PERBEDAAN PARENTING SELF- EFFICACY PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK DISABILITAS DAN YANG TIDAK MEMILIKI DISABILITAS

Diana Permata Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan membandingkan parenting self-efficacy yang dimiliki oleh Ibu yang memiliki anak disabilitas dan yang tidak memiliki anak disabilitas. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah terdapat perbedaan parenting self-efficacy pada Ibu yang memiliki anak disabilitas dan yang tidak disabilitas. Ibu yang memiliki anak disabilitas memiliki tingkat parenting self-efficacy yang lebih rendah dibandingkan Ibu yang tidak memiliki anak disabilitas. Responden penelitian ini adalah para Ibu yang berasal dari sekolah inklusi serta komunitas-komunitas orangtua dengan anak disabilitas seperti POTADS (Persatuan Orang Tua dengan Anak Down Syndrome), WKCP (Wahana Keluarga Cerebral Palsy) dan ADHD Indonesia. Terdapat 214 Ibu yang berpartisipasi mengisi secara online skala Parenting Sense of Competence Scale (PSOC) pada sub skala efficacy yang terdiri dari 8 buah item. Hasil uji beda menggunakan Mann-Whitney menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan tingkat parenting self-efficacy pada Ibu yang memiliki anak disabilitas dan tanpa disabilitas pada level 0.113 (p < 0.05).  Kesamaan latar belakang pendidikan dari para responden menjadi salah satu alasan tidak adanya perbedaan tingkat parenting self-efficacy antar dua kelompok.


Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.26486/psikologi.v22i1%20Feb.983

Article Metrics

Abstract view : 68 times
PDF - 34 times PDF - 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Diana Permata Sari

Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Indexed by

  ipiii.png 

Crossref logo Dimensions Google Scholar

View INSIGHT Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.