MOTIVASI BERPRESTASI DITINJAU DARI KONSEP DIRI PADA SISWA/SISWI

Madeline Tanadi

Abstract


Pendidikan membantu anak dalam berkembang sehingga menjadi anak yang berpengetahuan dan berkepribadian yang  lebih baik. Tujuan penelitian terhadap 167 siswa-siswi SMA Methodist 5 Medan ini ialah untuk mengetahui adanya korelasi konsep diri dengan motivasi berprestasi. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan metode  disproportionate stratified random sampling. Didapatkan data pada penelitian ini melalui skala yang telah disusun dan ditentukan oleh peneliti untuk mengukur konsep diri dan motivasi berprestasi. Kemudian data dihitung dengan memakai uji asumsi. Data hasil analisis dengan memanfaatkan korelasi Product Moment dengan bantuan SPSS 20.00 for Windows menghasilkan koefisien korelasi r= 0,668 (p > 0,05). Hasilnya yang didapatkan ialah terdapat hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dengan motivasi berprestasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 44,7% motivasi berprestasi dipengaruhi oleh konsep diri dan 55,3% responden merasa dukungan sosial ataupun faktor lainnya mempengaruhi motivasi berprestasi. Kesimpulan yang diperoleh pada penelitian ini ialah bahwa hipotesis antara motivasi berprestasi dengan konsep diri menunjukkan angka positif yang dapat diterima.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26486/psikologi.v22i1%20Feb.951

Article Metrics

Abstract view : 24 times
PDF - 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Madeline Tanadi

Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Indexed by

  ipiii.png 

Crossref logo Dimensions Google Scholar

View INSIGHT Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.