PENYUSUNAN PENILAIAN KINERJA MODEL BARS UNTUK MENINGKATKAN PERSEPSI KARYAWAN TERHADAP OBJEKTIVITAS PENILAIAN KINERJA

Herman Suradiraja

Abstract


Kepuasan terhadap penilaian merupakan elemen yang penting dalam
penilaian kinerja, dimana efektivitas penilaian kinerja dan umpan balik sangat
tergantung pada tingkat penerimaan karyawan terhadap sistem penilaian kinerja
yang berlaku. Penerimaan awal karyawan dapat terlihat pada persepsi karyawan
terhadap objektivitas penilaian kinerja. Melalui desain quasi experiment dan metode
action research penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penyusunan
penilaian kinerja model behaviorally anchored rating scale (BARS) dalam
meningkatan persepsi karyawan terhadap objektivitas penilaian kinerja. Prosedur
penelitian penyusunan penilaian kinerja model BARS menerapakan penggabungan
metode action research (John Collier dkk, 1940) dan tahapan penyusunan BARS
(Rarick dan Baxter,2001). Subjek penelitian (n=12) terdiri dari 5 jabatan di BPR
Danagung Bakti Yogyakarta yaitu pembukuan, customer service/ informasi, teller,
staf administrasi dana dan staf administrasi kredit. Persepsi objektivitas penilaian
kinerja diukur menggunakan kuesioner persepsi objektivitas penilaian kinerja yang
disusun Daley (1985) yang dimodifikasi Puspitasari (2007). Pengukuran dilakukan
sebelum dan sesudah dikenai perlakuan yang menggunakan kuesioner persepsi
objektivitas penilaian kinerja. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penyusunan
penilaian kinerja model BARS dapat meningkatkan persepsi karyawan terhadap
objektivitas penilaian kinerja secara signifikan (t=-11,17; p<0,001).
Kata kunci : persepsi objektivitas penilaian kinerja, penyusunan penilaian kinerja
dan Behaviorally anchored rating scale (BARS).


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 274 times
PDF - 101 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.