Pengembangan Model Senam Si Buyung Dalam Bentuk Cerita untuk Pembelajaran Motorik di Sekolah

Authors

  • Wita Salwa Salsabila Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Yudha Febrianta Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.26486/jsh.v4i1.2902

Keywords:

Senam Si Buyung, Motorik, Pengembangan,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model senam si buyung dalam bentuk cerita untuk pembelajaran motorik di sekolah yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yang meliputi analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Uji coba lapangan dilaksanakan didua sekolah yaitu TK BA Aisyiyah Bojongsari dan SD Negeri Purwosari dengan subjek penelitian peserta didik dengan banyaknya 23 peserta didik dimasing-masing sekolah. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pengamatan, wawancara, observasi, lembar penilaian pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan merupakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu mengembangkan model senam si buyung dalam bentuk cerita untuk pembelajaran motorik disekolah. Beradasarkan hasil dari penilaian ahli bahasa dengan nilai presentase sebesar 74% berdasarkan hasil presentase tersebut dapat dikategorikan “Validâ€, ahli media dengan nilai presentase sebesar 74% berdasarkan hasil presentase tersebut dapat dikategorikan “Validâ€Â  dan ahli materi dengan nilai presentase presentase sebesar 98% dari praktisi guru penjas SD memperoleh nilai presentase sebesar 96% berdasarkan hasil presentase tersebut dapat dikategorikan “Sangat Validâ€. Sedangkan dari praktisi guru TK memperoleh nilai presentase sebesar 82% berdasarkan hasil presentase tersebut dapat dikategorikan “Sangat Validâ€. Berdasarkan hasil yang diperoleh jumlah rata-rata dengan presentase 84,8% dan dapat dikategorikan "sangat valid".

References

Bernadeta Suhartini. (2001). Penelitian tentang Membuat Norma Tes

Kemampuan Motorik Kasar Anak TK

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: ADDIE Approach. New York:Springer

Depdiknas. (2002). Model Pengembangan Motorik Anak Prasekolah. Jakarta: Depdiknas.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction 8th edition. Boston:Pearson.

Febrianta, Yudha., Kusnandar., Panuwun Joko Nurcahyo. (2021). Perkembangan Motorik Anak Usia Dini. Banyumas:Amerta Media.

Ma’mun, Amung & Saputra, Yudha M. (2000). Perkembangan Gerak dan Belajar Gerak. Jakarta: Depdikbud

Marwati, Sri., Sukamti, Endang Rini., & Prasetyo, Yudik. (2012). Pembuatan Paket Senam Si Buyung Untuk Guru Guru TK. Yogyakarta: UNY.

Pradipta, Galih Dwi., & Pamuji Sukoco. (2013). Model Senam Si BuyungUntukPembelajaranMotorikKasar Pada Siswa Taman Kanak-Kanak.Jurnal Keolahragaan, 1(2), 130-141.

Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Samsudin. 2008. Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Prenada Media Group

Sugiono (2010). Metode Penelititan Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sukamti, Endang Rini. 2007. Perkembangan Motorik. Yogyakarta: UNY

Wibowo AT, Kushartanti BMW, Iwandana DT. Asmaball is an alternative sport games for asthmatics of senior high school. Qual Sport. 2020;6(1):27.

Downloads

Published

29-05-2023

Issue

Section

Articles