HUBUNGAN MINDFULNESS DAN KECENDERUNGAN AGGRESSIVE DRIVING PADA PENGENDARA MOTOR USIA DEWASA AWAL DI JAKARTA

Teguh Lesmana, Mikhael Elgin

Abstract


Kecelakaan lalu lintas kebanyakan didominasi oleh sepeda motor. Salah satu penyebab kecelakaan adalah karena adanya faktor manusia dalam berkendara ketika beberapa pengendara kesulitan mengelola amarahnya saat berkendara sehingga melakukan perilaku berkendara yang beresiko atau dikenal dengan aggressive driving. Salah satu cara untuk mengelola
amarah adalah menerapkan kebiasaan mindfulness dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu hubungan mindfulness dengan kecenderungan aggressive driving pada pengendara motor usia dewasa awal di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisa korelasional. Alat ukur Five Facet Mindfulness Questionnaires Short Version digunakan untuk mengukur kondisi mindfulness partisipan, sementara untuk mengukur kecenderungan aggressive driving menggunakan alat ukur buatan peneliti sendiri yang berdasarkan teori James dan Nahl. Partisipan dalam penelitian terdiri atas 400 subjek dan metode sampling yang digunakan purposive sampling dengan kriteria subjek pengendara motor di Jakarta yang berada pada usia dewasa awal yaitu antara usia 20 sampai 40 tahun. Hasil penelitian menunjukkan aspek mindfulness yang memiliki hubungan negatif signifikan dengan aggressive driving adalah acting with awareness (p < 0.01, r = -0.213) dan nonjudging of experience (p < 0.01, r = -0.142). Hasil tersebut menunjukkan semakin fokus pada aktivitas berkendaranya, maka kecenderungan pengendara motor untuk terlibat pada perliaku agresif semakin berkurang.


Full Text:

PDF

References


Alidina, S. (2010). Mindfulness for dummies. England, UK: John Wiley & Sons.

Amutio, A., Franco, C., Pérez-Fuentes, M. de C., Gázquez, J. J., & Mercader, I. (2015). Mindfulness training for reducing anger, anxiety, and depression in fibromyalgia patients. Fronties in Psychology, 5, 1-8. doi:10.3389/fpsyg.2014.01572

Baer, R. A., Smith, G. T., Hopkins, J., Krietemeyer, J., & Toney, L. (2006). Using self-report assessment methods to explore facets of mindfulness. Assessment 13(1), 27-45. doi: 10.1177/1073191105283504

Bone, S. A., & Mowen, J. C. (2006). Identifying the traits of aggressive and distracted drivers: A hierarchiacal trait model approach. Journal of Consumer Behaviour, 5(5), 454-464.

Compton, W. C. (2005). An introduction to positive psychology. Belmont, CA: Wadsworth, a division of Thomson Learning Inc.

Desideria, B. (2016, April 14). Ini alasan jalanan jakarta mudah membuat orang marah. Liputan6.com. Retrieved from: https://www.liputan6.com/health/read/2483611/ini-alasan-jalanan-jakarta-mudahmembuat-orang-marah

Divianta, D. (2017, November 18). Angka kematian akibat kecelakaan, Indonesia tertinggi di dunia. Liputan6.com. Retrieved from :https://www.liputan6.com/news/read/3167214/angka-kematian-akibatkecelakaan-indonesia-tertinggi-di-dunia

Eisenlohr-Moul, T. A., Peters, J. R., Pond, R. S., Jr, & DeWall, C. N. (2016). Both trait and state mindfulness

predict lower aggressiveness via anger rumination: A multilevel mediation analysis. Mindfulness, 7(3), 713–726. doi:10.1007/s12671-016-0508-x

Galovski, T. E., & Blanchard, E. B. (2002). The effectiveness of a brief psychological intervention on courtreferred and self-referred aggressive drivers. Behaviour Research and Therapy,40(12), 1385-1402. doi:10.1016/s00057967(01)001000

Goodwin, C.J. (2012). Research in psychology methods and design (sixth edition). New Jersey: John Wiley dan Sons, Inc.

