Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai dengan Metode Bermain untuk Siswa Kelas IV SDN 137698 Kota Tanjungbalai
DOI:
https://doi.org/10.26486/jsh.v4i1.3096Keywords:
Senam Lantai, Bermain, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan senam lantai tanpa alat siswa kelas 4 SD N 137698 Kota Tanjungbalai melalui Pendekatan Bermain. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diukur dari hasil tes yang diperoleh dari siklus I dan siklus II. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas dengan kolaborasi antara peneliti dan teman sejawat sebagai observer. Subyek penelitian siswa kelas 4 SD Negeri 137698 Kota Tanjungbalai semester ganjil tahun ajaran 2022-2023 yang berjumlah 25 siswa. Kemampuan awal siswa tentang gerakan senam lantai tanpa alat sangat rendah, hal ini dibuktikan dengan hasil tes sebelum perbaikan rata-rata kelasnya hanya 55,33 dan hanya 5 orang saja yang nilainya > KKM 75.Gerakan senam yang dilakukan yaitu lompat-lompat di tempat, berdiri dengan kepala, dan berdiri dengan tangan.Hasil penelitian ini menunjukkan proses belajar-mengajar meningkat dari sebelum perbaikan, siklus I dan siklus II, terbukti dari sebelum perbaikan rata-rata kelas yang dicapai siswa hanya 55,33 dengan kriteria kurang, siklus I mencapai 70,33 dengan kriteria cukup dan Siklus II mencapai rata-rata kelas 80,00 dengan kriteria “ Baik “. Sedangkan target pencapaian KKM, sebelum tindakan 20%, pada siklus I meningkat menjadi 44 % dan pada Siklus II ketuntasan meningkat lagi menjadi 92 %. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran senam lantai tanpa alat melalui Pendekatan Bermain dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SD Negeri 137698 Kota Tanjungbalai. Peningkatan ketercapaian KKM dari sebelum perbaikan sampai dengan siklus II mencapai 50%.Maka penelitian ini dianggap tuntas karena kemampuan siswa secara klasikal sudah meningkat > KKM.References
Adi, S., & Fathoni, A. F. (2020). Mobile Learning sebagai Fasilitas Belajar Mandiri Pembelajaran Senam Lantai pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Keolahragaan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(8), 1158–1165. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13946
Adlan, D., Hidayat, A. S., & Fahrudin, F. (2021). Survei Self Confidence Pembelajaran Senam Lantai pada Siswa di MTs Al Kautsar Kabupaten Karawang. Jurnal Literasi Olahraga, 2(1), 19–27. https://doi.org/10.35706/jlo.v2i1.4639
Fadillah, F. D., Anhar, D., & Royana, I. F. (2021). Penerapan model pembelajaran STAD dan TGT terhadap hasil belajar penjasorkes materi senam lantai roll belakang. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 2(2), 280–287. https://doi.org/10.53869/jpas.v2i2.95
Fajri, A. (2020). Metode Drill Dalam Peningkatan Keterampilan Dasar Rolling Senam Lantai. INSPIREE: Indonesian Sport Innovation Review, 1(1), 9–15. https://doi.org/10.53905/inspiree.v1i1.2
Heri, L., Rusilowati, A., & Raharjo, T. J. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotor Senam Lantai dalam Pembelajaran Penjasorkes pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Educational Research and Evaluation, 6(1), 19–29.
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Ichsani, I., Sulaeman, S., & Yulianti, A. (2021). Kontribusi Kekuatan Lengan, Kelentukan Dan Keseimbangan Terhadap Kemampuan Roll Ke Depan Pada Senam Lantai Siswa SMKN I Makassar. SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation, 5(1), 36. https://doi.org/10.26858/sportive.v5i1.20253
Iwandana, D. T., Sugiyanto, & Hidayatullah, M. F. (2018). Traditional Games to Form Children ’ s Characters In Dieng Plateau Banjarnegara Central Java Indonesia. Journal of Education, Health and Sport, 8(11), 407–415.
Kamadi, L. (2019). Hubungan Antara Kekuatan Otot Lengan Dan Keseimbangan Dengan Kemampuan Hand Stand Dalam Senam Lantai. SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation, 3(1), 63. https://doi.org/10.26858/sportive.v3i1.16861
Mudzakir, D. O. (2020). Pengaruh Permainan Olahraga Tradisional Penjas Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 10(1), 44–49.
Muhammad Zaenal Arwih. (2018). Muhammad Zaenal Arwih : Hubungan Kekuatan Otot Lengan Dengan Kemampuan Handstand Pada Olahraga Senam Lantai Mahasiswa Penjaskesrek Angkatan 2016 Kelas B FKIP UHO. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 17(2), 54.
Mulyana, F. R. (2017). Pengaruh Gaya Mengajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Stut Senam Lantai. Journal Sport Area, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.25299/sportarea.2017.vol2(1).454
Nurhuda, N. (2017). Upaya Meningkatan Hasil Belajar Sikap Lilin Dalam Pembelajaran Senam Lantai Melalui Bantuan Teman Pada Peserta Didik SD Negeri 9 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017. JOURNAL SPORT AREA, 2(2), 76. https://doi.org/10.25299/sportarea.2017.vol2(2).607
Nuryanto, A., & Resita, C. (2019). Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Senam Lantai Loncat Kangkang Pada Siswa Kelas X MA Negeri 2 Karawang. JSPEED, 2(1), 1–7.
Sahrol, S., Akbar, K., & Atmaja, N. M. K. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Guling Depan Dalam Senam Lantai Dengan Metode Bermain Pada Siswa Kelas V Sdn 1 Kancong Tanah Pinoh Barat. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek), 8(1), 30–35. https://doi.org/10.46368/jpjkr.v8i1.318
Stiyapranomo, D. A., & Iwandana, D. T. (2022). Penerapan Metode Demonstrasi dan Penugasan Berbasis Google Formulir Berbantuan Media Pembelajaran Vpams-Ppt untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Senam Lantai. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 7(1), 58–65.
Titting, Fellyson, Hidayah, Taufik, Pramono, H. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Senam Lantai Berbasis Android Pada Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di SMA. Journal of Physical Education and Sports, 5(2), 120–126. https://doi.org/10.15640/jpesm
Waras, W. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Senam Lantai melalui Teknik Modeling. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(1), 113–120. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i1.148
Yusuf, Y. (2018). Peningkatan ketrampilan senam lantai siswa kelas VI SDN Dempelan 01 melalui pembelajaran langsung dengan metode JIGSAW. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 54–60. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2366
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Fair Play Mercu Buana agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Fair Play Mercu Buana right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JPSB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JPSB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).