DISKREPANSI CITA-CITA DENGAN ORANGTUA, HARGA DIRI, DAN KERAGUAN MENGAMBIL KEPUTUSAN KARIR PADA SISWA SMA

Authors

  • Dian Ratna Sawitri Universitas Diponegoro
  • Agustina Erna Fatmasari Universitas Diponegoro
  • Mirwan Surya Perdhana Universitas Diponegoro

Abstract

Keraguan mengambil keputusan karir telah banyak diteliti di kalangan remaja dan dewasa awal. Penelitian sebelumnya telah menemukan beragam faktor eksternal sebagai variabel anteseden, seperti dukungan orangtua, dan faktor internal, seperti pembentukan identitas diri. Meskipun demikian, belum banyak diketahui bagaimana diskrepansi cita-cita antara individu dengan orangtuanya dan harga diri individu memprediksi keraguan mengambil keputusan karir. Penelitian ini menguji hubungan antara diskrepansi cita-cita antara individu dengan orangtuanya dan harga diri dengan keraguan mengambil keputusan karir pada siswa SMA. Hipotesis yang diuji adalah disprepansi cita-cita antara individu dengan orangtuanya berkorelasi positif dan harga diri berkorelasi negatif dengan keraguan mengambil keputusan karir. Peneliti
melibatkan 239 siswa SMA di Lamongan, Jawa Timur (64.4% perempuan, rata-rata usia 16.70 tahun, SD = .89) dengan teknik sampling convenience sampling. Data diperoleh dengan Skala Diskrepansi Cita-Cita Individu-Orangtua (α = .92), Skala Harga Diri (α = .75), dan Skala Keraguan Mengambil Keputusan Karir (α = .82). Analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa hipotesis dapat diterima. Diskrepansi cita-cita individu dengan orangtuanya berkorelasi positif (r =
.21; p < .01), dan harga diri berkorelasi negatif (r = -.25; p < .001) dengan keraguan mengambil keputusan karir. Artinya, semakin besar diskrepansi cita-cita antara siswa dan orangtuanya, dan semakin rendah harga diri siswa, maka semakin besar keraguan mengambil keputusan karir. Untuk meminimalisasi keraguan dalam mengambil keputusan karir, siswa diharapkan mengupayakan rendahnya diskrepansi cita-citanya dengan orangtua, dan melakukan beragam upaya untuk memupuk harga dirinya.

References

Ataç, L. O., Dirik, D., & Tetik, H. T. (2018). Predicting career adaptability through self-esteem and social support: A research on young adults. International Journal Education Vocational Guidance, 18, 45-61. doi:10.1007/s10775-017-9346-1

Cai, Z., Guan, Y., Li, H., Shi, W., Guo, K., Liu, Y., Li, Q…Hua, H. (2015). Self-esteem and proactive personality as predictors of future work self and career adaptability: An examination of mediating and moderating processes. Journal of Vocational Behavior, 86, 86-94. doi: 10.1016/j.jvb.2014.10.004

Creed, P., Patton, W., & Prideaux, L. (2006). Causal relationship between career indecision and career decisionmaking self-efficacy. Journal of Career Development, 33, 47-65.

Duffy, R. D. (2010). Sense of control and career adaptability among undergraduate students. Journal of Career Assesment, 18, 420-430. doi: 10.1177/1069072710374587

Gati, I., & Saka, N. (2001). High school students’ career-related decision-making difficulties. Journal of Counseling and Development, 79, 331-340.

Gati, I., Krausz, M., & Osipow, S. (1996). A taxonomy of difficulties in career decision making. Journal of Counseling Psychology, 43, 510-526.

Guay, F., Senecal, C., Gauthier, L., & Fernet, C. (2003). Predicting career indecision: A self-determination theory perspective. Journal of Counseling Psychology, 50, 166-177.

Hui, T., Yuen, M., & Chen, G. (2018). Career adaptability, self-esteem, and social support among Hong Kong University students. The Career Development Quarterly, 66, 94-106. doi: 10.1002/cdq.12118

Kolubinski, D. C., Marino, C., NikÄević, A. V., & Spada, M. M. (2019). A metacognitive model of self-esteem. Journal of Affective Disorders, 256, 42-53. doi: 10.1016/j.jad.2019.05.050

Rosenberg, M. (1965). Society and the adolescent self-image. Princeton: Princeton University Press.

Rossier, J., Zecca, G., Stauffer, S. D., Maggiori, C., & Dauwalder, J. (2012). Career adapt-abilities scale in a French-speaking Swiss sample: Psychometric properties and relationship to personality and work engagement. Journal of Vocational Behavior, 80, 734-743. doi: 10.1016/j.jvb.2012.01.004

Sandha, T., Hartati. S., & Fauziah, N. (2012). Hubungan antara self-esteem dengan penyesuaian diri pada siswa tahun pertama SMA Krista Mitra Semarang. Jurnal Psikologi, 1, 47-82.

Sawitri, D. R., Creed, P. A., & Perdhana, M. S. (2020). The discrepancies between individual-set and parentset career goals scale: Development and initial validation. Journal of Career Development, 1-6. doi: 10.1177/0894845320901795

Sawitri, D. R., Ratnaningsih, I. Z., & Perdhana, M. S. (2019). The links from career congruence, commitment to parents’ goal, and goal clarity to career aspirations and distress in students with entrepreneurship goal. Proceeding The 3rd International Conference on Family Business and Entrepreneurship in Denpasar,

Bali, 8 – 9 February 2019.

Solberg, V. S., Good, G. E., Fischer, A.R., Brown, S. D., & Nord, D. (1995). Career decision-making and career search activities: Relative effects of career search self-efficacy and human agency. Journal of Counseling Psychology, 42, 448 – 455.

Van Vianen, A. E. M., Klehe, U., Koen, J., & Dries, N. (2012). Career adapt-abilities scale – Netherlands form: psychometric properties and relationships to ability, personality, and regulatory focus. Journal of Vocational Behavior, 80, 716-724. doi: 10.1016/j.jvb.2012.01.002

Downloads

Published

2020-09-25