Gu, J., Strauss, C., Crane, C., Barnhofer, T., Karl, A., Cavanagh, K., & Kuyken, W. (2016). Examining the factor structure of the 39-item and 15-item versions of the Five Facet Mindfulness Questionnaire before and after mindfulness-based cognitive therapy for people with recurrent depression. Psychological

Assessment, 28(7),791. doi: 10.1037/pas0000263

Gravetter, F.J., & Forzano, L.B. (2012). Research methods for behavioral sciences (4th edition). Canada: Cengage Learning.

Hennessy, D. A., Wiesenthal, D. L., & Kohn, P. M. (2000). The influence of traffic congestion, daily hassles, and trait stress susceptibility on state driver stress: an interactive perspective. Journal of Applied Biobehavioral Research, 5(2), 162-179.

Heppner., Whitney., Kernis., Michael., Lakey., Chad., …Edward. (2008). Mindfulness as a means of reducing aggressive behavior: Dispositional and situational evidence. Aggressive Behavior, 34, 486-96. doi:10.1002/ab.20258

Iani, L., Lauriola, M., Cafaro, V., & Didonna, F. (2017) Dimensions of mindfulness and their relations with psychological well-Being and neuroticism. Mindfulness, 8, 664–676. doi:10.1007/s12671-016-0645-2

Iversen, H. (2004). Risk-taking attitudes and risky driving behaviour. Transportation Research Part F: Traffic Psychology and Behaviour, 7(3), 135–150.

James, L., & Nahl, D. (2000). Road rage and aggressive driving steering clear of highway warfare. Amhest, NY: Promothens Book.

Kurniawan, R. (2019). Motor disebut penyebab utama polusi di Jakarta, ini jumlah populasinya. Retrieved from https://otomotif.kompas.com/read/2019/019/120243715/motor-disebut penyebab-utamapolusi-di-jakarta-ini-jumlahpopulasinya

Langer, E. J. (1989). Mindfulness (a merloyd lawrence book). Cambridge, MA: Da Capo Press.

Muhaz, M. (2013). Kematangan emosi dengan aggressive driving pada mahasiswa. Jurnal Online Psikologi, 1(2).

Özkan, T., Lajunen, T., Do _gruyol, B., Yıldırım, Z., Çoymak, A. (2012). Motorcycle accidents, rider behaviour: and psychological models. Accid. Anal. Prev., 49, 124–132.

Perepjolkina, V., & Renge, V. (2011). Driver’s ages, gender, driving xperience, and aggressiveness as predictors of aggressive driving behaviour. Journal of Pedagogy and Psychology “Signum Temporis”, 4(1), 62-72. doi:10.2478/v10195-0110045-2

Rowden, P., Watson, B., Haworth, N., Lennon, A., Shaw, L., & Blackman, R. (2016). Motorcycle riders’ selfreported aggression when riding compared with car driving. Transportation Research Part F: Traffic Psychology and Behaviour, 36, 92–103. doi: 10.1016/j.trf.2015.11.006

Saputra, A. D. (2018). Studi tingkat kecelakan lalu lintas jalan di Indonesia berdasarkan data KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) dari tahun 2017-2016. Warta Penelitian erhubungan, 29(2), 179. doi:10.25104/warlit.v29i2.557

Wahid, A.B. (2018). Angka kecelakaan di Jakarta meningkat, sepeda motor mendominasi. Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-4352016/angka-kecelakaan-di-jakarta-meningkat-sepeda-motormendominasi World Health Organization. (2018). Road traffic injuries. Retrieved from https://www.who.int/news-room/factsheets/detail/road-traffic-injuries


Article Metrics

Abstract view : 100 times
PDF - 132 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.