Efektifitas Senam Si Buyung Dalam Bentuk Cerita untuk Meningkatkan Motorik Anak
DOI:
https://doi.org/10.26486/jsh.v4i1.2911Keywords:
Senam Si Buyung, Motorik Anak, EfektifitassAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah masih belum adanya gerakan motorik siswa yang kurang terkoordinasi dengan baik. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui apakah ada efektifitas Senam Si Buyung dalam bentuk cerita untuk meningkatkan motorik anak pada siswa kelas 1 SD Negeri Purwosari dan TK BA Aisyiyah Bojongsari pada usia 6 tahun dengan subjek penelitian sebanyak 23 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan dianalisis menggunakan quasi eksperiment dengan desain single group time series design hasil dari penelitian motorik anak TK BA Aisyiyah pada anak usia 6 tahun dengan dan nilai signifikansi 0,0000,05. Peningkatan prettest-posttest di tunjukan dengan nilai t -7,825 1 SD Negeri Purwosari pada anak usia 6 tahun dengan dan nilai signifikansi 0,0000,05. Peningkatan prettest-posttest di tunjukan dengan nilai t -5.559, sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan sebelum dan sesudah mengalami perlakuan yang signifikan.Berdasarkan hasil uji hipotesis penelitian dan pembahasan tentang efektifitas senam si buyung dalam bentuk cerita untuk meningkatkan motorik anak pada siswa kelas 1 SD Negeri Purwosari dan TK Aisyiyah Bojongsari pada anak usia 6 tahun. Yaitu terdapat efektifitas senam si buyung terhadap motorik anak pada usia 6 tahun. 1. Dari hasil pengujian dapat dilihat uji validitas prettest dan posttest untuk TK BA Aisyiyah Bojongsari dengan dinyatakan sudah melebih rtabel/ rchronback alpha kemudian dari uji reabilitas prettest dan posttest dinyatakan reliable dengan hasil sebesar 0,672 yang berarti bahwa hasil dari senam si buyung untuk meningkatkan motorik anak valid dan realibel 2. Efektifitas senam si buyung dalam bentuk cerita untuk meningkatkan motorik anak pada siswa kelas 1 SD Negeri Purwosari dan TK BA Aisyiyah Bojongsari pada anak usia 6 tahun terdapat pengaruh yang positif. Adanya peningkatan pada TK BA Aisyiyah dengan hasil nilai uji t -5,559 pada motoriknya.References
Bernadeta Suhartini. (2001). Penelitian tentang Membuat Norma Tes Kemampuan Motorik Kasar Anak TK
Depdiknas. (2002). Model Pengembangan Motorik Anak Prasekolah. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2004). Instrumen Pemanduan Bakat Senam. Jakarta: Depdiknas.
Desmita. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Eriani, Eva. &
Dimyati. (2020). Stimulasi Kreativitas Gerak Anak Melalui Senam Si Buyung. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 03(02), 88-97
Febrianta, Yudha., Kusnandar., Panuwun Joko Nurcahyo. (2021). Perkembangan Motorik Anak Usia Dini. Banyumas:Amerta Media.
Febrianta,Yudha (2017). Model Pembelajaran Motorik Yang Menyenangkan Di Pendidikan Anak Usia Dini.
Gipit, M. A., Charles, M. R. A., Musa, R. M., Kosni, N. A., & Maliki, A. B. H. M. (2017). The Effectiveness Of Traditional Games Interventio
Hughes, Fergus P. (2010). Children, Play, And Development. USA: SAGE Publications.
Kustati., Uen Hartiwan., & Supriyono. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Senam Si Buyung Menggunakan Lagu Potong Bebek Angsa Kelas 1 SD Negeri 1 Notog Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2016. Journal of Physical Education, Heaalth and Sport, 3(1), 32-42..
Marwati, Sri., Sukamti, Endang Rini., & Prasetyo, Yudik. (2012). Pembuatan Paket Senam Si Buyung Untuk Guru Guru TK. Yogyakarta: UNY.
Pradipta, Galih Dwi., & Pamuji Sukoco. (2013). Model Senam Si Buyung Untuk Pembelajaran Motorik Kasar Pada Siswa Taman Kanak-Kanak. Jurnal Keolahragaan, 1(2), 130-141.
Rahmawati, R., & Simatupang, N. S, (2014). Senam si buyung dengan metode demonstrasi dalam pengembangan motorik anak , obsesi, 1 (2), 1-6
Rusli,Muhammad & Badarudin,Badaruddin (2022) Efektifitas Metode Pembelajaran Dan Kemampuan Motorik Dasar Terhadap Keterampilan Dribbbling Bola Pada Siswa Negeri 2 Tomia Kabupaten Wakatomi. Jurnal Ilmu Keolahragaan. 21(1), 41-48
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukamti, Endang Rini. (2007). Diktat Perkembangan Motorik. Yogyakarta: UNY.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Fair Play Mercu Buana agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Fair Play Mercu Buana right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JPSB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JPSB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).