Efektivitas expressive writing untuk menurunkan kecemasan penderita gangguan bipolar
DOI:
https://doi.org/10.26486/intensi.v3i1.4407Abstract
Gangguan bipolar merupakan salah satu gangguan mood yang ditandai dengan perubahan suasana hati yang ekstrem, dari episode mania hingga depresi. Selain itu, penderita bipolar juga mengalami kecemasan, yang dapat memperburuk kondisi klinis dan meningkatkan risiko kekambuhan serta rawat inap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas expressive writing untuk menurunkan kecemasan pada penderita gangguan Bipolar. Metode kuasi eksperimen one group pretest-posttest digunakan sebagai desain penelitian ini. Teknik sampling dengan memanfaatkan purposive sampling. Sejumlah 6 orang dengan rentang usia 21-50 tahun digunakan sebagai subjek penelitian. Instrument yang digunakan adalah dengan menggunakan Beck Anxiety Inventory (BAI) versi Indonesia untuk kecemasan, alat ukur tersebut sudah teruji validatas dan reliabiltasnya. Uji validitas yang dilakukan menghasilkan validitas yang memiliki korelasi yang positif (r = .52, p < .01). Uji reliabilitas yang dilakukan menghasilkan nilai koefisien Cronbach Alpha sebesar 0,86. Teknik intervensi menggunakan expressive writing. Teknik analisis data dengan menggunakan paired sample t test. Penelitian ini diperoleh ada perbedaan sebelum dan sesudah dilakukan intervensi expressive writing. Hal ini berdasarkan uji t dengan p value yang memperoleh nilai 0,001 < 0,005. Maka dari itu menurut analisis data statistik dapat disimpulkan bahwa expressive writing dapat menurunkan tingkat kecemasan pada penderita gangguan Bipolar. Menulis tentang pengalaman emosional dapat memberikan manfaat psikologis, termasuk pengurangan gejala kecemasan.
Kata Kunci: Expressive Writing, Kecemasan, Bipolar
References
Akkaya, C., Altın, M., Kora, K., Karamustafalıoğlu, N., Yaşan, A., Tomruk, N., & Kurt, E. (2012). Türkiye’de Bipolar I Bozukluğu Hastalarının, Sosyodemografik ve Klinik Özellikleri-home Çalışması. In Klinik Psikofarmakoloji Bülteni-Bulletin of Clinical Psychopharmacology, 22(1), 31-42. https://doi.org/10.5455/bcp.20111222061433
Aldrich, T. G. (2010). Expressive writing: A technique for improving communication in individuals with autism and related disorders. Dissertations, Thesis and Capstone Projects. Paper 175. https://digitalcommons.kennesaw.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1176&context=etd
American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5-TR). Arlington, VA: American Psychiatric Association.
Baikie, K., A. & Wilhelm, K. (2018). Emotional and physical health benefits of expressive writing. Advances in Psychiatric Treatment, 11, 338-346. https://doi.org/10.1192/apt.11.5.338
Beck, A. & Clark, D. (2010). Cognitive Therapy of Anxiety Disorders: Science and Practice. New York: The Guilford Press.
Burton, C. M., & King, L. A. (2019). The health benefits of expressive writing about traumatic experiences: A meta-analysis. Journal of Anxiety Disorders, 65, 69-78. https://doi.org/10.1016/j.janxdis.2018.12.003
Burton, C. M., & King, L. A. (2021). Emotional expression through writing as a coping mechanism: Implications for mood disorders. Clinical Psychology Review, 85, 101977. https://doi.org/10.1016/j.cpr.2020.101977
Christianto, L. P., Kristiani, R., Franztius, D. N., Santoso, S. D., Winsen, & Ardani, A. (2021). Kecemasan Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 3(1), 67-82. https://doi.org/10.33541/Jsvol2iss1pp1
Coskun, M., Zoroğlu, S. S., & Öztürk, M. (2023). Pediatrik Bipolar Bozukluk Etiyolojisinde Genetik ve Nörobiyolojik Faktörler. Klinik Psikofarmakoloji Bülteni-Bulletin of Clinical Psychopharmacology, 20(1), 101–108. https://doi.org/10.1080/10177833.2010.11790642
Gao, X. (2022). Research on expressive writing in psychology: A forty-year bibliometric analysis and visualization of current status and research trends. Front. Psychol. 13:825626. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.825626
Ginting, H., Naring, G., et al. 2013. Validating the Beck Depression Inventory-II in Indonesia’s general population and coronary heart disease patients. International Journal of Clinical and Health Psychology, 13(3), 235-242. https://doi.org/10.1016/S1697-2600(13)70028-0
Grande, I., Berk, M., Birmaher, B., & Vieta, E. (2016). Bipolar disorder. The Lancet, 387(10027), 1561–1572. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(15)00241-X
Jessline, I., Satiadarma, M. P., & Idulfilastri, R. M. (2021). Studi meta analisis efektivitas CBT untuk kecemasan pada gangguan bipolar. In Jurnal Muara Ilmu Sosial Humaniora dan Seni, 5(2), 569-579. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v5i2.12203.2021
Juliano, S. (2015). Komunikasi dan gender: Perbandingan gaya komunikasi dalam budaya maskulin dan feminim. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, 5(1), 19-30. https://repository.unikom.ac.id/30105/1/sangra-juliano-p.pdf.
