (ed). (2012) Qualitative Research. Third Edition. United Stated of America : Sage Publication
DeVito, Joseph A.. 2007. Human Communication. Pearson International Edition. Printed In The United States Of America : Pearson Education
Goenawan, Sarita Antonia. (2014). Proses Komunikasi Antara Guru dengan Peserta Didik di Elyon International Christian School Dengan Menggunakan Second Language, dalam Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra di Surabaya, Vol 2. No.3 Tahun 2014, diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/77509-ID-proses-komunikasi-antara-guru-dengan-pes.pdf
Hidayati, Nanik (2013), Perilaku Warga Sekolah Dalam Program Adiwiyata di SMK Negeri 2 Semarang, ejournal UNDIP, diakses dari http://eprints.undip.ac.id/40663/
Iswari, Rizky Dewi dan Suyud W. Utomo, (2017), Evaluasi Penerapan Program Adiwiyata Untuk Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan di Kalangan Siswa (Kasus: SMA Negeri 9 Tangerang Selatan dan MA Negeri 1 Serpong), Jurnal Ilmu Lingkungan, Volume 15 Issue 1 (2017) : 35-41, ISSN 1829-8907, diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/101566-ID-evaluasi-penerapan-program-adiwiyata-unt.pdf
Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya
Moore, Karen Lynn (2015). Indentifying Effective Communication Practices for Eliciting Parental Involvement at Two K-8 Schools, Walden University, Walden Dissertations and Doctoral Studies, 592, diakses dari https://scholarworks.waldenu.edu/dissertations/592/
Nuraini, R. (2016) Unesco Dukung Program Sekolah Adiwiyata Indonesia, media online JPP, London, Selasa, 29/11/2016 16:38, diakses dari https://jpp.go.id/peristiwa/internasional/300466-unesco-dukung-program-sekolah-adiwiyata-indonesia
Patrikakou, Eva (2015). Relationships Among Parents, Students, And Teachers : The Technology Wild Card, De Paul University, Departement of counseling and Special Education, Academic Journal, Procedia-Social and Behavioral Sciences, 174 (2253-2258), diakses dari https://cyberleninka.org/article/n/603001
Rogers, Everett M. (1995). Diffusion of Innovations, Fourth Edition, The Free Press, New York
Ruffin, Novella J. (2019). Human Growth and Development - A Matter of Principles. Journal Virginia Polytechnic Institute and State University. p.350-353, diakses dari https://www.pubs.ext.vt.edu/350/350-053/350-053.html
Smit, Brigitte., & Elzette Fritz (2008), Understanding Teachers Identity From Symbolic Interactionist Perspective : Two Etnografic Naratif, South African Journal of educations 2008 EASA Vol 28-91-101, diakses dari https://core.ac.uk/download/pdf/54188906.pdf
Stork, Steve dan Stephen W. Sanders. (2008). Physical Education in Early Childhood. The Elementary School Journal, Vol. 108, No. 3 (January 2008), p. 197-206,
Tobin, Bernie (2017). Understanding The Direct Involvement Of Parents In Policy Development And School Activities In Primary School, Institute of Education, St. Patric’s Campus, Dublin City, Ireland, International Journal for Transformative Research, v4 n1 p.25-33 Dec 2017, diakses dari https://eric.ed.gov/?id=EJ1173126
Wisman, Yossita. (2017), Komunikasi Efektif Dalam Dunia Pendidikan, dalam Jurnal NOMOSLECA, Volume 3, Nomor 2, Oktober 2017, p.646-