PELATIHAN KETERAMPILAN MENGASUH EMPATI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PARENTING ORANGTUA

Sheilla Varadhila Peristianto, Angelina Dyah Arum, Nikmah Sofia Afiati

Abstract


Proses pendidikan orangtua pada anak tidak lepas dari pola komunikasi yang disebut pengasuhan. Pengasuhan dapat menjadi faktor protektif dan resiko terhadap perkembangan anak. Faktor protektif meliputi kehangatan, suportifitas, dan harapan realistis orangtua terhadap anak, sedangkan faktor resiko berupa pengasuhan kasar, hukuman fisik, dan
kekerasan verbal. Oleh sebab itu, dibutuhkan pola pengasuhan yang melibatkan kedalaman emosi agar tidak menjadi faktor resiko pada anak, salah satunya dengan empati. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan peningkatan kualitas parenting pada anak melalui pelatihan keterampilan mengasuh dengan empati. Subjek dalam penelitian ini menggunakan 14 subjek dengan metode non-probability yang terbagi dalam 2 kelompok, yaitu 7 subjek kelompok eksperimen dan 7 subjek kelompok kontrol. Adapun kriteria subjek adalah orangtua yang memiliki anak dengan usia 6-12 tahun, orangtua merupakan ayah dan ibu kandung yang berusia 20-40 tahun dengan pendidikan minimal SD, dan tinggal dalam satu rumah. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design, yaitu pelatihan keterampilan mengasuh empati yang dilaksanakan selama 5 sesi pada kelompok eksperimen. Adapun pengukuran kualitas parenting menggunakan skala kualitas parenting (Syafitri, 2015) yang diberikan ketika pre-test dan post-test. Hasil analisis dengan tehnik Wilcoxon Paired T-test menunjukkan skor sig. p = 0,009 (p<0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kualitas parenting setelah diberikan pelatihan keterampilan mengasuh empati.


Full Text:

PDF

References


Baumrind, D. (1966). Effects of authoritative parental control on child behavior. Child Development, 37(4), 887-907. doi: 10.2307/1126611.

Baumrind, D., & Thompson, R.A. (2002). The ethics of parenting. In Bornstein, M.H (Ed), Handbook of Parenting Volume 5: Practical Issues in Parenting (pp. 3-34). New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Baumrind, D. (2013). Authoritative parenting revisited: History and current status. In Larzelere, R.E., Morris, A.S., & Harrist, A.W. (Eds), Authoritative Parenting: Synthesizing Nurturance and Discipline for Optimal Child Development (pp 11-34). Washington: American Psychologist Association.

Bester, S., Rooyen, M. M., & Africa, S. (2015). Emotional Development , Effects of Parenting and Family Structure on. International Encyclopedia of Social & Behavioral Sciences (Second Edition, Vol. 7). https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.23048-1

Bodenmann, G., Cina, A., Ledermann, T., Sanders, M.R. (2008). The efficacy of the Triple-P-positive parenting program in improving parenting and child behavior: A comparison with two other treatment conditions. Behaviour Research and Therapy, 46, 411-427. doi: 10.1016/j.brat.2008.01.001.

Bornstein, M.H. (2007). Parenting science and practice. In Renninger, K.A. & Sigel, I.E (Eds), Handbook of

Child Psychology Vol. 4: Child Psychology in Practice (pp. 893-949). New Jersey: John Wiley & Sons.

Brooks, J. (2011). The process of parenting. Edisi 8. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Cavell, T.A., Harrist, A.W., & Del Vecchio, T. (2013). Working with parents of aggressive children: Ten principles and the role of authoritative parenting. In Larzelere. R.E., Morris, A.S., & Harrist, A.W. (Eds), Authoritative Parenting: Synthesizing Nurturance and Dicipline for Optimal Child Development (165-188). Washington: American Psychological Association

Efnita, S. (2014). Program pengasuhan positif untuk meningkatkan kualitas pengasuhan ibu (Unpublised master’s thesis). Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Farrington, D. P., Ttofi, M. M., & Piquero, A. R. (2016). Risk, promotive, and protective factors in youth offending: Result in the Cambridge study in delinquent development. Journal of Criminal Justice, 45, 63-70. doi: 10.1016/j.jcrimjus.2016.02.014

Hirata, H., & Kamakura, T. (2018). The effects of parenting styles on each personal growth initiative and selfesteem among Japanese university students. International Journal of Adolescence and Youth, 23(3), 325-333. doi: 10.1080/02673843.2017.1371614.