Keeling, M. L., & Bermúdez, J. M. (2007). Externalizing problems through art and writing: Experience of process and helpfulness. Journal of Marital and Family Therapy, 32(4), 405–419. https://doi.org/10.1111/j.1752-0606.2006.tb01617.x
Maharani, S.N., Noviekayati, I & Meiyuntariningsih, T. (2017). Efektivitas expressive writing therapy dalam menurunkan tingkat stress pada remaja dengan albino ditinjau dari tipe kepribadian introvert dan ekstrovert. Persona Jurnal Psikologi Indonesia, 6(1). 48-60. https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/persona/article/view/1299
Melathy, C.E., & Astuti, T.P. (2014). Pengaruh menulis ekspresif terhadap kecemasan pada penderita Diabetes Mellitus tipe II. Jurnal Empati, 3(4). https://doi.org/10.14710/empati.2014.7565
Mukholil, M. (2018). Kecemasan dalam proses belajar. In Eksponen 8(1), 1-8. https://doi.org/10.47637/eksponen.v8i1.135
National Institute of Mental Health (NIMH). (2021). Bipolar disorder. Retrieved from https://www.nimh.nih.gov/health/topics/bipolar-disorder
Niman, S., Saptiningsih, M., & Tania, C. (2019). Pengaruh terapi menulis ekspresif terhadap tingkat kecemasan remaja korban bullying. In Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(2), 179-184 https://doi.org/10.26714/jkj.7.2.2019.181-184.
Nisa, C., Masruroh, F., & Pratikno, H. (2022). Expressive writing therapy untuk meningkatkan kemampuan pengungkapan diri (self disclosure) pada pasien skizofrenia paranoid. Jurnal ilmiah Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan dan Hukum Islam, 20(1), 195-207. https://ejournal/iaiibrahim.ac.id/index.php/arrisalah/article/view/1341.
Pennebaker, J. W., & Smyth, J. M. (2019). Opening up by writing it down: How expressive writing improves health and eases emotional pain (3rd ed.). The Guilford Press.
Putri, I. V., & Effendy, E. (2019). Expressed emotion in a woman with Bipolar Disorder: A case report from Deli Serdang. In Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, 7(16), 2671. https://doi.org/10.3889/oamjms.2019.400
Putriani, L., Neviyarni, N., Marjohan, M., & Afdal, A. (2022). Expressive Arts; an alternative technique for counselor on counseling session. In Jurnal Neo Konseling, 4(1), 6-11. https://doi.org/10.24036/00626kons2022
Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). (2018). Laporan nasional riset kesehatan dasar 2018. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Simon, N. M., Otto, M. W., Worthington, J. J., & Pollack, M. H. (2020). The association of anxiety disorders with bipolar disorder. Depression and Anxiety, 37(5), 412–418. https://doi.org/10.1002/da.23046
Sloan, D. M., Marx, B. P., Lee, D. J., & Resick, P. A. (2018). A brief exposure-based treatment vs. cognitive processing therapy for PTSD: A randomized noninferiority clinical trial. JAMA Psychiatry, 75(3), 233–239. https://doi.org/10.1001/jamapsychiatry.2017.4249
Stanton, A. L., Low, C. A., & Danoff-Burg, S. (2021). Expressive writing in the context of gender differences: An investigation of emotional processing and well-being. Journal of Health Psychology, 26(2), 145-158. https://doi.org/10.1177/1359105319870048
Syah, A. Y. (2023). The effect of expressive writing therapy in reducing anxiety levels in adolescent bullying victims. In Babali Nursing Research, 4(3), 337-347 https://doi.org/10.37363/bnr.2023.43248
Sylvia, L. G., Peters, A. T., Deckersbach, T., & Friedman, E. S. (2017). Anxiety in bipolar disorder: A neglected clinical and research focus. The Journal of Clinical Psychiatry, 78(8), 1123–1124. https://doi.org/10.4088/JCP.17f11770
Travagin, G., Margola, D., & Revenson, T. A. (2020). How effective is expressive writing? A meta-analysis of 30 years of research. Psychological Bulletin, 146(8), 713–753. https://doi.org/10.1037/bul0000273
White, V.E., Murray, M.A. (2002). Passing notes: The use of therapetic letter writing in counseling adolescents. Journal of Mental health Counseling. 24(2), 166-176. https://psycnet.apa.org/record/2002-13525-007
White, H., & Sabarwal, S. (2020). Quasi-experimental design and methods. Methodological Briefs: Impact Evaluation, 8(3), 1-16. https://doi.org/10.1017/9781108529524