PERAN SIKAP TENTANG UANG DALAM MEMPENGARUHI PERILAKU PEMBELIAN KOMPULSIF ONLINE

Penulis

  • Tri Fitra Azzahra Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Alvin Eryandra Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Abstrak

Munculnya istilah pembelian secara online dan adanya kemudahan serta penawaran yang menarik mengakibatkan peningkatan pembelian secara online di Indonesia. Persepsi individu yang berbeda-beda terhadap uang mendorong timbulnya perilaku berbelanja online yang tidak terkontrol. Hal ini menjadi salah satu yang mengindikasikan terjadinya perilaku pembelian kompulsif secara online. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran dari money attitude terhadap pembelian kompulsif yang dilakukan secara online. Power prestige, retention time, distrust, anxiety dan quality merupakan dimensi yang terdapat didalam money attitude yang menjadi faktor yang mempengaruhi terjadinya perilaku pembelian kompulsif secara online. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan metode kuesioner yang disebar secara online. Responden dalam penelitian ini berjumlah 158 orang dan berusia dalam rentang 18 hingga 40 tahun. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Money Attitude Scale dan Compulsive Online Shopping Scale. Penelitian ini menggunakan analisa regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara money attitude terhadap pembelian kompulsif secara online. Namun demikian, dalam penelitian ini ditemukan bahwa tidak semua dimensi yang terdapat pada money attitude memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku pembelian kompulsif online. Berdasarkan hasil penelitian, tidak ditemukan pengaruh yang signifikan dari dimensi retention time pada money attitude terhadap perilaku pembelian kompulsif online.

Referensi

Achtziger, A., Hubert, M., Kenning, P., Raab, G., & Reisch, L. (2015). Debt out of control: The links between self-control, compulsive buying, and real debts. Journal of Economic Psychology, 49, 141-149. https://doi.org/10.1016/j.joep.2015.04.003

Ahmadi, F., Sunyoto, S., & Ardiansari, A. (2018). Pengaruh perdagangan online terhadap perilaku masyarakat kota semarang. Jurnal Riptek, 12(2), 107-118.

Aprianur, R. (2020). Hubungan keterlibatan fashion dengan pembelian impulsif produk fashion pada dewasa awal. Psikoborneo, 8(2), 156–165.

Azwar, S. (2017). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Darrat, A. A., Darrat, M. A., & Amyx, D. (2016). How impulse buying influences compulsive buying: The central role of consumer anxiety and escapism. Journal of Retailing and Consumer Services, 31, 103–108. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2016.03.009

Dewi, R. P. (2019, Februari 11). Sosial media sebagai sarana jual beli online. https://doi.org/10.31227/osf.io/r3jdy

Global Web Index, 2019. Indonesia: Key digital behaviors and trends over time and across demographics. Tersedia di https://www.globalwebindex.com/reports/market-snapshot-indonesia. Diakses pada 29 September 2020.

Harahap, D. A., & Amanah, D. (2018). Perilaku belanja online di Indonesia: Studi kasus. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 193–213. https://doi.org/10.21009/JRMSI.009.2.02

Japutra, A., Ekinci, Y., & Simkin, L. (2017). Self-congruence, brand attachment and compulsive buying. Journal of Business Research, 0–1. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2017.08.024

Khare, A. (2014). Money attitudes, materialism and compulsiveness : Scale development and validation. Journal of Global Marketing, 27 37–41. https://doi.org/10.1080/08911762.2013.850140

Kristanto, D. (2011). Pengaruh orientasi fashion, money attitude, dan self-esteem terhadap perilaku pembelian kompulsif pada remaja. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya

Kukar-kinney, M., Ridgway, N. M., & Monroe, K. B. (2012). The role of price in thebehavior and purchase decisions of compulsive buyers. Journal of Retailing, 88(1), 63–71. https://doi.org/10.1016/j.jretai.2011.02.004

Kukar-Kinney, M., Scheinbaum, A. C., & Schaefers, T. (2016). Compulsive buying in online daily deal settings: an investigation of motivations and contextual elements. Journal of Business Research, 69(2), 691–699. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2015.08.021

Lejoyeux, M., Richoux-Benhaim, C., Löhnardt, H., & Lequen, V. (2011). Money attitude, self-esteem, and compulsive buying in a population of medical students. Frontiers in Psychiatry, 2, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2011.00013

Manchiraju, S., & Sadachar, A. (2016). The compulsive online shopping scale (coss): Development and validation using panel data. International Journal of Mental Health and Addiction. https://doi.org/10.1007/s11469-016-9662-6

Ong, Z., Lau, J., & Zainudin, N. (2020). Money attitude, materialism and compulsive buying among Malaysian young adults. Management Science Letters, 11(1), 281-290. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.8.005

Sharif, S. P., & Yeoh, K. K. (2018). Excessive social networking sites use and online compulsive buying in young adults: the mediating role of money attitude. Young Consumers 19(3), 310–327. https://doi.org/10.1108/YC-10-2017-00743

Pratiwi, N., & Otoluwa, N. I. (2019). Pengaruh kesenjangan diri dan sikap terhadap uang pada perilaku pembelian kompulsif. Point, 1(1), 27-34.

Ratih, I. A. T., & Astiti, D. P. (2016). Pengaruh motivasi hedonis dan atmosfer toko terhadap pembelian impulsif pada remaja putri di denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 3(2), 209–219.

Rimple, M., Srikant, M., Naseem, A., & Kumar, M. J. (2015). A study of interaction of materialism and money attitude and its impact on car purchase. Management & marketing. Challenges for the Knowledge Society, 10(3), 245-269. https://doi.org/10.1515/mmcks-2015-0017

Sari, R. K. (2016). Kecenderungan perilaku compulsive buying (pembelian kompulsif) pada masa remaja akhir di samarinda. Psikoborneo, 4(3), 612-620.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

We Are Social & Hootsuite. (2019). Digital 2019 Indonesia. In We are social & hootsuite. https://wearesocial.com/global-digital-report-2019

We Are Social & Hootsuite. (2020). Digital 2020 Indonesia. In Global digital insights. https://wearesocial.com/digital-2020

Zakiatuzzahrah, Ria, A., Anang, M., & Benny, A. M. (2018). Impulsive and compulsive buying in retail business: an overview of consumer behavior in indonesia. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 79(7), 107–112.

Diterbitkan

2021-02-27