ANALISA PENGARUH IKLAN, CASHBACK DAN USER FRIENDLY TERHADAP IMPULSE BUYING KONSUMEN DOMPET ELEKTRONIK OVO DI SURAKARTA

aris indri yanti, Oryza Rully Adhiyani

Abstract


Meningkatnya penggunaan uang digital atau yang kerap disebut e-money dalam 5 tahun terakhir membuka kesempatan bagi perusahaan untuk memasarkan produknya lebih luas. Pertumbuhan sebesar 361% sampai maret 2018. Salah satu dompet elektronik yang pertumbuhannya meningkat adalah OVO di bawah naungan PT Visionet Internasional.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor iklan, cashback serta kemudahan penggunaan (user friendly) dompet elektronik terhadap impulse buying konsumen dompet elektronik OVO di Surakarta. Bentuk analisa statistik yang digunakan adalah uji Validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik serta  analisa regresi berganda meliputi uji T dan uji F. Populasi dalam penelitian ini konsumen pengguna aktif OVO dengan memperhatikan kelompok usia, yaitu usia kelahiran 1965 – 2010 yang berdomisili di 5 kecamatan di Surakarta. Jumlah sample yang diambil sebanyak 200 sample. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini perusahaan dompet elektronik OVO dalam kegiatan marketingnya dapat memberikan penekanan pada 3 variabel yang terbukti berpengaruh terhadap impulse buying yaitu iklan, cashback, user friendly untuk melakukan penetrasi pasar. Di antara 3 variabel bebas tersebut, variable bebas user friendly merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap variabel terikat impulse buying


Keywords


pengaruh iklan, cashback, kemudahan penggunaan (user friendly), impulse buying

Full Text:

PDF

References


Adriani Kusuma, M. Noer Sudrajat, Ferdy Rachmat Kurniawan.(2018). “Pengaruh Price Diskon dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying, Studi Kasus Pada Indomaret Unit Dirgahayu”. .Jurnal Makro Manajemen. ISSN 1412-2936. EISSN 2549-7308. Issue Vol 3, No 2.210-223

Alfarizi, R. A., Rachma, N., & Hufron, M. (n.d.). Pengaruh Promosi Penjualan dan Atmosfer Toko Terhadap Pembelian Impulsif dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Intervening pada Konsumen Superindo Tlogomas Malang.Jurnal Ilmiah Riset Manajemen. Prodi Manajemen,Issue Vol 8 No 9, 75–87.

Al-Jabri, I. M., & Sohail, M. S. (2012). Mobile Banking Adoption : Application of diffusion of innovation theory. Journal of Electronic Commerce research, 13.

Anastasia Anin F., Rasimin BS., & Nuryati Atamimi. (2000). “Hubungan Self Monitoring Dengan Impulsive Buying Terhadap Produk Fashion Pada Remaja”. Jurnal Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. ISSN: 0215-8884. Issue Volume 35, No. 2, 181 – 193.

Arifianti, Ria. (2015). “Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying pada Hypermarket di Kota Bandung”. Penelitian Universitas Padjajaran Bandung. Jurnal ASM Vol 5 No 3.

Asterrina, Febrya. (2013).”Pengaruh Diskon Terhadap Perilaku Impulse Buying (Studi Pada Konsumen Centro Departemen Store di Margo City”. Digilib UI.

Astuti. (2005). “Perbedaan Evektivitas Pemberian Diskon Harga dan Pemberian Merchandise Unik dalam Memunculkan Perilaku Pembelian Impulsif pada Remaja”. Skripsi (TidakDiterbitkan). Fakultas Psikologi. Universitas Gadjah Mada.

Atika R, Martani. (2017). “Konstruksi Daya Saing KartuE-Toll Bank Mandiri dari Perspektif Pelanggan dengan Implementasi Model Technology Acceptance Model (TAM) di Kalangan Seluruh Civitas Akademika Perbanas Institute”.Vol.1 No.1 Jurnal Riset Perbankan Manajemen dan Akuntansi.

Bank Indonesia.(2018). “Peraturan Bank Indonesia”. Nomor 20/6/PBI/2018.

Charis, Ismu Fadli. (2011). “Studi Mengenai Impulse Buying dalam Penjualan Online, Studi Kasus di Lingkungan Universitas Diponegoro Semarang”. Penelitian mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Diponegoro Semarang.

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly.https://doi.org/10.2307/249008,Management Information Systems Research Center, University of Minnesota MIS Quarterly, 08/09/2013. Vol. 13, No. 3 (Sep., 1989), pp. 319-340,.

