PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMAN 5 MATARAM

Authors

  • Muhammad Taufik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan open ended, ditinjau dari aspek motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X SMAN 5 Mataram tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian eksprerimen semu dengan pre- posttest nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas X SMAN 5 Mataram yang terdiri dari enam kelas. Dari populasi yang ada diambil secara acak dua kelas yaitu X(IPA2) dan X(IPA3) sebagai sampel penelitian. Pembelajaran matematika pada kelas X(IPA3) menggunakan pendekatan open-ended dan pembelajaran pada kelas X(IPA2) menggunakan pendekatan konvensional. Instrumen penelitian ini adalah angket motivasi belajar matematika siswa dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara kelompok pendekatan open ended dan pendekatan konvensional digunakan uji manova dan untuk uji lanjut dilakukan uji Ttest sampel independen untuk melihat variabel mana yang memberikan sumbangan terhadap perbedaan tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan pengaruh pendekatan open ended dan pendekatan konvensional pada motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMAN 5 Mataram. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pendekatan open ended lebih berpengaruh positif baik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis maupun motivasi belajar matematika siswa SMAN 5 Mataram. Kata kunci : Pemecahan masalah matematis siswa, pendekatan open ended dan motivasi belajar siswa terhadap matematika

Downloads

Published

2014-05-02

Issue

Section

agrisains