Efektifitas Senam Si Buyung Dalam Bentuk Cerita untuk Meningkatkan Motorik Anak

Authors

  • Rachmah Rafa Dinda Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Yudha Febrianta Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.26486/jsh.v4i1.2911

Keywords:

Senam Si Buyung, Motorik Anak, Efektifitass

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih belum adanya gerakan motorik siswa yang kurang terkoordinasi dengan baik. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui apakah ada efektifitas Senam Si Buyung dalam bentuk cerita untuk meningkatkan motorik anak pada siswa kelas 1 SD Negeri Purwosari dan TK BA Aisyiyah Bojongsari pada usia 6 tahun dengan subjek penelitian sebanyak 23 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan dianalisis menggunakan quasi eksperiment dengan desain single group time series design hasil dari penelitian motorik anak TK BA Aisyiyah pada anak usia 6 tahun dengan dan nilai signifikansi 0,0000,05. Peningkatan prettest-posttest di tunjukan dengan nilai t -7,825 1 SD Negeri Purwosari pada anak usia 6 tahun dengan dan nilai signifikansi 0,0000,05. Peningkatan prettest-posttest di tunjukan dengan nilai t -5.559, sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan sebelum dan sesudah mengalami perlakuan yang signifikan.Berdasarkan hasil uji hipotesis penelitian dan pembahasan tentang efektifitas senam si buyung dalam bentuk cerita untuk meningkatkan motorik anak pada siswa kelas 1 SD Negeri Purwosari dan TK Aisyiyah Bojongsari pada anak usia 6 tahun. Yaitu terdapat efektifitas senam si buyung terhadap motorik anak pada usia 6 tahun. 1. Dari hasil pengujian dapat dilihat uji validitas prettest dan posttest untuk TK BA Aisyiyah Bojongsari dengan dinyatakan sudah melebih rtabel/ rchronback alpha kemudian dari uji reabilitas prettest dan posttest dinyatakan reliable dengan hasil sebesar 0,672 yang berarti bahwa hasil dari senam si buyung untuk meningkatkan motorik anak valid dan realibel 2. Efektifitas senam si buyung dalam bentuk cerita untuk meningkatkan motorik anak pada siswa kelas 1 SD Negeri Purwosari dan TK BA Aisyiyah Bojongsari pada anak usia 6 tahun terdapat pengaruh yang positif. Adanya peningkatan pada TK BA Aisyiyah dengan hasil nilai uji t -5,559 pada motoriknya.

References

Bernadeta Suhartini. (2001). Penelitian tentang Membuat Norma Tes Kemampuan Motorik Kasar Anak TK

Depdiknas. (2002). Model Pengembangan Motorik Anak Prasekolah. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2004). Instrumen Pemanduan Bakat Senam. Jakarta: Depdiknas.

Desmita. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Eriani, Eva. &

Dimyati. (2020). Stimulasi Kreativitas Gerak Anak Melalui Senam Si Buyung. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 03(02), 88-97

Febrianta, Yudha., Kusnandar., Panuwun Joko Nurcahyo. (2021). Perkembangan Motorik Anak Usia Dini. Banyumas:Amerta Media.

Febrianta,Yudha (2017). Model Pembelajaran Motorik Yang Menyenangkan Di Pendidikan Anak Usia Dini.

Gipit, M. A., Charles, M. R. A., Musa, R. M., Kosni, N. A., & Maliki, A. B. H. M. (2017). The Effectiveness Of Traditional Games Interventio

Hughes, Fergus P. (2010). Children, Play, And Development. USA: SAGE Publications.

Kustati., Uen Hartiwan., & Supriyono. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Senam Si Buyung Menggunakan Lagu Potong Bebek Angsa Kelas 1 SD Negeri 1 Notog Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2016. Journal of Physical Education, Heaalth and Sport, 3(1), 32-42..

Marwati, Sri., Sukamti, Endang Rini., & Prasetyo, Yudik. (2012). Pembuatan Paket Senam Si Buyung Untuk Guru Guru TK. Yogyakarta: UNY.

Pradipta, Galih Dwi., & Pamuji Sukoco. (2013). Model Senam Si Buyung Untuk Pembelajaran Motorik Kasar Pada Siswa Taman Kanak-Kanak. Jurnal Keolahragaan, 1(2), 130-141.

Rahmawati, R., & Simatupang, N. S, (2014). Senam si buyung dengan metode demonstrasi dalam pengembangan motorik anak , obsesi, 1 (2), 1-6

Rusli,Muhammad & Badarudin,Badaruddin (2022) Efektifitas Metode Pembelajaran Dan Kemampuan Motorik Dasar Terhadap Keterampilan Dribbbling Bola Pada Siswa Negeri 2 Tomia Kabupaten Wakatomi. Jurnal Ilmu Keolahragaan. 21(1), 41-48

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukamti, Endang Rini. (2007). Diktat Perkembangan Motorik. Yogyakarta: UNY.

Downloads

Published

29-05-2023

Issue

Section

Articles