MOTIVASI BERPRESTASI DITINJAU DARI KONSEP DIRI PADA SISWA/SISWI METHODIST 5 MEDAN

Authors

  • Madeline Tanadi Universitas Prima Indonesia
  • Sri Hartini Universitas Prima Indonesia
  • Achmad Irvan Dwi Putra Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26486/psikologi.v22i1%20Feb.951

Keywords:

motivasi berprestasi, konsep diri

Abstract

Pendidikan membantu anak dalam berkembang sehingga menjadi anak yang berpengetahuan dan berkepribadian yang lebih baik. Tujuan penelitian terhadap 167 siswa-siswi SMA Methodist 5 Medan ini ialah untuk mengetahui adanya korelasi konsep diri dengan motivasi berprestasi. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan metode disproportionate stratified random sampling. Didapatkan data pada penelitian ini melalui Skala Konsep Diri dan Skala Motivasi Berprestasi yang telah disusun dan ditentukan oleh peneliti untuk mengukur konsep diri dan motivasi berprestasi. Kemudian data dihitung dengan memakai uji asumsi. Data hasil analisis dengan memanfaatkan korelasi Product Moment. Hasil korelasi r= 0,668 (p > 0,05). Berdasarkan hasil penelitian tersebut penilaian positif siswa terhadap dirinya berkaitan erat dengan dorongan siswa dalam meraih prestasi yang lebih baik dari orang lain.

References

Acocella, J.R., Calhoun, J.F. (1990). Psychology of adjustment human (3rd ed). New York: McGraw Hill.

Asnawi, S. (2002). Teori motivasi dalam pendekatan psikologi industri dan organisasi. Jakarta: Studio Press.

Bukatko, D. (2008). Child and adolescent development. Boston New York: Houghton Mifflin Company.

Dewantara, K. H. (2004). Karya Ki Hadjar Dewantara bagian pertama: Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Perguruan Tinggi Taman Siswa

Djaali. (2008). Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fitts, W.H. (1971). The self concept and self actualization. California: Western Psychological Service.

Hawadi,R.A. (2001). Psikologi perkembangan anak sifat, bakat, dan kemampuan anak. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

McClelland, D.C. (1987). Human motivation. New York: Cambridge University.

Moore, L.L., Grabsch, D.K., & Rotter, C. (2010). Using achievement motivation theort to explain student participan in a residential leadership learning community. Journal of Leadership Education, 9, 22-34.

Muhith, A. (2015). Pendidikan keperawatan jiwa teori dan aplikasi. Yogyakarta: C Andi Offset.

Pan, A., & Guha, A. (2015). A study on self concept and achievement motivation of english medium school student of Hooghly District. International Journal of Teacher Educational Research, 4(3), 1-9.

Pardede, N., (2008). Masa remaja: Tumbuh kembang anak dan remaja. Jakarta: CV Sagung Seto

Putri, F.B., Monika,S., & Ninawati. (2016). Hubungan konsep diri dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa akselerasi dan reguler. Jurnal Ilmiah Psikologi Pendidikan, 7(1), 1-19.

Priyatno, D. (2011). Buku skala analisis statistik SPSS. Jakarta: Abadi.

Santrock, J.W. (2011). Educational psychology (5th ed). Texas: McGraw Hill

Sobur, A. (2011). Psikologi umum. Bandung : CV Pustaka Setia.

Sugito. (2014). Understanding enterpreneurship: Memahami secara cerdas makna enterpreneurship yang sebenarnya. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian. Bandung: AFABETA.

Suparta, W. (2018). Belasan siswa SMK di Bangli tidak naik. Dalam Nusa Bali, 18 Juni. Denpasar. Diakses dari https://www.nusabali.com.

Widianingrum, A., & Puspitadewi, N. W. S. (2018). Hubungan Konsep Diri dengan Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa yang Bekerja Paruh Waktu. Jurnal Psikologi Pendidikan, 5(1), 1-5.

Wulandari, L. H., & Rola, F. (2004). Konsep Diri dan Motivasi Berprestasi Remaja Penghuni Panti Asuhan. Jurnal Ilmu Pemberdayaan Komunitas, 3(2), 81-86.

Downloads

Published

2020-02-28

How to Cite

Tanadi, M., Hartini, S., & Dwi Putra, A. I. (2020). MOTIVASI BERPRESTASI DITINJAU DARI KONSEP DIRI PADA SISWA/SISWI METHODIST 5 MEDAN. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 22(1), 17–27. https://doi.org/10.26486/psikologi.v22i1 Feb.951

Issue

Section

Articles