Hurlock, E.B. (1999). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan.Edisi ke-5. Diterjemahkan oleh: Istiwidayanti & Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.

Jia, S., Wang, L., Shi, Y., & Li, P. (2016). Family risk factors associated with aggressive behavior in chinese preschool children. Journal of Pediatric Nursing, 31(6), 367-374. doi:10.1016/j.pedn.2016.08.001.

Johnson, M.A., Stone, S., Lou, C., Ling, J., Claasen, J., Austin, M. (2008). Assesing parent education programs for families involved with child welfare services: Evidence and implications. Journal of Evidence-Based Social Work, 5(1-2), 191-236. doi: 10.1300/J394v05n01_08

Kaminski, J. W., Valle, L. A., Filene, J. H., & Boyle, C. L. (2008). A meta-analytic review of components associated with parent training program effectiveness. Journal of Abnormal Child Psychology May 2008, 36(4), 567–89. doi: 10.1007/s10802-007-9201-9.

Kazdin, A. E. (1994). Behavior modification: In applied setting. Monterey, California: Cole Publishing Comp.

Kohonen, V. (2007). Learning to learn through reflection – An experiental learning perspective. Preparing teachers to Use European Languange Portfolio – arguments, materials and resources. Council of Europe Publishing.

Lisnawati. (2009). Efektivitas parent management training (PMT) untuk meningkatkan kualitas pengasuhan orangtua yang memiliki anak agresif usia 7-9 tahun di sekolah dasar. (Unpublised master’s thesis). Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Loginova, S. V. & Slobodskaya, H. R. (2016). The mediating role of parenting in the relation between personality and externalizing problems in Russian children. Personality and Individual Difference 106(1), 275-280. doi: http://dx.doi.org/10.1016/j.paid.2016.10.055

Salas, E., & Cannon-Bowers, J.A. (2001) The science of training: A decade of progress. Annual Review of Psychology, 52, 471-499. http://dx.doi.org/10.1146/annurev.psych.52.1.471

Sanders (2011). Development, evaluation, and multinational dissemination of the triple p-positive parenting program. Annual Review of Clinical Psychology, 8,345-379. Doi: 10.1146/annurevclinpsy-032511-143104.

Sears, D.O. (2009). Psikologi sosial 2. Jakarta: Erlangga.

Subekti, R.A. (2010). Program pengasuhan positif untuk mengurangi aspek pola pengasuhan disfungsional. Tesis (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Program Magister Profesi Psikologi UGM.

Sugihartono, Fathiyah K.N., Setiawati, F.A., Harahap, F., Nurhayati,

S. R. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sorkhabi, N. & Mandara, J. (2013). Are the effects of Baumrind’s parenting styles culturally specific or culturally equivalent. In R.E., Morris, A.S., & Harrist, A.W. (Eds), Authoritative Parenting: Synthesizing Nurturance and Discipline for Optimal Child Development (pp. 113-135). Washington: American Psychologist Association.

Syafitri, D.U. (2014). Pengembangan konsep good parenting. Laporan Penelitian. Fakultas Psikologi UGM.

Ummah, D.M. (2011). Efektivitas program “Mengasuh dengan bijak” untuk meningkatkan kualitas pengasuhan orangtua (ibu) yang memiliki anak agresif. Thesis. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Vasilyevaa, E. N., & Shcherbakovb, A.V. (2016). Parental roles and types of parentings as determinants of a preschooler’s emotional and personal well-being. Procedia - Social and Behavioral Sciences 233, 144 – 149.

Wahyuningsih, D. (2012). Pengaruh program pengasuhan cinta remaja terhadap kualitas pengasuhan Ibu. Thesis. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Wijayanti, L., & Kurniawan, I. N. (2008). Efektivitas pelatihan keterampilan pengasuhan untuk menurunkan stress pengasuhan orangtua. Naskah Publikasi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Wulandari, W. (2014). Inteligensi dan keotoritatifan pola asuh orangtua sebagai predictor kecerdasan moral anak usia prasekolah. Thesis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.


Article Metrics

Abstract view : 95 times
PDF - 88 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.