Metode Applied Behavior Analysis (ABA) dalam Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Autis Usia 4-6 Tahun

Authors

  • Oktantia Zumarnis Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Muhimmatul Hasanah
  • Ima Fitri Sholichah

DOI:

https://doi.org/10.26486/intensi.v1i1.3193

Keywords:

kemampuan interaksi sosial, metode Applied Behavior Analysis (ABA), autis

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh metode Applied Behavior Analysis (ABA) dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial pada anak autis usia 4-6 tahun. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria subjek merupakan anak autis di Amanah Terapi dan Edukasi Gresik berusia 4-6 tahun, orangtua subjek penelitian bersedia mengisi informed consent orangtua bersedia bahwa anaknya akan mengikuti treatment dengan jadwal yang telah ditentukan. Partisipan penelitian ini awalnya adalah 4 anak autis di Amanah Terapi dan Edukasi Gresik. Namun, di akhir sesi treatment subjek yang tersisa adalah 2 anak autis. Skala kemampuan interaksi sosial pada penelitian ini menggunakan ATEC (Autism Treatment Evaluation Checklist) kemampuan interaksi sosial. Penelitian ini menggunakan rancangan one group pretest posttest design. Treatment metode ABA diberikan selama 10 pertemuan dengan dibagi 2 sesi setiap pertemuan, pada setiap sesi berdurasi 2 jam. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Wilcoxon. Hasilnya menunjukkan (Z= -1,342; p= 0,180), yang artinya nilai p lebih besar daripada nilai alpha 0,05. Sehingga dapat dikatakan bahwa tidak terdapat perbedaan antara skor pretest dan posttest pada subjek setelah mendapatkan treatment metode ABA. Sedangkan pada perhitungan gain score menunjukkan bahwa subjek mengalami peningkatan 2 hingga 3 skor. Artinya, menurut perhitungan gain score subjek mengalami peningkatan namun tidak signifikan.

References

Aksoy, F. (2018). Severity levels of autism, social interaction behaviours and school adjustment of pre-school children with Autism Spectrum Disorder. International Journal of Early Childhood Special Education, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.20489/intjecse.454037

Anwar, A., Sutadi, R., & Miranda, C. (2022). Development of Discrete Trial Training (DTT) Procedure in Smart Applied Behavior Analysis (Smart ABA) for Autism. Journal of Psychology and Behavior Studies, 2(1), 63–44. https://doi.org/10.32996/jpbs.2022.2.1.7

Aydillah, D., & Rokhaidah. (2018). Metode Glenn Doman Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Anak Autis. Jurnal Care, 6(1), 15-25.

Nur Asiah, Ari Sofia, S. (2019). Hubungan Penggunaan Gadget terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Persepsi Masyarakat Terhadap Perawatan Ortodontik Yang Dilakukan Oleh Pihak Non Profesional, 53(9), 1689–1699.

Dewi, N. N. A. I., & Retnoningtyas, D. W. (2019). Efektivitas Applied Behavior Analysis terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Murid SLB dengan Gangguan Spektrum Autis di Bali. Jurnal Psikologi Mandala, 3(2), 21–28.

Dewi, R., Inayatillah, & Yullyana, R. (2018). Pengalaman Orangtua dalam Mengasuh Anak Autis di Kota Banda Aceh. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 3(2), 288–301.

Farida, N., & Friani, D. A. (2019). Manfaat Interaksi Teman Sebaya Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Dini Di Ra Muslimat Nu 007 Gandu 1 Mlarak Kabupaten Ponorogo Provinsi Jawa Timur. JURNAL SOSIAL : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 19(2), 169–175. https://doi.org/10.33319/sos.v19i2.14

Handojo. (2009). Autisme pada Anak. PT. Bhuana Ilmu Populer.

Hapsari, Dessy. (2016). Pengaruh Terapi Murottal Surat Al-Mulk terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Autis di SLB N 01 Bantul Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta : Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Heri, M., Purwantara, K. G., & Ariana, P. A. (2021). Terapi Applied Behavior Analysis Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Autisme umur 7-12 Tahun. Jurnal Keperawatan Silampari, 5(1), 35-42.

Kurniawan, A. (2021). Deteksi Dini Anak Autism. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 7(1), 57. https://doi.org/10.17977/um031v7i12021p57-61

Rafiee, S., & Khanjani, Z. (2019). International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding The Effectiveness of Applied Behavior Analysis Therapy in Children with Autism Spectrum. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 6(6), 750–769.

Marina Siregar, H., Yuliyana, R., & Khatimah, K. (2017). Effect of Approach Play With Finger Painting on Social Interaction Ability among Autism Childrens. Jnki, 5(3), 174–181. http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JNKI

Skoufou, A. (2019). Social Interaction of Preschool Children with Autism Spectrum Disorders (ASD) -Characteristics and Educational Approaches. International Journal of Economics and Management Studies, 6(6), 28–36. https://doi.org/10.14445/23939125/ijems-v6i6p105

Sugiarto, A. J., & Rahmawati, I. M. (2018). Pengaruh Metode Applied Behavior Analysis (ABA) terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Autis. Jurnal Keperawatan, 18(2), 55-62.

Dwinita Viandari, K., & Pande Ary Susilawati, K. (2019). Peran pola asuh orangtua dan penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak prasekolah. Jurnal Psikologi Udayana, 6(1), 76–87.

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Zumarnis, O., Hasanah, M., & Sholichah, I. F. (2023). Metode Applied Behavior Analysis (ABA) dalam Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Autis Usia 4-6 Tahun. Jurnal Integrasi Riset Psikologi, 1(1). https://doi.org/10.26486/intensi.v1i1.3193