PENGARUH KONSELING KARIR TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS PSIKOLOGI

Ros Patriani Dewi, Kumala Windya Rochmani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh konseling karir terhadap pengambilan keputusan karir pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Psikologi UMBY. Subjek penelitian adalah 8 mahasiswa tingkat akhir Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang diseleksi dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu mahasiswa angkatan 2016/2017. Subjek penelitian terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan menggunakan metode penelitian Pre-Post Control Group Design. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan Skala Pengambilan Keputusan Karir. Berdasarkan hasil pretest dan posttest terdapat perbedaan skor antara pretest dan posttest, yang berarti secara deskriptif konseling karir dapat meningkatkan pengambilan keputusan karir pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Psikologi UMBY. Berdasarkan uji statistik dengan menggunakan uji Mann Whitney, hipotesis penelitian diterima yang ditunjukkan dengan diperolehnya nilai untuk kelompok eksperimen, Z = 2,575 dengan p = 0,010 < 0,050 yang berarti ada perbedaan tingkat pengambilan keputusan karir pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Psikologi UMBY antara sebelum dan setelah pemberian konseling karir, di mana tingkat pengambilan keputusan karir pada kelompok eksperimen lebih tinggi daripada tingkat pengambilan keputusan karir pada kelompok kontrol.


Full Text:

PDF

References


Arifah (2005). Pengaruh bimbingan karier terhadap kemandirian siswa dalam memilih karier pada siswa kelas III SMK Negeri 2 Magelang (Kelompok Bisnis dan Manajemen) Tahun Pelajaran 2005/2006. Skripsi.

Semarang: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. (2018). Jumlah pengangguran terbuka pada Februari 2018. http://www.bps.go.id/brs_file/naker_06mei13.pdf.

Brown, S. D., & Lent, R.W. (2005) Career development and counseling: Putting theory and research to work. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Corey. G. (2013). Teori dan praktek konseling dan psikoterapi. Bandung: Penerbit PT. Refika Aditama.

Dewi, R.P. (2017). Hubungan antara efikasi diri dengan pengambilan keputusan karir pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Psikologi UMBY. Jurnal Insight,19(2).

Ebtanastiti, F.D., & Muis, T. (20014). Survei pilihan karir mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. Jurnal BK, 4(3), 1 - 10.

Gati, I., & Asher, I. (2001). The PIC model for career decision making: Prescreening, in-depth exploration, and choice. Mahwah NJ: Erlbaum.

Gladding, S. T. (2012). Konseling sebuah profesi yang menyeluruh. Jakarta: PT. Indeks.

Giallombardo, L. (2005). Using group counseling to implement a career development program with high school students.

Gushue, G. V., & Whitson, M. L. (2006) The relationship among support, ethnic, identity, career decision self-efficacy, and outcome expectations in African American High School Students. Journal Career of Development, 33(1), 12-124.

Latipun, (2011). Psikologi konseling. Edisi Ketiga. Malang: Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang.

Le-Blanc & Landine (2005) Tailor the career counseling model to the needs of clients. Canada: University of New Brunswick.

Osborn, D. S., & Reardon, R. C. (2006) Using the self-directed search: Career explorer with high-risk middle school students. The Career Development Quarterly, 54- 269.

Prayitno, E.A. (2004). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Putrantya. D.D.P. (2008). Efektivitas program bimbingan karir “kutahu yang kumau” untuk meningkatkan kematangan vokasional remaja. Fakultas Psikologi: Universitas Gadjah Mada.

Rivera, M. L & Schaefer, M. B. (2008) The Career institute: A collaborative career development program for traditionally underseverd secondary (6-12) school students. Journal of Career Development, 36, 406-426.

Sampson, J. P., Jr., Reardon, R. C., Peterson, G. W., & Lenz, J. G. (2004). Career counseling and services: A cognitive information processing approach. Pacific Grove, CA: Brooks Cole.

Santrock, J.W. (2012). Life-span development (2nd). Jakarta: Erlangga.

Seginer, R. (2009). Future orientation, developmental and ecological perspectives. New York: Springer Science and Business Memahasiswa.

Seligman, L. (1994). Development career counseling & assessment (2nd ed). California: SAGE Publication

Winkell, W.S., & Sri, H. (2004). Bimbingan dan konseling institusi pendidikan Yogyakarta.

Witko, K.., Bernes, K.B., Magnusson, K.., & Bardick, A. D. (2005) Senior high school career planning: What students want. Journal of Educational Enquiry, 6, 34-49.


Article Metrics

Abstract view : 217 times
PDF - 256 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.