Dianti, S. (2017). “Pengaruh Harga, Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Jasa Angkutan Gojek pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Prodi Social Sciences UIN Syarif Hidayatullah Jakarta”. Resposittory UIN Jakarta.

Dini Agustina, Mukhamad Najib, dan Budi Suharjo. (2018).”Pengaruh Personalisasi Iklan Online Terhadap SikapDan Minat Beli Konsumen”.MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen Volume 8, No. 2, Juni 2018, 243 – 253.

Djayakusuma, Tams. (1982). Periklanan. Bandung: Armico.

Engel, J.E, Blackwell, R.D & Miniard,P.W. (1995). “Perilaku Konsumen, Edisikeenam Jilid dua. Alih Bahasa: Budiyanto”. Jakarta: Binarupa Aksara.

Ferdinand A. (2006). “Structural EquationModelling dalam Penelitan Manajemen”. Edisi 2.03/BPUNDIP. Seri Pustaka Kunci. Jakarta.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hatane Semuel. (2005). “Respons Lingkungan Berbelanja Sebagai Stimulus Pembelian Tidak Terencana pada Toko Serba Ada (Toserba) (studi Kasus Carrefour Surabaya)”. Jurnal Manajemen dan Kewirausahan. Surabaya . ISSN: 1411-1438, e-ISSN: 2338-8234.Vol 7 N0 2.140-158.

Jain, Karuna; Shilpa Bhakar; dan Shailja Bhakar. (2014). "Effect of Communication

and Personalization on Loyalty with Trust as Mediating Variable". International Journal of Management & IT-Sanchayan. ISSN: 2277-1689 (Print), 2278-8441 (Online).3(1):1-20.

Jefkins, Frank.(1997). Periklanan. Jakarta: Erlangga.

Kasali, Rhenald. (1995). “Manajemen Periklanan”. Jakarta: Grafiti.

Loudon, D.L. & Bitta, A.J. (1993). ”Consumer Behavior Concept and Aplication. Fourt Edition. Singapore” : McGraw‐Hill Book co.

Mayang, P. A. D. S. (2018). “Analisis Adopsi Uang Elektronik Dengan Pendekatan Teori Difusi Inovasi (Studi Pada Pengguna Uang Elektronik OVO di Kota Malang)”. Jurnal Ilmilah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya.Vol 7 No 2.1-12.

Mowen, J. C. and Michael Minor. (2001). “Consumer Behavior”. Fifth Edition, Harcourt, Inc.

Muiz, M., Rachma, N., & Slamet, A. R. (n.d.). (2011). “Pengaruh Sales Promotion dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Pembelian Ulang di Mediasi Variabel Kepuasan Konsumen”. Prodi Manajemen, 50–62.

Nazari, F., Khosravi, F., & Babalhavaeji, F. (2013). “Applying Rogers' Diffusion of Innovation Theory to the Acceptance of Online Database at University Zone of Iran”. Malaysian Journal of Library & Informational Science, Vol. 18(No. 3), 25-38.

Nur Ariani, Rizka Maulidya. (2016).”Pengaruh Daya Tarik Iklan Online Shop Terhadap Pembelian Impulse (Impulse Buying)”. Tesis Program Magister Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.

Ntemana, T. J., & Olatokun, W. (2012). “Analyzing the Influence of Diffusion of Innovation Attributes on Lectures' Attitudes Toward Information and Communication Technologies. An Interdisciplinary Journal on Humans in ICT Environment”. Vol. 8(No. 2), 179- 197.

O’Cass. (2000). “A Psychometric Evaluation of A revised Version of the Lenox and Wolfe Revised Self monitoring. Psychology and Marketing”. Issue 17 No 5, 397 – 4419.

Pavlou, Paul A; dan David W. Stewart. (2000). "Measuring the Effects and Effectiveness of Interactive Advertising: A Research Agenda". Journal of Interactive Advertising. Issue 1: 62-78. doi: 10.1080/15252019.2000.10722044.

Pujiyanto. (2001). “Periklanan”. Malang: Universitas Negeri Malang.




DOI: https://doi.org/10.26486/jpsb.v9i1.1407

Article Metrics

Abstract view : 72 times
PDF - 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 aris indri yanti, Oryza Rully Adhiyani

Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis

Indexed by

 

 Creative Commons LicenseCrossref logo

Google ScholarDimensionsipiii.png

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.