KEKUATAN KARAKTER DAN KOMITMEN OKUPASI (SUATU STUDI PENDAHULUAN PADA PROFESI DOSEN)

Authors

  • Evi Ema Victoria Polii Maranatha Christian University
  • Meta Dwijayanthy Maranatha Christian University

DOI:

https://doi.org/10.26486/psikologi.v22i1%20Feb.982

Keywords:

kekuatan karakter profesi dosen, komitmen okupasi profesi dosen, psikologi positif

Abstract

Penelitian ini merupakan suatu studi pendahuluan yang dilakukan pada okupasi/profesi tertentu, dalam hal ini yaitu profesi Dosen. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kekuatan karakter terhadap masing-masing komponen komitmen okupasi yaitu komitmen afektif, komitmen normatif dan komitmen kontinyu  Subjek penelitian adalah 80 dosen di salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Bandung. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik klaster; setiap klaster mewakili satu fakultas. Penelitian ini mengukur dua variabel yaitu komitmen okupasi dan kekuatan karakter. Variabel komitmen okupasi diukur menggunakan kuesioner yang disusun oleh tim peneliti dengan mengacu pada Teori Meyer & Allen (2016), sedangkan variabel kekuatan karakter diukur menggunakan kuesioner adaptasi dari Original VIA Adults Assesment (www.viacharacter.org) Masing-masing kuesioner kemudian diujicobakan kembali untuk menentukan besaran koefisien validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa kekuatan karakter memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembentukan komponen komitmen normatif dengan besaran kontribusi 54,3% (p ≤ 0.05 dan R2 = 0,543). Hasil penelitian awal ini menunjukan bahwa kekuatan karakter sebagai salah satu konsep kepribadian berdasarkan sudut pandang Psikologi Positif dapat menjadi faktor yang menentukan terbentuknya komitmen normatif secara optimal dalam menjalankan profesi sebagai seorang dosen. Dalam menjalankan profesi sebagai dosen di perguruan tinggi swasta tersebut, komitmen okupasi yang paling dihayati oleh responden adalah komitmen afektif, sedangkan  kekuatan karakter yang paling dominan (distribusi frekuensi ≥ 50%) yang terbentuk dalam diri seorang dosen di perguruan tinggi swasta tersebut adalah Keingintahuan, Keadilan, Memaafkan, Pertimbangan, Kepemimpinan, Ketekunan, Pandangan (Perspektif), Kerjasama Tim dan Gairah (Semangat).

Author Biographies

Evi Ema Victoria Polii, Maranatha Christian University

Department of Psychology

Field of interests : Educational Psychology, Positive Psychology, Measurement in Psychology

Meta Dwijayanthy, Maranatha Christian University

Department of Psychology

Field of interests : Industry and Organizational Psychology

References

Arora, R., & Santosh, R. (2015). The joint effects of personality and supervisory career mentoring in predicting occupational commitment. Career Development International, 20(1), 63 – 80. doi.org/10.1108/CDI-12-2014-0156.

Barrick, M. R., Mount, M. K., & Li, N. (2017). The theory of purposeful work behavior: The role of personality, higher-order goals, and job characteristics. Academy of Management Review, 38(1). doi.org/10.5465/amr.2010.0479

Blau, G. (2009). Can a four-dimensional model of occupational commitment help to explain intent to leave one’s occupation? Career Development International, 14(2), 116-132. doi.org/10.1108/13620430910950737

Ciftcioglu, A. (2011). Investigating occupational commitment and turnover intention relationship with burnout syndrome. Business and Economics Research Journal, 2(3), 109 – 119.

Harzer, C., & Ruch, W. (2015). The relationships of character strengths with coping, work-related stress, and job satisfaction. Frontiers in Psychology, 6, 165. 10.3389/fpsyg.2015.00165

Jepson, E., & Forrest, S. (2010). Individual contributory factors in teacher stress: The role of achievement striving and occupational commitment. British Journal of Educational Psychology, 76 (1). doi/abs/10.1348/000709905X37299

Kim, H., Doiron, K., Warren, M.A., & Donaldson, S.I (2018). The international landscapes of positive psychology research: A systematic review. International Journal of Wellbeing, 8(1), 50-70. doi : 10.5502/ijw.v8i1.651

Lima, M. P., Vânia M. F. C., Lopes L.F., Balsan, L.A., Schaurich dos Santos, A., & Tomazzoni, G. (2015). Level of career commitment and career entrenchment of nurses from public and private hospitals. Rev

Latino-Am Enfermagem, 23(6), 1033-1040. 10.1590/0104-1169.0211.2646.

Lopez, J.S. (2009). The encyclopedia of positive psychology. Blackwell Publishing Ltd.

Lopez, J.S., Pedrotti, J.T., & Snyder, C.R. (2015). Positive psychology : The scientific and practical explorations of human strengths (3rd Edition). SAGE Publications Ltd.

McGrath, R.E. (2014). Character strengths in 75 nations: An update. Journal of Positive Psychology, 10(1), 1 - 11. doi.org/10.1080/17439760.2014.888580

McGrath (2020). The original via adult assesments (Researcher access). www.viacharacter.org

Meyer, J. P. (2016). Handbook of employee commitment. Cheltenham: Edward Elgar Publishing Limited.

Park, N., & Peterson, C. (2009). Character strengths: Research and practice. Journal of College & Character, 10(4).

Penney, L. M., David, E., & Witt, L.A. (2010). A review of personality and performance: Identifying boundaries, contingencies, and future research directions. Human Resource Management Review, 21(4). doi.org/10.1016/j.hrmr.2010.10.005

Ristekdikti. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan hgbf/Tinggi. Jakarta: Risbang Ristekdikti.

Sears, L. (2010). Predictors and outcomes of occupational commitment profiles among nurses. Dissertation Clemson University. Tiger Prints.

Sezgin, M., & Ağar, C. C. (2012). Impact of affective organizational and occupational commitment on job satisfaction: PR specialists in metropolitan municipalities. International Journal of Business and Commerce, 2(2), 21 – 35.

Downloads

Published

2020-02-28

How to Cite

Polii, E. E. V., & Dwijayanthy, M. (2020). KEKUATAN KARAKTER DAN KOMITMEN OKUPASI (SUATU STUDI PENDAHULUAN PADA PROFESI DOSEN). Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 22(1), 28–38. https://doi.org/10.26486/psikologi.v22i1 Feb.982

Issue

Section

Articles